Nebelkerzenabwurfvorrichtung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampilan jarak dekat dari Nebelkerzenabwurfvorrichtung.

Nebelkerzenabwurfvorrichtung (disingkat N.K.A.V.) adalah dispenser granat di belakang kendaraan yang digunakan untuk menyebarkan granat asap Schnellnebelkertze 39. Alat ini biasanya ditemukan di tank Jerman dari tahun 1939 hingga 1942.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Perangkat ini membawa lima granat asap, setiap granat ditahan dalam posisinya oleh kait berisi pegas. Komandan kendaraan melepaskan granat satu per satu[1] dengan kontrol kawat yang mengoperasikan ratchet yang dipasangkan pada camshaft. Setiap tarikan kawat kendali memutar poros bubungan seperlima putaran, melepaskan granat asap, pin yang ditarik keluar oleh rantai tetap, dan ratchet dikembalikan ke posisi semula oleh pegas kedua. Lima tarikan pada kabel kontrol akan melepaskan kelima granat asap secara berurutan, memungkinkan kendaraan untuk mundur dari pandangan musuh melalui layar asapnya sendiri[2] menggunakan granat yang mengeluarkan asap selama sekitar 100 hingga 200 detik.[3]

Versi selanjutnya dari Nebelkerzenabwurfvorrichtung adalah versi yang sepenuhnya tertutup dalam kotak lapis baja (N.K.A.V. mit Schutzmantel).[4] Nebelkerzenabwurfvorrichtung dihentikan pada awal April 1942 karena tidak terbukti efektif,[3] kelemahan utama adalah layar asap yang dihasilkan menumpuk di belakang kendaraan.[5] Alat ini kemudian digantikan oleh peluncur Nebelwurfgerät yang dipasang pada kubah tank.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jentz (2006), p. 60
  2. ^ Perrett (1999), p. 17
  3. ^ a b Zaloga (2016), p. 32
  4. ^ Jentz (2007), p. 74
  5. ^ Panther 1944 Der Mittlere Panzerkampfwagen - SD.KFZ. 171 Diarsipkan 2019-08-14 di Wayback Machine. Retrieved: 20 February 2019.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]