Nazar (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nazar
नज़र
GenreSupernatural
Thriller
Pembuat
Didasarkan dariDayan (witch)
PengarangCerita:
Mrinal Jha
Dialog:
Divya Sharma
Aparjit Sinha
SutradaraAtif Khan
PemeranAntara Biswas
Harsh Rajput
Niyati Fatnani
Sheezan Mohammad
Shruti Sharma
Penggubah laguTapas Relia
Lagu pembukaSaajna
Lagu penutupJaniya
Komposer
  • Sanjeev Srivastava
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
No. musim2
No. episode432
Produksi
ProduserGul Khan
Karishma Jain
EditorShashank H Singh
KameraMulti camera
Durasi22 menit
Rumah produksiGKO Makers
DistributorStar India
Rilis
Jaringan penyiarStarPlus (2018–2020)
ANTV (2020–2021)
Format gambar
Format audioDolby Digital
Tanggal tayang asli30 Juli 2018 (2018-7-30) –
20 Maret 2020 (2020-3-20)
Kronologi
Acara terkaitNojor
Pranala luar
Hotstar

Nazar (aksara Dewanagari: नज़र) (Bahasa Indonesia: Mata jahat) adalah serial televisi India supernatural, yang mengudara di Star Plus dan mengalir di Hotstar. Ceritanya tentang kejahatan Penyihir dan masalah yang dihadapi keluarga di bawahnya Nazar. Nazar dijuluki dalam bahasa Telugu dan disiarkan sebagai Ave Kallu di Star Maa, dalam bahasa Tamil di Star Vijay sebagai Adhe Kangal di India dan Malaysia saja, tidak secara internasional, juga akan dijuluki dalam bahasa Malayalam dan akan ditampilkan sebagai Avaabaraam di Asianet.

Dibintangi Antara Biswas, Niyati Fatnani dan Harsh Rajput dalam peran utama. Acara ini diproduksi oleh Gul Khan dan Karishma Jain untuk 4 Lions Films, disutradarai oleh Atif Khan, dan ditulis oleh Mrinal Jha.[1]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 106 28 Desember 2020 13 April 2021

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah ini berkisah tentang makhluk humanoid penghisap tenaga berumur 250 tahun yang disebut Daayan yang identik dengan vampir, bernama Mohana Rathod (Antara Biswas). Ia membunuh orang untuk mencuri vitalitas (daya hidup) manusia, yang membuatnya tetap muda dan cantik.

Pada tahun 1997, dia memikat Mridul (Ankur Nayyar) yang menjadi terpikat oleh kecantikannya yang nyata. Mereka menikah dan memiliki dua anak, Ansh dan Kajal, setelah itu Mohana membunuh Mridul. Divya Sharma (Smita Bansal), seorang pemburu roh jahat dan teman ipar Mridul (yaitu kakak laki-laki Mridul, Shekhar (istri Amit Kaushik), Vedashree (Ritu Chaudhary), datang untuk membantu keluarga Mridul yang sakit dan menangkal Nazar.

Mereka mengejar Mohana ke hutan bersama dengan segerombolan penduduk desa memegang obor. Setelah terpojok, Mohana dibakar dirinya berubah menjadi batu. Tetapi karena Mohana adalah seorang Daayan yang unik dan sangat kuat, Nazar-nya masih mengintai keluarga Vedashree dan Shekhar mengadopsi Ansh dan Kajal.

18 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Ansh (Harsh Rajput) dan Kajal (Pallavi Gupta) dibesarkan bersama dengan sepupu mereka Rishi (Jatin Bharadwaj) dan Neha (Resham PS) di Mumbai, jauh dari desa Baandaap. Ansh menemukan kekuatan gaibnya, tetapi tidak menyadari bahwa ia adalah Daavansh, yaitu putra seorang Daayan.

Dia dapat diselamatkan dari beralih ke sisi gelap hanya oleh seorang gadis yang memiliki simbol trisula Dewi Durga sebagai tanda lahirnya, dan disebut sebagai Daivik atau Titisan Dewi. Anak perempuan Divya, Piya Sharma (Niyati Fatnani), memiliki lambang simbol dewi Durga "Devi-maa" di belakang lehernya sebagai tanda lahir. Bunga api beterbangan di antara Ansh dan Piya meskipun mereka tidak melihat satu sama lain.

Piya datang ke Mumbai untuk mencari ibunya yang hilang, dan bergabung dengan sebuah perguruan tinggi dan mengetahui bahwa profesornya, Nishant (Sumit Kaul)), yang adalah seorang pemburu Daayan dan juga seorang Reewavanshi (dinasti Reewa), yang juga disebut sebagai suku Riva. Lambat laun, Piya mengetahui bahwa Nishant adalah ayahnya dan dia juga memiliki saudara perempuan, yaitu bernama Saavi Sharma (Simran Budharup).

Mohana mengirimkan boneka Daayan bernama Ruby (Sonyaa Pink) dengan simbol dewi Durga untuk membodohi keluarga dan menikahi Ansh sehingga Mohana dapat kembali, dan juga agar keluarga tidak mengetahui Daivik yang sebenarnya. Ansh dan Vedashree berada di bawah kendali Ruby di mana Ruby dan Ansh menikah sementara anggota keluarga lainnya terhipnosis dan tidak sadarkan diri. Perkawinan melepaskan Mohana dari mantra Divya yang memenjarakannya.

Keluarga Rathod bersatu kembali dengan Mohana, dan Ansh belajar tentang ibu kandungnya, Mohana. Naman Kabra (Aamir S. Khan), teman masa kecil Piya dan kekasihnya yang obsesif, berupaya untuk menikahi Piya tetapi Ansh menghentikan pernikahan mereka.

Khawatir akan hubungan asmara Ansh yang berkembang dengan Piya, dan meningkatnya ikatan cinta dan kekeluargaan dari keluarga Rathod dengan Piya, Mohana merancang sebuah rencana licik untuk menakut-nakuti Piya. Dia mengirim pesan memanggil Iblis atau Ashura menyerupai minitaur dari "Paathaal-lohk", yang kebetulan adalah ayah Ruby. Yang membuat Mohana takut, dia melihat rencananya menjadi bumerang, Bhaisasur menanduk dan memukul-mukul Ansh, Ansh melawan balik mengambil bentuk Daavansh-nya, tetapi usahanya sia-sia. Beberapa anggota keluarga Rathore menuduh Mohana, namun Mohanya menjelaskan bahwa dia mengirim makhluk itu hanya untuk menakutinya, bukan menyerangnya.

Melihat Ansh, setengah mati, Piya memohon bantuan "Devi-maa", yang dengan cepat mengindahkan permohonannya, tepat pada waktunya untuk menghentikan Mohana agar tidak mengungkapkan diri Daayan-nya kepada anak-anak keluarga Rathore. Piya memasuki tarian pemujian yang berpindah-pindah, yaitu tari (Taandav); dan memanifestasikan bentuk Daivik-nya, lengkap dengan pakaian Durga, dengan banyak tangan dan astra.

Pada awalnya, binatang itu tampak tak terkalahkan meskipun berganda. menyerang oleh Piya, tapi setelah Mohana memberitahunya tentang kelemahan binatang itu (kepala Achilles), Piya memukulnya mati dengan trisula nya. Semua orang termasuk Reewavanshis, menyaksikan pertempuran dan mengetahui bahwa Piya adalah Daivik yang asli.

Mohana mengungkapkan kepada Piya bahwa dia telah menjebak Divya dalam bentuk seekor burung selama ini dan memerasnya untuk menikahi Naman kalau tidak dia akan membunuh Divya, tetapi entah bagaimana Ansh berhasil menghentikan pernikahannya. Kemudian Ansh belajar tentang diri Daavansh-nya dan identitas asli Ruby. Mohana membuktikan dirinya sebagai saudara tiri Vedashree dengan menggabungkan anyaman rambut gaibnya dengan anyaman rambut Vedashree yang mengejutkan mereka dan membuat Chaitali Ashita Dhawan ketakutan, istri Shekhar dan saudara Mridul, Avinash (Kapil Soni), khususnya.

Beberapa hari kemudian, Naman mendapatkan kekuatan seorang Daayan dengan mengenakan potongan anyaman rambut Ruby (yang dipotong oleh Mohana) dan mengutuk keluarga Raathore sepanjang malam untuk mendapatkan anyaman Mohana, tetapi Vedashree merevitalisasi Mohana yang sementara dilemahkan dengan membiarkan cahaya siang masuk ke dalam kamar saat fajar, dan menyelamatkannya dalam proses.

Namun, keluarga menghadapi tantangan baru setelah Saavi datang untuk membunuh Mohana, namun dihipnosis oleh Mohana dan melepaskan Dilruba (Sreejita De), sebuah chudail (makhluk gaib) untuk membuat konspirasi baru untuk memisahkan Piya dan Ansh.

Keluarga mengusir Naman dan Ruby dari kediaman mereka. Sementara itu, Dilruba menciptakan "Raagchakra" untuk memikat Ansh. Piya entah bagaimana berhasil membuang Ansh keluar dari Raagchakra dan menyelamatkannya. Nishant menemukan bahwa Dilruba mengejar Piya dan pergi ke hutan untuk menyelamatkannya bersama dengan senjata Panch (digunakan untuk menyerang chudail) yang diberikan kepadanya dari Guru Maa (Amardeep Jha, ibu Naman dan pengasuh Piya). Terperangkap dalam Raagchakra, Piya setuju dengan permintaan Dilruba yang mengejutkan untuk mempertukarkan diri karena menyelamatkan hidup Ansh. Dilruba menipu Ansh dalam penyamaran tentang Piya memegang belati berdarah ungu dan melempar Dilruba (Piya) yang mati di lantai.

Di rumah, Ansh memperhatikan perilaku 'Piya' yang tidak biasa dan mengenalinya sebagai Dilruba. Mohana mendapatkan simpati Ansh karena membantunya menyelamatkan Piya dari Raagchakra. Serangkaian insiden terjadi di mana Mohana setuju untuk pernikahan Ansh dan Piya dan membebaskan Divya, yang kemudian dinyatakan sebagai "Sarpika" atau biasa disebut siluman ular dan akhirnya membunuhnya sebelum Divya mengubah mengubah kekuatan Daivik Piya menjadi kekuatan Sarpika saat Divya sekarat.

Ansh dan Piya mulai menikah. Kemudian Piya belajar tentang motif nyata bahwa Mohana makan Ansh di "Rakth Chandrgrahan" Lunar Eclipse untuk menjadi abadi menggunakan kekuatan Daavansh-nya. Piya mengalami koma atau "Trishanku-lohk", karena Dilruba membuat racun di minumannya. Setelah itu, Ansh benar-benar berubah menjadi gelap dan menjadi Davansh yang kuat yang tidak peduli pada siapa pun kecuali dirinya sendiri. Namun Piya kembali dengan bantuan "Trinetra Mani" dan membawa Ansh kembali dari kegelapan. Setelah banyak usaha yang gagal, Piya membawa warna asli Mohana di depan keluarga Rathore mengejutkan semua orang dan setelah itu Ansh mengeluarkan Mohana dari kediaman mereka.

Kemudian saudara tirinya Vedashree dan saudara kembar Mohana yaitu Dola, seorang Dukaayan (Priya Malik) (berkepala dua Daayan) yang memerintah "Swapna-lohk" datang untuk mengambil kehidupan Ansh. Dia menyesatkan putrinya, Ruby untuk memanggil Ansh ke Swapna lohk. Setelah mengetahui niat ibunya, Ruby menyangkal untuk mendukungnya dan membantu keluarga Rathore. Nishant berada di bawah penahanan Dola. Entah bagaimana Dola datang ke bumi dan mengejutkan keluarga dengan mengancam akan membunuh Ansh.

Kemudian dia mengajukan permintaan yang mengejutkan di hadapan Piya untuk membunuh Mohana jika dia ingin dia mengampuni Ansh. Mohana dan Piya datang dengan rencana pintar dan menipu Dukayan. Dola yang percaya Mohana akan mati membebaskan Nishant dan dengan bantuannya, keluarga Rathore menyerang Dola menggunakan bunga "Makarketh" dengan membiarkan sinar matahari jatuh di atasnya pada hari keberuntungan Makar Sankranti dan membunuhnya dalam proses. Mohana yang sudah pulih menghidupkan Dukayan dan bergabung dengannya untuk membunuh Piya. Piya yang menyaksikan Ansh dimakan oleh saudara perempuan Daayan, mengubah kekuatan Sarpika menjadi Ansh untuk melindunginya tanpa meninggalkan kekuatan. Belakangan saudari-saudari Dayan mengumpulkan "Tharal-agni" dari Daayanvriksh dan menyerang Piya sementara anggota keluarga lainnya pergi ke kuil. Piya memanggil Durga Devipa yang mengirimnya Vahana - Harimau untuk menyelamatkan Piya mengembalikannya Kekuatan Daivik. Piya muncul dalam pakaian Durga lengkap untuk membunuh saudara-saudari yang berdarah namun Ansh menghentikannya dan mengubah Mohana menjadi batu karena mencoba untuk menyakiti keluarganya sementara Piya dalam pakaian Durga mengubah Dola menjadi batu.

Kemudian seorang Sarpavanshi, Sarp (Kushagre Dua) menghipnosis Ansh menggunakan Pungi dan mencuri kekuatan Sarpika-nya. Dia menyamar sebagai Ansh dan menargetkan kekuatan Trinetra Mani Piya. Ruby membebaskan Mohana dan Dola untuk mendapatkan kembali kekuatan Daayannya. Pada hari Lunar Eclipse, Sarp melemahkan Ansh dengan salah mengarahkan Vedashree dan menyerang Piya tetapi entah bagaimana Ansh kembali dan bersama-sama, mereka menangani Sarp. Kemudian rencana Mohana menjadi bumerang saat dia makan Sarp yang disamarkan alih-alih Ansh yang merupakan rencana yang dijalankan dengan baik oleh Ansh dan Piya. Muhurta dari Lunar Eclipse berakhir tetapi setelah memakan Sarp, Mohana mendapatkan kekuatan Sarpika dan menjadi lebih kuat. Keluarga senang mengetahui tentang Kehamilan Piya. Dola mengungkapkan ramalan Horoskop pada Mohana. Dola mengatakan, dalam ramalan itu; anak Ansh, Aditya Rathod dengan nama lahir Muna Rathod akan menandai kematian Mohana. Pandit Ji memperingatkan keluarga untuk melindungi Piya dan Ansh dari Nazar dan meminta Piya untuk tetap tinggal di rumah.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]

  • Antara Biswas sebagai Mohana Rathod– yang terkuat Daayan; putri Pratima; Adik Dola; Vedashree dan saudara tiri Kalashree; Istri Mridul; Ansh, Karan dan ibu Kajal (2018-2020) / Barkha Kumari– Tutor dari Adi dan Pari (2019)
  • Harsh Rajput sebagai Daavansh Ansh Rathod - putra Mohana dan Mridul; Karan dan saudara Kajal; Mantan suami Ruby; Suami Piya; Ayah Aditya dan Pari (2018-2020) / Karan Rathod– putra Mohana dan Mridul; Saudara Ansh dan Kajal; Suami Mansi (2019)
  • Niyati Fatnani sebagai Daivik Piya Sharma Rathod - putri Divya dan Nishant; Saudara perempuan Saavi; Mantan tunangan Naman; Istri Ansh; Aditya dan ibu Pari (2018-2020)
  • Diaan Talaviya sebagai Daivik Daavansh Aditya Rathod alias Munna - putra Piya dan Ansh; Saudara laki-laki Pari (2019-2020)
  • Kiara Bhanushali sebagai Baby Aditya Rathod / Munna (2019)
  • Kisha Arora sebagai Daayan Pari Rathod - putri Piya dan Ansh; Kakak Aditya (2019-2020)

Musim 2[sunting | sunting sumber]

  • Antara Biswas sebagai Daayan Madhulika Chaudhary - putri Urvashi dan Dev; Apurv, saudara perempuan Hema dan Malini, saudara ipar Palak (2020)
  • Sheezan Mohammed sebagai Daavansh Apurv Singh Chaudhary - putra Urvashi dan Dev; Madhulika, saudara laki-laki Hema dan Malini; Suami Palak (2020)
  • Shruti Sharma sebagai Daivik Palak Verma Chaudhary - saudara perempuan Naina; Istri Apurv, Urvashi dan menantu Dev, adik ipar Madhulika (2020)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]

  • Ritu Chaudhary sebagai Vedashree Rathod– putri Pratima; Saudara perempuan Kalashree; Saudara tiri Mohana dan Dola; Teman Divya; Istri Shekhar (2018-2020) / Kalashree– putri Pratima; Saudara perempuan Vedashree; Saudara tiri Mohana dan Dola (2019)
  • Sumit Kaul sebagai Reevavanshi (Monster Hunter) Nishant Sharma– Professor; Saudara laki-laki Trishila; Suami Divya; Ayah Piya dan Saavi (2018-2020)[2]
  • Amit Kaushik sebagai Shekhar Rathod– Mridul, Jaya dan saudara laki-laki Avinash; Suami Vedashree (2018-2020)
  • Ashita Dhawan sebagai Chaitali Rathod– istri Avinash; Ibu Rishi dan Neha (2018–2020)
  • Kapil Soni sebagai ACP Avinash Rathod– Shekhar, Mridul dan adik Jaya; Suami Chaitali; Ayah Rishi dan Neha (2018-2020)
  • Jatin Bhardwaj sebagai Rishi Rathod– Chaitali dan putra Avinash; Saudara laki-laki Neha (2018–2019)
  • Resham Prashant sebagai Neha Rathod– Chaitali dan putri Avinash; Adik Rishi (2018–2019)
  • Pallavi Gupta sebagai Kajal Rathod– Mohana dan putri Mridul; Saudara perempuan Ansh dan Karan (2018–2019)[3]
  • Sreejita De sebagai Chudail Dilruba (2018-2020) / Sanam Kabra– mantan tunangan Mayank; Istri Naman; Ibu Dafli (2019)
  • Aamir S Khan sebagai Naman Kabra– putra Guru Maa; Mantan tunangan Piya; Suami Sanam; Ayah Dafli (2018-2020)
  • Amardeep Jha sebagai Pendeta Jayanti Kabra / Guru Maa– ibu Naman (2018–2019)[4]
  • Simran Budharup sebagai Saavi Sharma– Divya dan putri Nishant; Saudara perempuan Piya (2018-2020)
  • Malhar Pandya sebagai Angad (2019)
  • Stavan Shinde sebagai ajudan Dev– Kalashree (2019)
  • Salina Prakash sebagai Ekaayan Pratima / Pratimaayan - ibu Mohana, Vedashree, Kalashree dan Dola pertama (2019)
  • Sana Amin Sheikh sebagai Urvashi / Bhasmika (2019)
  • Sonyaa Ayodhya sebagai Daayan Ruby Rathod– putri Dola; Mantan istri Ansh (2018–2019)
  • Sumit Bhardwaj sebagai Asuransh Mayank Sachdev– putra angkat Panna; Adik angkat Tamra dan Neelam; Suami Tara (2019)
  • Jigyasa Singh sebagai Tara Sachdev– putri Jaya; Adik Koyal; Istri Mayank (2019)
  • Garima Vikrant Singh sebagai Panna Sachdev– Tamra dan ibu Neelam; Ibu angkat Mayank (2019)
  • Smita Bansal sebagai Divya Sharma– istri Nishant; Teman Vedashree; Ibu Piya dan Saavi (2018-2019)
  • Isha Sharma sebagai Trishila Sharma– saudara perempuan Nishant (2019)
  • Sabina Jat sebagai Tamra Sachdev– putri Panna; Saudara perempuan Neelam; Adik angkat Mayank; Rekan Saavi (2019)
  • Shalini Arora sebagai Jaya Khanna– Shekhar, Mridul dan saudara perempuan Avinash; Tara dan ibu Koyal (2019)
  • Gouri Agarwal sebagai Koyal Khanna– putri Jaya, saudara perempuan Tara (2019)
  • Narayani Shastri sebagai Devika (2019)
  • Sikandar Kharbanda sebagai Military officer Rudra Pratap Singh (2019)
  • Wisnu Sharma sebagai Pendeta Tej Singh– pendeta Rathod; seorang kenalan Nishant dan Guru Maa (2018-2020)
  • Kushagre Dua sebagai Snake Survansh (2019)[5]
  • Ritu Shivpuri sebagai Shalaka– ibu Shardul (2019)
  • Kingkini Bhattacharya sebagai Daayan Mansi Rathod– istri Karan; Mohana's helper (2019)
  • Moni Rai sebagai Abhiraj– korban Mohana (2018)
  • Ankur Nayyar sebagai Mridul Rathod– Shekhar, Jaya dan saudara Avinash; Suami Mohana; Ansh, Karan dan ayah Kajal (2018)[6]
  • Priya Malik sebagai Daayan Dola Berkepala Dua– putri Pratima; Saudara perempuan Mohana; Vedashree dan saudara tiri Kalashree; Ibu Ruby (2019)

Musim 2[sunting | sunting sumber]

  • Nisha Nagpal sebagai Daayan Vishala– musuh bebuyutan Madhulika
  • Anjali Gupta sebagai Urvashi Chaudhary– istri Dev; Madhulika, Hema, Malini dan ibu Apurv
  • Monal Jagtani sebagai Hema Chaudhary– Urvashi dan putri Dev; Madhulika, Malini dan adik Apurv
  • Reema Vohra sebagai Malini Chaudhary– putri Urvashi dan Dev; Madhulika, saudara perempuan Hema dan Apurv
  • Gargi Patel / Alka Kaushal sebagai Narmada Chaudhary– ibu Dev; Madhulika, Apurv, Hema dan nenek Malini
  • Abhay Shankar Jha sebagai Pendeta Borath Nath– Pendeta Chaudhary
  • Wisnu Sharma sebagai Gurudev– Pembantu Palak
  • Bhakti Narula sebagai Sarita– Pembantu Chaudhary; Istri Randeep
  • Raju Shrestha sebagai Randeep– Palak dan saudara ibu Naina; Suami Sarita
  • Tammana Mannan sebagai Naina Verma– saudara perempuan Palak
  • Nikhil Mehta sebagai Chameleon Girgit Behrupi– tangan kanan Madhulika

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Times of India Gursimran Kaur Banga meninjau ulang pertunjukan secara negatif, menyebutnya "tidak realistis dan tidak logis" dan mengkritik plot, aktor, dan dialog.[7]

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

  • Di Indonesia (Bahasa Indonesia) mulai ditayangkan di ANTV dengan judul Nazar pada 28 Desember 2020 hingga 13 April 2021.[8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shweta Keshri (30 July 2018). "Nazar to Hum: 2 new shows are all set to hit your screens today". India Today. Diakses tanggal 1 August 2018. 
  2. ^ "Chakravartin Ashok Samrat actor Sumit Kaul back on TV with supernatural show Nazar". The Times of India. 19 July 2018. Diakses tanggal 20 September 2018. 
  3. ^ "Monalisa turns choreographer for 'Nazar'". The Times of India. 15 September 2018. Diakses tanggal 17 September 2018. 
  4. ^ Maheshwri, Neha (1 August 2018). "Amardeep Jha joins the cast of 'Nazar'". The Times of India. Diakses tanggal 20 September 2018. 
  5. ^ "Kushagre Dua to play a half-human-half-snake on 'Nazar' - Times of India". The Times of India. 
  6. ^ "Ankur Nayyar joins cast of 'Nazar'". The Times of India. 12 July 2018. Diakses tanggal 20 September 2018. 
  7. ^ Gursimran Kaur Banga (31 July 2018). "Nazar review: 'Daayan' Monalisa wants to stay young forever, what worse could fall on us?!". Times of India. Diakses tanggal 1 August 2018. 
  8. ^ "Nazar, Serial India Terbaru di ANTV". Tabloid Bintang. Diakses tanggal 26 Desember 2020. 
  9. ^ "Nazar, Kisah Iblis Penyedot Energi Manusia". jpnn. Diakses tanggal 27 Desember 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]