Nath (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nath
GenreDrama
Romantis
PembuatRanjeev Verma
Nitu Verma
Ditulis olehCerita
Mamta Singh
Skenario
Indu Dhar
Dialog
Manasvi Arya
SutradaraAtif Khan
Pengarah kreatifSiddharth Manisha Khanvilkar
PemeranChahat Pandey
Arjit Taneja
Avinash Mishra
Ankit Gera
Abhishek Tewari
Aalisha Panwar
Arjun Singh Dalal
Ishita Ganguly
Penggubah lagu temaIsha Gaur
Punit Dixit
Lagu pembuka"Nath – Gehna Hai Ya Hai Bedi"
"Nath – Krishna Aur Gauri Ki Kahani"
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode800
Produksi
ProduserVed Raj
Isha Gaur
PenyuntingPankaj Kathpal
Ayan Hashmi
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi20–22 menit
Rumah produksiStory Square Productions
Rilis asli
JaringanDangal TV
Rilis23 Agustus 2021 (2021-08-23) –
sekarang
Acara terkait

Nath (Bahasa Indonesia: Cincin hidung) adalah serial drama televisi India yang tayang perdana pada 23 Agustus 2021, dan ditayangkan di Dangal TV di bawah spanduk Story Square Production.[1][2]

Ini sebelumnya dibintangi Chahat Pandey, Arjit Taneja, Avinash Mishra , Ankit Gera dan Abhishek Tewari di Generasi pertama berjudul Nath – Zewar Ya Zanjeer (Bahasa Indonesia: Cincin hidung – Permata atau Rantai)[3][4] Pertunjukan tersebut menggantikan Prem Bandhan.

Serial ini diubah pada 10 Mei 2023 dan diberi judul ulang Nath - Krishna Aur Gauri Ki Kahani (Bahasa Indonesia: Cincin hidung - Kisah Krishna dan Gauri) untuk Generasi Barunya. Dibintangi oleh Aalisha Panwar, Chahat Pandey, Arjun Singh Dalal dan Ishita Ganguly.[5]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Awalnya Ditayangkan Keterangan Saluran TV
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 108 2 Oktober 2023 (2023-10-02) 21 Januari 2024 (2024-01-21) Tayang Perdana ANTV

Musim[sunting | sunting sumber]

Musim Jumlah episode Awalnya disiarkan (India)
Pertama ditayangkan Terakhir ditayangkan
1 554 23 Agustus 2021 (2021-08-23) 9 Mei 2023 (2023-5-9)
2 TBA 10 Mei 2023 (2023-05-10) TBA

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]

Mahua adalah seorang gadis cerdas lugu yang tinggal bersama ayahnya, Dharma, ibu, kakak perempuan Boondi dan kakak laki-laki Bablu di sebuah desa. Shambhu Singh Thakur adalah cucu tertua dari seorang wanita kaya bernama Durga Singh Thakur "Ammaji", dan memiliki paman dari pihak ayah, Ramesh Singh Thakur dan adik sepupu bernama Radhe Singh Thakur. Mahua bertemu Shambhu secara tidak sengaja saat dia mengemudikan jip dan secara tidak sengaja menuangkan air berlumpur ke dalam gaun Mahua. Mereka berdebat dan membenci satu sama lain. Ketika Mahua berusia 18 tahun, keluarga miskin tersebut menjualnya ke Ramesh menggunakan nath utrayi sistem tradisi di desa. Dia mencoba membunuh Mahua beberapa kali, tapi Shambhu menyelamatkannya. Boondi dijodohkan dengan Shambhu. Selama pernikahan, Padma Ramesh Dingh Thakur, istri Ramesh, menggantikan Boondi dan membawa Mahua yang dinikahi Shambhu sebelum dia mengetahuinya. Tapi saat Shambhu mengetahui bahwa dia sebenarnya menikah dengan Mahua, dia mulai membencinya. Seiring berjalannya waktu, mereka perlahan-lahan jatuh cinta. Shambhu dibunuh oleh Boondi dan Ramesh. Setelah kematian Shambhu, Mahua menikah dengan Inspektur Aryan Mishra, yang merupakan sahabat Shambhu.

Mahua hamil dan melahirkan dua anak perempuan, tetapi Garjan Mishra, ayah Aryan, mencuri satu anak perempuan tanpa dia sadari. Mahua melihat seorang wanita menjual anak kepada beberapa orang, dan dia mengambil anak itu dari mereka, tanpa menyadari bahwa anak itu adalah miliknya. Tapi wanita yang sama masuk ke dalam rumah dan mengatakan bayinya hilang. Aryan bertengkar dengan Mahua, dan mereka berpisah. Masing-masing dari mereka mengambil seorang putri.

5 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Mahua tinggal di desa sebagai guru sekolah, membesarkan putrinya, Krishna. Di saat yang sama, Aryan melihat seorang wanita bernama Kajal sambil membesarkan putrinya Gauri. Gauri dan Krishna tumbuh dan belajar di sekolah yang sama.

Aryan memutuskan menceraikan Mahua untuk menikahi Kajal dan hidup bahagia. Mahua menolak menandatangani surat cerai, dan Ammaji mengumumkan pernikahan Aryan dan Kajal di depan penduduk desa.

Setelah Aryan dan Mahua bersatu kembali, Aryan dibunuh oleh Ramesh. Setelah kematian Aryan, Mahua secara keliru pergi ke Pakistan. Di Pakistan, dia dianggap sebagai gadis lain dan pernikahannya diperbaiki dengan Shoaib. Mahua memberi tahu Shoaib yang sebenarnya dan dia membantunya melarikan diri dari Pakistan. Setelah kembali ke India, Mahua menikah dengan Kapten Aditya Rathore. Sementara itu, Padma dibunuh dan Ramesh ditangkap atas pembunuhan Padma. Pada saat ini, seorang pria jahat bernama Sukant Narayan sering menyiksa saudara iparnya yang janda, Janaki. Mahua mencoba membantu Janaki dan memintanya untuk melaporkan masalahnya kepadanya. Mahua mendapatkan bukti kejahatan Sukant, tapi sebelum dia bisa mengungkapnya, dia membunuhnya dengan melemparkannya dari gedung yang sedang dibangun.

Musim 2[sunting | sunting sumber]

16 Tahun Kemudian[sunting | sunting sumber]

Durga, Krishna dan Gauri terpaksa menjalani gaya hidup miskin di desa karena Ny. Narayan telah merampas rumah leluhur keluarga Thakur dengan tipu daya. Sementara itu Gauri jatuh cinta pada Jeet Narayan, cucu Ibu Narayan. Gauri sangat ingin menjadi pahlawan wanita dan karenanya pada hari pernikahannya dengan Jeet, dia meminta Krishna untuk duduk di mandap berjilbab menggantikannya sampai dia kembali bersama Jeet. Tapi karena Gauri terlambat kembali, Krishna dan Jeet menikah. Dilanda kebencian dan kemarahan, Gauri memutuskan untuk memenangkan kembali Jeet dan memutuskan pernikahan Krishna dan Jeet. Dia mencoba untuk memenangkan kembali Jeet beberapa kali, tetapi dia gagal melakukannya karena Jeet tertarik pada cinta tanpa pamrih dan sifat kepedulian Krishna. Kemudian Gauri salah memahami Krishna sebagai pembunuh Mahua dan untuk membalas dendam pada Krishna, dia menikah dengan Sukant Narayan, yang merupakan paman dari pihak ayah Jeet. Krishna mengetahui bahwa Sukant membunuh Mahua dan dia akhirnya mengungkapnya. Sukant menembak dirinya sendiri, tapi dia diselamatkan tepat waktu. Sukant kehilangan keseimbangan mentalnya dan dikirim ke rumah sakit jiwa. Krishna mengetahui bahwa Sukant telah mewarisi rumah leluhur keluarga Thakur dari Nyonya Narayan dengan tipu daya. Gauri mengkhianati Krishna dan dia mengatakan bahwa menjadi istri Sukant mengumumkan bahwa dia adalah pemilik rumah leluhur dan memerintahkan Krishna untuk pindah dari rumah tersebut. Krishna mengetahui bahwa Sukant telah mewarisi rumah leluhur keluarga Thakur dari Nyonya Narayan dengan tipu daya. Gauri mengkhianati Krishna dan dia mengatakan bahwa menjadi istri Sukant mengumumkan bahwa dia adalah pemilik rumah leluhur dan memerintahkan Krishna untuk pindah dari rumah tersebut. Krishna mengetahui bahwa Sukant telah mewarisi rumah leluhur keluarga Thakur dari Nyonya Narayan dengan tipu daya. Gauri mengkhianati Krishna dan dia mengatakan bahwa menjadi istri Sukant mengumumkan bahwa dia adalah pemilik rumah leluhur dan memerintahkan Krishna untuk pindah dari rumah tersebut.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Chahat Pandey sebagai
    • Mahua Shambhu Singh Thakur / Mahua Aryan Mishra / Mahua Aditya Rathore: Putri bungsu Dharma; Adik perempuan Bablu dan Boondi; Janda Shambhu dan Aryan; istri Aditya; Ibu Krishna dan Gauri (2021–2023) (meninggal)
    • Krishna Mishra: Putri sulung Aryan dan Mahua; saudara kembar Gauri; Cucu perempuan Garjan yang lebih tua; Cucu tiri Premlata; putri tiri Aditya yang lebih tua; Istri pertama Jeet (2023–sekarang)
  • Arjit Taneja sebagai Shambhu Singh Thakur: suami pertama Mahua yang dibunuh oleh Boondi dan Ramesh; Putra Avtaar dan Tejo; Putra sambung Janki (2021–2022) (meninggal)
  • Avinash Mishra sebagai
    • Inspektur Aryan Mishra: Putra kembar tertua Garjan; anak tiri Premlata yang lebih tua; Kakak kembar Viren; Keponakan tertua Pramod; suami kedua Mahua; Ayah Krishna dan Gauri; sahabat Shambhu; mantan tunangan Jhelum, Kajal dan Garima (2022–2023) (meninggal)
    • Viren Mishra: Putra kembar bungsu Garjan; anak tiri Premlata yang lebih muda; Saudara kembar Aryan; Keponakan muda Pramod; Kekasih obsesif sepihak Mahua (2022) (meninggal)
  • Ankit Gera sebagai Kapten Aditya Rathore: suami ketiga Mahua; ayah sambung Krishna dan Gauri (2023)
  • Aalisha Panwar sebagai Gauri Mishra: Putri bungsu Aryan dan Mahua; saudara kembar Krishna; Cucu perempuan Garjan yang lebih muda; Cucu tiri Premlata yang lebih muda; Putri tiri Aditya yang lebih muda; Mantan pacar dan kekasih obsesif sepihak Jeet; Istri Sukant (2023–sekarang)
  • Arjun Singh Dalal sebagai Jeet Narayan: Putra Raghuvendra dan Sarasvali; Keponakan Sukant dan Kalavati; Kakak sepupu Abimanyu; Suami Krishna dan Gopala; Mantan pacar Gauri (2023–sekarang)
  • Ishita Ganguly sebagai Gopala; Istri kedua Jeet (2023–sekarang)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Penampilan cameo[sunting | sunting sumber]

  • Shruti Anand sebagai Ruchita Nihar Goyal dari Mann Sundar (2022)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Serial ini diumumkan di Dangal TV oleh Story Square Productions.Chahat Pandey dan Arjith Taneja ditandatangani sebagai pemeran utama. Promo yang menampilkan pemeran utama adalah dirilis pada Agustus 2021. Acara dirilis pada 23 Agustus 2021.[9]

Pemilihan pemeran[sunting | sunting sumber]

Arjit Taneja keluar dari pertunjukan pada Februari 2022 karena Dia tidak senang dengan pertumbuhan karakternya di pertunjukan dan perannya tidak seperti yang dia bayangkan.[10]

Pada Maret 2022 Avinash Mishra sebagai Aryan berperan sebagai pemeran utama.[11] Pada bulan Februari 2023, Avinash Mishra juga keluar dari serial tersebut dengan mengutip "Karakter tersebut tidak memiliki ruang lingkup yang tersisa. Lagu saya telah mencapai titik jenuh. Saya merasa tidak ada lagi yang dapat saya berikan untuk pertunjukan tersebut. Karakter saya tidak berkembang dan sebagainya. Saya pikir yang terbaik adalah melanjutkan."[12]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Nath Gehna Hai Ya Hai Bhedi
Lagu tema karya Esha Gaur
Dirilis2021
GenreIsu Sosial
Durasi4:11
BahasaHindi
LabelEnterr10 Television Network & Swan Songs
ProduserVed Raj
Isha Gaur
Daftar lagu
No.JudulPenyanyiDurasi
1."Nath Gehna Hai Ya Hai Bhedi" (Female)Esha Gaur4:11
Durasi total:4:11

Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

Indonesia Di Indonesia ditayangkan dengan judul yang sama Nath di saluran antv pada tahun 2023-2024. Hanya mampu menyelesaikan kurang lebih 554 episode versi india karena TRP yang rendah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chahat Pandey on Avinash Mishra joining 'Nath…': Audience will like him as Aryan and love our jodi". Times of India. Diakses tanggal 1 March 2022. 
  2. ^ "Nath Zewar Ya Zanjeer team cuts cake on completion of 200 episodes". m.timesofindia. Diakses tanggal 13 April 2022. 
  3. ^ "Chahat Pandey on Avinash Mishra joining 'Nath…': Audience will like him as Aryan and love our jodi". Times of India. Diakses tanggal 1 March 2022. 
  4. ^ "Nath Zewar Ya Zanjeer team cuts cake on completion of 200 episodes". Times of India. Diakses tanggal 13 April 2022. 
  5. ^ Nath Krishna aur Gauri Ki Kahani | New Promo 10 May se Mon -Sun 8pm. Dangal TV Channel. Diakses tanggal 2023-05-06 – via YouTube. 
  6. ^ "Exclusive! Avinash Mishra quits Nath – Zewar Ya Zanjeer, Abhishek Tewari steps in to play the new male lead". m.timesofindia. Diakses tanggal 3 February 2022. 
  7. ^ "Urvashi Upadhyay: I loved my entry with guns in Nath, it's a very different role that I am playing here". The Times of India. 2023-02-05. ISSN 0971-8257. Diakses tanggal 2023-04-24. 
  8. ^ "I have hazel colour eyes, so I am mostly given negative roles, says Anupama Solanki who will soon be seen in Nath". The Times of India. 2023-05-18. ISSN 0971-8257. Diakses tanggal 2023-05-19. 
  9. ^ नथ जेंवर या ज़ंजीर || New TV Show Promo || 23 अगस्त से सोमवार से शनिवार रात 10 बजे. Dangal TV Channel. Diakses tanggal 2023-04-07 – via YouTube. 
  10. ^ "Arjit Taneja Quits Nath: Zewar Ya Zanjeer; Says 'No Point In Doing Something When Your Heart Is Not In It'". www.filmibeat.com (dalam bahasa Inggris). 2022-02-25. Diakses tanggal 2023-04-07. 
  11. ^ Developer, Web. "Avinash Mishra makes a grand entry in Nath Zewar Ya Zanjeer". Mid-day. Diakses tanggal 2023-04-07. 
  12. ^ "My track was dragging, so I chose to quit my show Nath: Avinash Mishra". The Times of India. 2023-01-04. ISSN 0971-8257. Diakses tanggal 2023-04-07. 

Prnala luar[sunting | sunting sumber]