Nama trivial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam kimia, khususnya kimia organik, nama trivial atau nama umum adalah nama yang dikenal dari suatu zat sebelum dilakukan standardisasi oleh IUPAC atau nama yang diberikan untuk memudahkan penyebutan. Nama ini biasanya yang dikenal dalam industri dan perdagangan. Nama yang diberikan oleh IUPAC disebut nama sistematik dan mengacu pada gugus fungsional yang diakui.

Nama sistematik lebih bersifat akademik dan dibuat untuk memudahkan orang mengenal rumus bangun dari suatu zat yang dimaksudkan. Akibatnya, nama sistematik untuk senyawa organik yang kompleks, seperti klorofil, menjadi sangat panjang dan kadang-kadang terasa aneh. Sebaliknya, nama trivial biasanya lebih pendek dan dibuat agar orang lebih mudah mengingat.

Nama trivial tidak mesti sama dengan nama dagang. Nama dagang biasanya adalah merek yang terdaftar. Nama sistematik dari suatu produk yang dipatenkan biasanya dirahasiakan tetapi nama trivial tidak.

Dalam biologi, istilah nama trivial juga dikenal (dikontraskan dengan nama ilmiah) tetapi istilah yang lebih disukai adalah nama umum, nama lokal, atau nama vernakular.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]