Lompat ke isi

Nacih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Nachi)

Hj Nacih (1935 - 16 Oktober 2002) adalah seorang pemain sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang berperan sebagai Nyak Rodiah.[1][2][3]

Hj Nacih
LahirHj Nacih binti Nari
1935 (1935)
Jakarta, Indonesia
Meninggal16 Oktober 2002(2002-10-16) (umur 66–67)
Rumah Sakit Centra Medika, Jakarta Timur
Sebab meninggalkomplikasi penyakit jantung dan diabetes
Nama lainNyak Rodiah
PekerjaanArtis, Pekerja Seni
Tahun aktif1990an-2002
Suami/istriNiin Muhtar

Dalam podcast Rhoma Irama pada 2022, Mandra menyebutkan bahwa dirinya memiliki 2 saudara kandung, yakni Omas dan Mastur. Selain saudara kandung, ternyata Mandra juga memiliki saudara seibu sebanyak 7 orang. Salah satu diantaranya merupakan kakak tertua bernama Hj. Nacih yang berperan sebagai Nyak Rodiah atau istri dari Engkong Ali di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Menurut penuturan Mandra di kanal YouTubenya, Baba Mandra, Hj. Nacih mengikuti jejak orang tuanya untuk berkecimpung di dunia seni peran, terutama teater, sejak remaja. Sebelum membintangi sinetron, Hj. Nacih memainkan teater dari panggung ke panggung. Uniknya, Hj. Nacih tidak pernah memerankan tokoh yang anggun dan lembut, melainkan memerankan tokoh wanita yang tak pernah jauh dari kesan antagonis.

Saking melekatnya kesan antagonis tersebut dalam diri Hj. Nacih, banyak orang melihatnya sebagai sosok yang menyebalkan dalam dunia nyata. Pendalaman karakter yang dilakukannya rupanya sukses membuat banyak orang gemas ketika menghadiri suatu acara bersama Hj. Nacih. Padahal, peran antagonis yang dimunculkan Hj. Nacih dalam suatu pertunjukkan, hanyalah sebuah akting belaka.

Kemudian, Mandra memiliki inisiatif untuk mengenalkan Hj. Nacih dalam perannya sebagai Nyak Rodiah di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Kala itu, sinetron tersebut tengah membutuhkan pemain yang sesuai dengan kriteria untuk memerankan karakter istri dari Engkong Ali alias ibu sambung Mandra dan Mak Nyak.

Tanpa melewati casting, Hj. Nacih dengan raut wajahnya yang telah memenuhi kriteria, seketika langsung dijadikan pemeran Nyak Rodiah. Hj. Nacih tak bisa membaca, sehingga dalam proses syuting, dia banyak berimprovisasi. Apalagi lawan mainnya yakni H. Enun Tile Mahdami atau yang kerap disapa H. Tile yang memerankan karakter Engkong Ali, merupakan orang yang dikenalnya sejak pementasan teater dari panggung ke panggung.[4]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Hj. Nacih telah berpulang pada 16 Oktober 2002 disebabkan komplikasi penyakit jantung dan diabetes di Rumah Sakit Sentra Medika, Jakarta Timur. Dalam kehadirannya pada upacara pemakaman Hj. Nacih, Rano Karno pun sempat mengatakan bahwasannya almarhumah adalah seniman yang tekun dan berbakat, "Meski buta huruf, dia pandai bicara," ujar Rano.

Sejumlah seniman hadir dalam upacara pemakaman aktris yang biasa berperan sebagai emak tiri Mandra yang terkenal galak. Antara lain Rano Karno dan Mandra. Bagi Mandra, perempuan berusia 67 tahun ini, mengingatkan dia kepada ayahnya. "Dia sangat disiplin," ujar pemeran utama sinetron Mandragade itu. Sedangkan menurut Niin Muhtar, suami Nachi, meski sering berperan sebagai wanita bawel, almarhumah sebenarnya berhati lembut. "Hatinya lembut selembut sutra," ucap Niin.[5]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ inewsid. "Selamat Jalan, Pemain si Doel Anak Sekolahan Ini Pergi Untuk Selamanya". https://cirebon.inews.id/. Diakses tanggal 2024-06-16.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  2. ^ Baba Mandra (2020-11-22), Nyak RODIAH ( Hj. Nacih ) part1 DPR, diakses tanggal 2024-06-16 
  3. ^ Baba Mandra (2020-11-24), Nyak Rodiah (Hj. Nacih) PART 2 || DPR, diakses tanggal 2024-06-16 
  4. ^ Halona (2023-07-26). "Tak banyak yang tahu ternyata istri Engkong Ali di Si Doel Anak Sekolahan kakak tertua Mandra, ini faktanya – keepingtimes" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-16. 
  5. ^ Liputan6.com (2002-10-21). "Nachi Alias Nyak Rodiah Wafat". liputan6.com. Diakses tanggal 2024-06-16.