NURBS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Non-Uniform, Rational B-spline Surface adalah cara pemodelan permukaan secara parametrik yang umumnya digunakan dalam grafik komputer. NURBS bersifat lebih universal dari Bezier Spline atau B-spline karena selain bisa memodelkan sebarang permukaan ia bisa memodelkan juga geometri analitik seperti lingkaran, elipsis, bola, dan lain-lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pengembangan NURBS (Non Uniform Rational Basis Spline) berawal pada tahun 1950-an oleh teknisi yang membutuhkan gambaran matematis yang tepat dari permukaan berbentuk bebas seperti pada lambung kapal, permukaan pesawat terbang dan body mobil, dimana harus bisa menyajikan kebutuhan teknis lebih lanjut. Sebelumnya gambaran permukaan seperti ini hanya disajikan sebagai model utuh yang dibuat oleh desainer. Pelopor pengembangan NURBS adalah Pierre Bézier yang bekerja sebagai teknisi di Renault, dan Paul de Casteljau yang bekerja di Citroën, Prancis. Bézier bekerja hampir bersamaan dengan Paul de Casteljau, tanpa saling mengetahui satu sama lain. Tapi karena Bézier menpublikasikan hasil temuannya, rata-rata pengguna komputer grafis hari ini mengenali splines — yang diwakili dengan kontrol titik terhadap kurva — sebagai Bézier spline, sementara nama Paul de Casteljau hanya dikenal dan algoritma yang dirancangnya untuk mengevaluasi permukaan parametric. Pada tahun 1960-an menjadi jelas bahwa non-uniform Rational B-splines adalah generalisasi dari Bézier spline, yang bisa dianggap sebagai uniform, non-rational B-splines.

Awalnya NURBS hanya digunakan pada paket CAD milik perusahaan mobil. Kemudian NURBS menjadi bagian dari paket standar komputer grafis.

Pada tahun 1985, Pemodel NURBS interaktif untuk PC, disebut Macsurf (yang kemudian disebut Maxsurf), dikembangkan oleh Formation Design Systems, sebuah perusahaan kecil yang baru dibangun di Australia. Maxsurf adalah sistem desain marine hull yang dimaksudkan untuk pembuatan kapal, perahu dan kapal pesiar, dimana desainer membutuhkan akan rautan bentuk permukaan yang sangat akurat. Real-time, rendering kurva dan permukaan NURBS inteaktif pertama kali diterapkan pada Silicon Graphics workstations tahun 1989. Saat ini hampir seluruh aplikasi komputer grafis profesional menawarkan tehnologi NURBS, yang seringkali diwujudkan dengan mengitegrasikan mesin NURBS dari perusahaan tertentu.