NSB Class 92

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
NSB Class 92 dengan desain corak lama Mittnabotåget

NSB Class 92 adalah seri kereta rel diesel Norwegia. Mulai dibuat pada tahun 1984 oleh perusahaan kereta api Jerman, DÜWAG. Seri kereta api ini dibuat sebanyak 15 unit dan dioperasikan oleh Perusahaan kereta api nasional Norwegia (NSB). Kereta api ini melayani transportasi pada jalur Trøndelag, Mittnabotåget, dan Røros.

NSB Class 92 mulai dioperasikan pada tahun 1984 dan 1985 untuk menggantikan pelayanan kereta kelas 86 dan kelas 91 yang rata-rata telah beroperasi selama 40 tahun. Dimana kereta kelas 86 dan 91 tersebut dianggap sudah tidak layak secara ekonomi, kecepatan maupun kenyamanan.

NSB kelas 92 disel ganda di Åsen Station, Norwegia.

Unit kereta kelas 92 ini dibangun oleh Düwag, terdiri dari dua kereta dengan kapasitas tempat duduk 168 orang. Setiap unit kereta dengan penggerak ganda dapat menampung 168 orang. Memiliki panjang 49,45 meter (162,2 kaki) dan bobot 92 ton. Kereta ini dilengkapi dengan penggerak utama Daimler-Benz OM424A yang menggerakkan dua motor listrik, memberikan output daya 714 kilowatt (957 tenaga kuda).

Sebuah kecelakaan yang melibatkan NSB Class 92 terjadi pada tahun tanggal 14 Januari 2000. Dikenal sebagai kecelakaan Åsta, musibah ini menyebabkan 19 orang terbunuh sementara 67 orang selamat dalam kecelakaan itu.

Kereta kelas 92 ini diperbaharui pada tahun 2005 dan 2006, dan NSB secara keseluruhan merencanakan mengganti kereta ini pada tahun 2019.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kereta ini mulai diperkenalkan pada 1980-an ketika NSB membeli 15 unit kereta seharga 200 Juta NOK dari perusahaan kereta api Jerman.[1] Ketika pertama kalinya diperkenalkan, jadwal perjalanan kereta juga diubah untuk memotong sejumlah perhentian menengah yang terkecil. Dalam pelayanannya kelas 92 ini memiliki kecepatan kurva yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya dan mampu beroperasi setidaknya pada kecepatan 80 km / jam (50 mil per jam) melalui semua kurva di jalur utama dan di bagian yang paling sulit. Kereta ini juga memiliki akselerasi dan deselerasi yang lebih baik. Dengan dilakukan perubahan jadwal pada 2 Juni 1985, waktu tempuh perjalanan antara Røros dan Hamar berkurang satu jam, pengurangan 25 menit untuk perjalanan antara Trondheim dan Steinkjer serta pengurangan 50 menit pada perjalanan antara Trondheim dan Grong. Pada saat yang sama, jadwal juga diubah mengoptimalkan korespondensi, seperti kereta malam di Trondheim dan keberangkatan dari Bandara Trondheim, Værnes. Jalur Røros-Oslo juga menerima satu jadwal kereta harian.[1]

Sebuah kereta api NSB kelas 92 diesel di Marienborg, Norwegia.

Sejak bulan Juni 1986, kelas itu juga melayani perjalanan pagi dari Mo i Rana ke Trondheim dan melayani perjalanan kembali pada malam hari. Layanan baru ini juga meningkatkan kecepatan rata-rata hingga 80 kilometer per jam (50 mil per jam) dan kecepatan maksimum pada jalur yang lurus 130 kilometer per jam (81 mil per jam), serta kecepatan 10 persen lebih tinggi di dalam kurva. Dengan layanan ini maka penumpang yang naik kereta pagi dari Oslo memungkinkan untuk tiba di Mo i Rana pada malam hari.[2] Kelas ini juga digunakan pada jalur Arendal dan jalur Solør.[3] Juga tetap digunakan di Jalur Arendal sampai tahun 1995, ketika jalur itu dialiri listrik.[4]

Pada tahun 1993, NSB mengumumkan perubahan jalur kereta api Trondheim menjadi Trøndelag Commuter Rail, dimana kereta kelas 92 ini akan mengambil alih sebagian besar pelayanan kereta komuter yang menghubungkan Trondheim dengan wilayah pinggiran kota, antar kota distrik tradisional Innherred dan sebagai jalur kereta api bandara ke Bandar udara Trondheim, Vaernes Layanan ini dimulai pada tanggal 1 September tahun 1993. Sekaligus dilakukan perubahan jadwal yang menambahkan hampir dua kali lipat jumlah keberangkatan, terutama pada pelayanan kereta antara Trondheim dan Stjørdal dengan waktu antara selama satu jam.[5] Layanan dari Trondheim ke Steinkjer memiliki sepuluh perjalanan pulang-pergi setiap hari. Untuk wilayah bagian utara Trondheim layanan kereta lokal sudah ada sebelumnya sementara pada wilayah selatan Oppdal merupakan pelayanan baru setelah sebelumnya daerah itu hanya dilayani oleh kereta antarkota dan kereta malam.

Kereta api NSB kelas 92 diesel di stasiun Levanger, Norwegia.

Sebuah kecelakaan terjadi pada tanggal 4 Januari 2000 yang melibatkan satu rangkaian kereta kelas 92 bertabrakan dengan kereta NSB Di 3. Kecelakaan ini terjadi di dekat Stasiun Åsta di Jalur Røros. Sembilan belas orang dilaporkan tewas dalam peristiwa tersebut kereta api kelas 92 juga mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga tidak bisa diperbaiki lagi.[6] Sejak 7 Januari 2001, NSB membuat beberapa perubahan besar pada kereta komuter. Waktu antara tetap dan terus diterapkan setiap jam untuk kereta api dari Steinkjer ke Trondheim, termasuk kereta ekstra pada jam sibuk dari Lerkendal ke Stjørdal dengan 23 keberangkatan per hari dari setiap arah. Di selatan Trondheim, layanan dialihkan hingga berakhir di Lerkendal. Sebagian dari alasan perluasan tersebut adalah disebabkan kehadiran kereta regional Kelas 93 baru yang menggantikan pelayanan kereta Kelas 92.[7]

Interior kereta api NSB kelas 92

Sejak 22 September 2002, NSB dan Otoritas Transportasi Umum Daerah Jämtlands memulai kerjasama yang melibatkan dua perjalanan pulang-pergi setiap hari dengan kereta Kelas 92 antara Trondheim dan Östersund di Swedia, melalui Jalur Meråker dan Jalur Tengah. Dinamakan sebagai Mittnabotåget sebuah layanan kereta regional yang menghubungkan Trondheim di Norwegia dengan Sundsvall di Swedia. Layanan ini termasuk pula kereta api yang dioperasikan oleh Veolia Transport di Jalur Tengah antara Sundsvall dan Östersund di Swedia, dan layanan kereta api lintas batas Nabotåget yang dioperasikan Norges Statsbaner dari Östersund ke Trondheim di Norwegia.

Kereta api kelas 92 ditingkatkan pada tahun 2005 dan 2006 dengan pembaruan bagian interior dan skema cat yang baru. NSB menyatakan bahwa kereta api kelas 92 akan terus digunakan hingga tahun 2019 sesuai dengan rencana NSB melakukan elektrifikasi Jalur Nordland dari Trondheim ke Steinkjer, serta Jalur Meråker. Setelah pekerjaan elektrifikasi selesai dilaksanakan maka pelayanan NSB kelas 92 akan dihentikan.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wormnes, Are (31 August 1984). "Nye tog til Røros og Nordlandsbanen". Aftenposten (dalam bahasa Norwegia). hlm. 8. 
  2. ^ Richvoldsen, Tor (6 June 1986). "NSB på offensiven: Det blir nye og raskere tog iår". Aftenposten (dalam bahasa Norwegia). hlm. 22. 
  3. ^ Aspenberg, Nils Carl (1994). Glemte spor: boken om sidebanenes tragiske liv (dalam bahasa Norwegia). Oslo: Baneforlaget. hlm. 46. ISBN 82-91448-00-0. 
  4. ^ Thompson, Svein (9 January 1997). "Bortkastet opprustning". Dagens Næringsliv (dalam bahasa Norwegia). hlm. 8. 
  5. ^ "Trønderbanen skal gi NSB stor trafikkøkning". Adresseavisen (dalam bahasa Norwegia). Norwegian News Agency. 1 September 1993. 
  6. ^ Hagen, Anders W.; Pedersen, Eivind (9 April 2000). "I går skjedde det igjen". Dagbladet (dalam bahasa Norwegia). hlm. 8. 
  7. ^ Solem, Erlend (25 July 2000). "Forbedret tilbud på lokalflytoget". Adresseavisen (dalam bahasa Norwegia). hlm. 19. 
  8. ^ Fordal, Roar A. (26 February 2011). "Nye og flere Nabotåg". Trønder-Avisa (dalam bahasa Norwegia). hlm. 13.