Nụ hôn thần chết

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nụ hôn thần chết
Nhtc11 poster.jpg
Poster rilis di Vietnam
SutradaraNguyễn Quang Dũng
PenulisNguyễn Quang Dũng
PemeranJohnny Trí Nguyễn
Thanh Hằng
Phương Thanh
Hoài Linh
Thành Lộc
SinematografiTrinh Hoan
DistributorThiên Ngân Galaxy, HKFilms, Phuongnam.FILM
Tanggal rilis
25 Januari 2008 (Vietnam)
Durasi
93 menit
Negara Vietnam
BahasaBahasa Vietnam
AnggaranVNĐ 5 miliar[butuh rujukan] (sekitar Rp 2.25 miliar)

Nụ hôn thần chết (bahasa Indonesia: "Ciuman Kematian") adalah film komedi romantis dari Vietnam diproduksi pada tahun 2007 dan dirilis di Vietnam pada 2008 Tahun Baru Tết. Film berdurasi 94 menit yang disutradarai Nguyễn Quang Dũng ini dibintangi Johnny Trí Nguyễn, Thanh Hằng, Thành Lộc, Phương Thanh, Hoài Linh. Film ini . Sekuel film ini dirilis untuk Tết 2009 dengan judul Giải cứu thần chết (bahasa Indonesia: "Penyelamatan Kematian").

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film komedi romantis ini berkisah tentang tugas sulit Pangeran Iblis Kematian Du (Johnny Tri Nguyen) yang harus belajar mengambil nyawa manusia dengan "ciuman kematian". Dia mendapatkan tugas dari ayahnya untuk mengambil nyawa An (Thanh Hằng), seorang gadis yatim piatu yang bekerja sebagai pelayan bar. Ironisnya, ia masih terlalu kurang pengalaman dan naif sehingga dia dikira sebagai anak di bawah umur. Akibatnya, dia tidak digubris oleh si gadis.

Dalam tiga hari, Du harus untuk memberikan "ciuman kematian" pada An, atau dia akan mendapat kutukan yang paling mengerikan dari ayahnya, Raja Iblis Kematian. Tapi sang Pangeran Iblis Kematian mulai bersimpati dan menaruh hati pada An, dan berjanji membantunya menyelesaikan urusannya duniawinya yang belum terselesaikan sebelum meninggal. Selama pelariannya dari kematian, situasi-situasi nakal dan lucu yang memancing air mata dan senyum banyak terjadi di antara mereka. Dan An tiba-tiba menyadari bahwa dia telah menemukan sesuatu yang lebih berharga dari hidup, yaitu cintanya pada Du.

Di sisi lain, bila Du tidak memenuhi misinya untuk mengambil nyawa An, di harus menanggung kutukan mengerikan dari ayahnya. Seperti cerita "Romeo dan Juliet", cinta mereka harus mengatasi hambatan dari dua alam, Kehidupan dan Kematian.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemasaran dengan kompetisi[sunting | sunting sumber]

Sebelum film dirilis, kompetisi-kompetisi diselenggarakan untuk menarik penonton, seperti Ciuman Pertama Anda dan Lomba Desain Poster. Selain Những cô gái chân dài (bahasa Indonesia: "Gadis yang tidak bersalah"), ini adalah film ke-2 di Vietnam dengan kompetisi.

Buku naskah[sunting | sunting sumber]

Naskah film Nụ hôn thần chết yang ditulis oleh Nguyễn Quang Dũng diterbitkan oleh Phương Nam, Galaxy dan HK Film pada tanggal 25 Januari 2008, hari pertama film ini ditayangkan. Buku ini merupakan versi tulisan dari film yang sangat rinci yang menceritakan beberapa adegan yang tidak ditampilkan dalam film. Buku naskah ini diterbitkan hanya di Vietnam dengan harga sangat murah, 20.000 VNĐ (sekitar Rp 10.000). Dengan keberhasilan film ini, buku ini juga meraup kesuksesan untuk alasan yang sama sebagai buku diluncurkan cukup dekat dengan Hari Kasih Sayang.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film ini memenangkan penghargaan Cánh diều Bạc Vietnam tahun 2007.

Pendapatan[sunting | sunting sumber]

Film ini meraup 1,5 miliar VNĐ setelah 3 hari dirilis dengan rata-rata 500 juta VNĐ setiap hari, dengan 166 orang per bioskop per hari. Setelah sekitar satu bulan rilis (dari 25 Januari 2007 untuk mengakhiri 10 hari bulan Tahun Baru Imlek), Nụ hôn thần chết telah mendapat penghasilan kotor lebih dari 16 miliar VNĐ, menjadikannya film terlaris di Vietnam.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]