Nässjö

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nässjö (dilafalkan Naeschoe) ialah sebuah kota (pdd. 16.000) di Småland, Swedia dan ibu kota Kotamadya Nässjö, Jönköpings län.

Dalam jangka lama Nässjö hanya sebuah desa pedalaman dengan pekerjaan utama penduduknya bertani. Jalur selatan KA yang selesai tahun 1864 melintasi Nässjö. Kemudian, jalur KA lain diresmikan, i mana Nässjö, karena letak geografisnya di negeri itu, menjadi persimpangan penting. Sebuah jalur ke Katrineholm dibuka pada tahun 1874, dan pada tahun itu juga jalur Oskarshamn dibuka; lainnya ke Halmstad pada tahun 1882; ke Kalmar pada tahun 1914.

Kursi Windsor Swedia

Sebagai akibat pemindahan industri ke Nässjö, penduduknya berkembang. Kayu adalah industri terpenting karena hutan yang meliputi daerah provinsi Småland, saat itu amat mungkin untuk memproduksi kursi kayu.

Nässjö mencoba mendapatkan piagam, lalu dianugerahkan pada tahun 1914, menjadikannya salah satu Kota di Swedia yang kini mati. Sejak 1971 menjadi ibu kota Kotamadya Nassjo yang lebih besar.

Penduduknya terus bertambah sepanjang abad ke-20. Pada tahun 1940-an produksi peralatan kebakaran, dan industri "Eldon AB" pernah menjadi industri terbesar di kota ini.

Band hardrock Backyard Babies berasal dari Nässjö.