Musik Afganistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Musik selalu menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Afganistan. Namun sejak akhir 1970-an, negara itu telah terlibat dalam perang berkepanjangan dan kebanyakan orang menjadi kurang peduli tentang musik. Dengan demikian, musik di Afghanistan telah memudar dan rekaman yang ada sangat minim, meskipun kaya akan warisan musiknya.

Sebuah band musisi Afghanistan di Farah, Afghanistan

Letaknya yang berada di persimpangan antara banyak jalur perdagangan, tradisi musik Afghanistan dipengaruhi oleh orang-orang Arab, Persia, India, Mongolia, Tionghoa dan banyak lagi yang melewatinya. Dengan demikian, corak musik Afghanistan adalah campuran antara melodi Persia, Arab, komposisi India serta dari kelompok etnis seperti Pashtun atau Tajik. Instrumen yang digunakan biasanya adalah tabla dari India yang sejenis gendang yang berleher panjang. Tercatat bahwa musik Afganistan paling terpengaruh oleh tradisi musik di sub-benua India yang memberi pengaruh besar bagi musik Afghanistan.

Selama tahun 1990-an, Pemerintahan Taliban melarang musik instrumental.[1] Meskipun telah dilakukan penggeledahan dan penghancuran alat musik, musisi masih terus memainkan keterampilan mereka hingga saat ini. Kabul, yang merupakan kota multi-etnik, telah lama menjadi pusat budaya daerah, tetapi orang luar cenderung berfokus pada Kota Herat, yang merupakan rumah bagi tradisi musik yang lebih erat keterkaitannya dengan musik Iran daripada wilayah lain di seluruh negeri.[2] Sebagian besar lirik pada musik Afghanistan biasanya dibuat dalam Bahasa Dari dan Pashto.

Musik Tradisional[sunting | sunting sumber]

Musik Religi[sunting | sunting sumber]

Konsep musik Afghanistan erat kaitannya dengan instrumen, dengan demikian tanpa diiringi nyanyian religi tidak dianggap sebagai musik. Bacaan Alquran merupakan hal yang penting tanpa diiringi penampilan religi, seperti zikir yang berasal dari Sufi menggunakan lagu yang disebut na't, dan gaya nyanyian solo dan grup Syiah seperti mursia, manqasat, nowheh, dan rowzeh. Aliran Chisti Sufi di Kabul adalah pengecualian dalam menggunakan instrumen seperti rubab, tabla, dan semacam alat musik dalam peribadahan mereka. Musik ini disebut tatti, yang berarti "makanan untuk jiwa".

Klasik[sunting | sunting sumber]

Terdapat banyak tradisi dan gaya musik di Afghanistan. Perbedaan tradisi dan gaya musik ini berevolusi selama berabad-abad dalam konteks yang sangat beragam baik etnis, linguistik, regional, agama, maupun perbedaan kelas yang dikarakteri oleh masyarakat Afganistan itu sendiri. Musik Afganistan dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara. Walaupun itu adalah praktek umum untuk mengklasifikasikan musik Afganistan ke bahasa dan wilayah (yakni Pashtu, Persia, Logari, Shomali, dll). Lebih teknis, sesuainya klasifikasi akan membedakan berbagai bentuk dari musik Afganistan murni oleh gaya musiknya. Musik Afganistan dapat dibagi menjadi empat kategori yaitu, India klasik, mohali (gaya rakyat dan regional), barat, dan gaya lainnya yang unik di Afghanistan itu sendiri. Walaupun, diadopsi oleh musisi Farsi musik itu tetap disebut sebagai musik Afghanistan.

Musik Pop[sunting | sunting sumber]

Penampilan Farhad Darya dalam sebuah konser di Kabul, Afghanistan.

Pada tahun 1925, Afghanistan memulai mendirikan penyiaran radio, namun stasiunnya hancur pada tahun 1929. Penyiaran tidak dilanjutkan sampai Radio Kabul dibuka pada tahun 1940. Sejalan dengan Radio Afganistan yang menjangkau seluruh negeri, musik populer menjadi semakin penting. Pada tahun 1951, Parwin menjadi wanita Afghanistan pertama yang bernyanyi live di radio. Farida Mahwash, salah satu penyanyi wanita terkenal yang kemudian mendapatkan gelar ustad (master), mendapat banyak kesuksesan dengan "O bacheh" pada tahun 1977. Dia mungkin yang paling dikenal sebagai penyanyi pop.[3]

Hip Hop[sunting | sunting sumber]

Hip hop adalah jenis musik yang populer di kalangan pemuda Afghanistan dan komunitas imigran.[4] Ini mewarisi sebagian besar gaya hip hop tradisional, namun menambahkan penekanan pada budaya yang langka. Hip hop kebanyakan dinyanyikan dalam Bahasa Dari, Pashto, dan Inggris. Salah satu artis hip hop populer adalah DJ Besho (Bezhan Zafarmal), yang merupakan seorang penduduk Kabul. Selain itu ada Awesome Qasim, yang dikenal di Kanada dan bisa rap dalam Bahasa Farsi, Pashto, dan Inggris. Album terbaru Qasim keluar pada bulan Februari 2013 di Kanada.[5][6] Seorang musisi Kabul, Soosan Firooz, telah digambarkan sebagai rapper wanita pertama Afghanistan.[7] Sonita Alizadeh adalah rapper wanita Afghanistan lainnya, yang telah mendapatkan ketenaran karena menulis musik yang memprotes perkawinan paksa.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Almaty or Bust
  2. ^ Doubleday, pg. 4
  3. ^ Doubleday, pgs. 4-5
  4. ^ Coghlan, Tom (2006-05-10). "Gangsta Rap, Afghan Style". BBC. Diakses tanggal 2007-03-06. 
  5. ^ Albone, Tim (2006-04-24). "Gangsta rapper of Kabul puts peace before guns 'n' girls". London: The Times. Diakses tanggal 2007-03-06. 
  6. ^ Saboor, Abdul (2006-05-16). "Afghan rapper wins fans with message of peace". Reuters. Diakses tanggal 2010-02-02. 
  7. ^ Yousafzai, Sami; Moreau, Ron (4 January 2013). "Susan Feroz: Afghanistan's First Female Rapper". Newsweek. 
  8. ^ Bloom, Deborah (October 12, 2015). "Afghan teen uses rap to escape forced marriage". CNN. Diakses tanggal October 23, 2015.