Musibah Challenger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
foto meledaknya challenger
Musibah pesawat ulang-alik Challenger
STS-51-L - Space Shuttle Challenger on the Crawler-Transporter.jpg
Challenger dibawa ke landasan peluncurannya sebelum meledak
Tanggal28 Januari 1986; 36 tahun lalu (1986-01-28)
Waktu11:39:13 EST (16:39:13 UTC)
LokasiSamudera Atlantik, lepas pantai Florida
28°38′24″N 80°16′48″W / 28.64000°N 80.28000°W / 28.64000; -80.28000Koordinat: 28°38′24″N 80°16′48″W / 28.64000°N 80.28000°W / 28.64000; -80.28000
HasilPenghentian armada Pesawat Ulang-alik selama hampir tiga tahun di mana berbagai tindakan keselamatan, desain ulang pendorong roket yang solid, dan kebijakan baru tentang pengambilan keputusan manajemen untuk peluncuran di masa depan diterapkan.
Tewas
PenyelidikanKomisi Rogers

Musibah Challenger merupakan kecelakaan fatal program luar angkasa Amerika Serikat yang terjadi pada Selasa, 28 Januari 1986. Pesawat ulang-alik Challenger meledak setelah 73 detik diluncurkan yang menyebabkan kematian tujuh awak astronaut. Para kru dijadwalkan untuk menempatkan satelit komunikasi dan mempelajari Komet Halley saat mereka berada di orbit. Pesawat hancur di atas Samudera Atlantik, lepas pantai Florida pada 11:38 EST (16:38 UTC).

Bencana itu disebabkan oleh kegagalan dua segel cincin-O yang berlebihan pada sambungan pendorong roket padat (SRB) kanan pesawat ulang-alik. Rekor suhu peluncuran yang rendah mengurangi elastisitas karet cincin-O sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyegel sambungan. Segel yang rusak menyebabkan kerusakan pada sambungan segera setelah lepas landas, yang memungkinkan gas bertekanan dari dalam BPRS untuk membakar melalui dinding ke tangki bahan bakar eksternal yang berdekatan. Hal ini menyebabkan pemisahan attachment belakang BPRS sebelah kanan dan kegagalan struktural tangki eksternal. Setelah ledakan, pengorbit, yang termasuk kompartemen kru, dipecah oleh kekuatan aerodinamis.

Dua SRB Pesawat Ulang-alik

Kompartemen awak dan banyak pecahan pesawat ulang-alik lainnya ditemukan di dasar laut setelah operasi pencarian dan pemulihan selama tiga bulan. Waktu pasti kematian kru tidak diketahui namun beberapa anggota awak diketahui selamat dari kehancuran awal pesawat ruang angkasa. Secara desain, pengorbit tidak memiliki sistem pelarian, dan dampak kompartemen awak pada kecepatan terminal dengan permukaan laut terlalu keras untuk dapat bertahan.

Kronologi[sunting | sunting sumber]

Challenger awalnya ditetapkan untuk meluncur dari Kennedy Space Center di Florida pada 2:42 (EST) pada 22 Januari. Namun, karena keterlambatan misi sebelumnya, STS-61-C, menyebabkan penundaan peluncuran yang semula 23 Januari berubah menjadi 24 Januari. Tetapi peluncuran dijadwal ulang jadi 25 Januari karena cuaca buruk di Abort Landing (TAL) di Dakar, Senegal. NASA memutuskan untuk menggunakan Casablanca sebagai tempat TAL, tetapi tempat itu tidak dilengkapi untuk pendaratan malam hari. Maka peluncuran harus pindah ke pagi (waktu Florida). Prediksi cuaca yang tidak menentu di Kennedy Space Center menyebabkan peluncuran akan dijadwalkan kembali 09:37 EST pada 27 Januari. Peluncuran ditunda keesokan harinya karena ada masalah dengan akses eksterior. Pada pagi 28 Januari, suhu luar biasa dingin sekitar 31 °F (-1 °C), di bawah suhu minimum yang diizinkan untuk peluncuran.

Bahaya peluncuran di suhu yang rendah ini telah diperingatkan oleh para insinyur. Beberapa insinyur, terutama Roger Boisjoly, telah menyuarakan keprihatinan serupa sebelumnya. Mereka mengungkapkan kekhawatiran mereka tentang pengaruh suhu pada ketahanan karet O-ring yang menyegel sendi SRBs. Salah satu argumen NASA ialah jika cincin-O utama gagal, maka cincin-O sekunder dapat digunakan. Namun hal ini tidak terbukti dan argumen tersebut melanggar kode etik keselamatan.

Selain itu, para insinyur Thiokol berpendapat bahwa semalam suhu rendah(18 °F (-8 °C) yang menyebabkan terdapat es yang berkemungkinan mengganggu proses take-off. Namun pendapat ini ditolak oleh manajemen Thiokol. Manajemen Thiokol sendiri dipengaruhi oleh desakan manajemen NASA agar pesawat ulang-alik meluncur sesuai jadwal.

Walaupun tim telah berusaha membersihkan es, insinyur di Rockwell International (kontraktor utama pesawat ulang-alik) masih menyatakan keprihatinan. Mereka takut bahwa selama peluncuran, es mungkin melayang menyerang ubin perlindungan termal pesawat karena dorongan dari jet gas buangan SRBs. Rocco Petrone, kepala divisi transportasi Rockwell, dan rekan-rekannya melihat situasi ini sebagai kendala peluncuran dan melaporkannya kepada manajer Rockwell di Cape Rockwell. Pemimpin manajemen misi, Arnold Aldrich, menunda peluncuran selama satu jam guna memberikan waktu untuk tim pembersih es. Setelah dikira bersih, Pesawat Ulang Alik Challenger meluncur pada jam 11:38 EST.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Bencana tersebut mengakibatkan jeda 32 bulan dalam program Pesawat Ulang-alik. Presiden Ronald Reagan membentuk Komisi Rogers untuk menyelidiki kecelakaan itu. Komisi tersebut mengkritik budaya organisasi dan proses pengambilan keputusan NASA yang berkontribusi pada kecelakaan itu. Data uji dari awal 1977 telah mengungkapkan potensi cacat bencana di O-ring BPRS. Baik NASA, maupun Morton Thiokol (produsen BPRS), tidak membahas atau memperbaiki masalah ini. Manajer NASA juga mengabaikan peringatan dari para insinyur tentang bahaya peluncuran dalam suhu dingin dan tidak melaporkan masalah teknis ini kepada atasan mereka. Sebagai akibat dari bencana tersebut, NASA mendirikan Kantor Keselamatan, Keandalan dan Jaminan Kualitas untuk mengatasi masalah keamanan dengan lebih baik, dan satelit komersial akan diluncurkan pada kendaraan peluncuran yang dapat dibuang dari pada dikerahkan dari pengorbit berawak. Untuk menggantikan Challenger, pembangunan Endeavour disetujui pada tahun 1987, dan pengorbit baru pertama kali terbang pada tahun 1992. Kemudian misi Space Shuttle diluncurkan dengan SRB yang didesain ulang, dan kru mengenakan setelan tekanan selama keluar dan masuk kembali ke atmosfer bumi.

Respon publik[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Gedung Putih[sunting | sunting sumber]

Presiden Ronald Reagan telah dijadwalkan untuk memberikan pidato kenegaraan pada 28 Januari 1986, malam bencana Challenger. Setelah berdiskusi dengan para pembantunya, Reagan menunda pidato kenegaraannya, dan berpidato kepada bangsa tentang bencana dari Oval Office.[1][2] Pada tanggal 31 Januari, Ronald dan Nancy Reagan pergi ke Johnson Space Center untuk berbicara di sebuah upacara peringatan penghormatan anggota kru. Selama upacara, sebuah band Angkatan Udara menyanyikan "God Bless America" ​​saat jet NASA T-38 Talon terbang langsung di atas tempat kejadian dalam formasi tradisional orang hilang.[3]

A group of spectators at a funeral
Presiden Reagan dan Ibu Negara Nancy Reagan (kiri) pada upacara peringatan tanggal 31 Januari 1986


Segera setelah bencana, politisi AS menyatakan keprihatinan bahwa pejabat Gedung Putih, termasuk Kepala Staf Donald Regan dan Direktur Komunikasi Pat Buchanan, telah menekan NASA untuk meluncurkan Challenger sebelum pidato kenegaraan 28 Januari yang dijadwalkan, karena Reagan telah merencanakan untuk menyebutkan peluncuran dalam sambutannya.[4][5] Pada bulan Maret 1986, Gedung Putih merilis salinan asli pidato kenegaraan. Dalam pidato itu, Reagan bermaksud menyebutkan eksperimen sinar-X yang diluncurkan pada Challenger dan dirancang oleh seorang tamu yang diundangnya ke alamat tersebut, tetapi dia tidak membahas lebih lanjut peluncuran Challenger.[5][6] Dalam pidato kenegaraan yang dijadwal ulang pada tanggal 4 Februari, Reagan menyebut anggota kru Challenger yang telah meninggal dan mengubah pernyataannya tentang eksperimen sinar-X sebagai "diluncurkan dan hilang".[7] Pada April 1986, Gedung Putih merilis laporan yang menyimpulkan bahwa tidak ada tekanan dari Gedung Putih bagi NASA untuk meluncurkan Challenger sebelum pidato kenegaraan.[4]

Liputan media[sunting | sunting sumber]

Liputan televisi nasional tentang peluncuran dan ledakan itu disediakan oleh CNN.[8] Untuk mempromosikan program "Teacher in Space" dengan McAuliffe sebagai anggota kru, NASA telah mengatur agar banyak anak-anak AS melihat peluncuran itu secara langsung di sekolah.[8][9] Minat pers terhadap bencana meningkat pada hari-hari berikutnya; jumlah reporter di KSC meningkat dari 535 pada hari peluncuran menjadi 1.467 reporter tiga hari kemudian.[10] Setelah kecelakaan itu, NASA dikritik karena tidak menyediakan personel kunci untuk pers.[11] Dengan tidak adanya informasi, pers menerbitkan artikel yang menyatakan bahwa tangki eksternal adalah penyebab ledakan.[10][12] Hingga 2010, siaran langsung CNN tentang peluncuran dan bencana adalah satu-satunya rekaman video di lokasi yang diketahui dari dalam jangkauan situs peluncuran. Rekaman amatir dan profesional tambahan telah tersedia untuk umum.[13][14][15]

Studi kasus teknik[sunting | sunting sumber]

Kecelakaan Challenger telah digunakan sebagai studi kasus untuk mata pelajaran seperti keselamatan teknik, etika pengungkapan rahasia, komunikasi dan pengambilan keputusan kelompok, dan bahaya pemikiran kelompok.[16] Roger Boisjoly dan Allan McDonald menjadi pembicara yang menganjurkan pengambilan keputusan di tempat kerja yang bertanggung jawab dan etika rekayasa.[17][18] Perancang informasi Edward Tufte berpendapat bahwa kecelakaan Challenger adalah hasil komunikasi yang buruk dan penjelasan yang terlalu rumit dari pihak insinyur, dan menyatakan bahwa menunjukkan korelasi suhu udara sekitar dan jumlah erosi cincin-O sudah cukup untuk mengomunikasikan potensi bahaya peluncuran cuaca dingin. Boisjoly membantah pernyataan ini dan menyatakan bahwa data yang disajikan oleh Tufte tidak sesederhana atau tersedia seperti yang dinyatakan Tufte.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lucas, Stephen E.; Medhurst, Martin J. (November 2008). Words of a Century: The Top 100 American Speeches, 1900–1999. Oxford University Press. ISBN 978-0-19-516805-1. 
  2. ^ "Address to the Nation on the Explosion of the Space Shuttle Challenger". Ronald Reagan Presidential Library. January 28, 1986. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2021. Diakses tanggal July 29, 2021. 
  3. ^ Bernard Weintraub (February 1, 1986). "Reagan Pays Tribute to 'Our 7 Challenger Heroes'". The New York Times. hlm. A1. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 1, 2017. Diakses tanggal February 12, 2017. 
  4. ^ a b Boyd, Gerald M. (April 4, 1986). "White House Finds no Pressure to Launch". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2021. Diakses tanggal August 11, 2021. 
  5. ^ a b Hunt, Terence (March 13, 1986). "NASA Suggested Reagan Hail Challenger Mission in State of Union". Associated Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2021. Diakses tanggal August 24, 2021. 
  6. ^ Logsdon, John M. (2018-11-26). Ronald Reagan and the Space Frontier (dalam bahasa Inggris). Springer. hlm. 283. ISBN 978-3-319-98962-4. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 4, 2021. Diakses tanggal November 21, 2020. 
  7. ^ Reagan, Ronald (February 4, 1986). "Address Before a Joint Session of Congress on the State of the Union – 1986". Ronald Reagan Presidential Library & Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 19, 2021. Diakses tanggal July 19, 2021. 
  8. ^ a b Escobedo, Tricia (March 31, 2016). "When a national disaster unfolded live in 1986". CNN. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 27, 2021. Diakses tanggal August 27, 2021. 
  9. ^ Wright, John C.; Dale Kunkel; Marites Pinon; Aletha C. Huston (Spring 1989). "How Children Reacted to Televised Coverage of the Space Shuttle Disaster". Journal of Communication. International Communication Association. 39 (2): 27. doi:10.1111/j.1460-2466.1989.tb01027.x. 
  10. ^ a b Harwood, William (1986). "Voyage into History; Chapter Six: The Reaction". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 4, 2006.  Archived by the Internet Archive on May 4, 2006.
  11. ^ Reinhold, Robert (January 29, 1986). "The Shuttle Explosion; At Mission Control, Silence and Grief Fill a Day Of Horror Long Dreaded". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 9, 2021. Diakses tanggal July 19, 2021. 
  12. ^ Browne, Malcolm W. (January 29, 1986). "How could it happen? Fuel Tank Leak Feared". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2021. Diakses tanggal August 30, 2021. 
  13. ^ Stevonec, Timothy (January 28, 2014). "Challenger Disaster Home Video Surfaces After 28 Years". The Huffington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 1, 2017. Diakses tanggal September 12, 2021. 
  14. ^ Stevonec, Timothy (May 1, 2012). "New Challenger Video: Rare Footage Of 1986 Disaster Uncovered". The Huffington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2018. Diakses tanggal September 12, 2021. 
  15. ^ Luscombe, Richard (February 4, 2010). "Challenger space shuttle disaster amateur video discovered". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 12, 2021. Diakses tanggal September 12, 2021. 
  16. ^ Boisjoly, Russell P.; Curtis, Ellen Foster; Mellican, Eugene (April 1989). "Roger Boisjoly and the Challenger Disaster: The Ethical Dimensions". Journal of Business Ethics. Springer. 8 (4): 217–230. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 27, 2021. Diakses tanggal August 27, 2021. 
  17. ^ Berkes, Howard (February 6, 2012). "Remembering Roger Boisjoly: He Tried To Stop Shuttle Challenger Launch". All Things Considered. NPR. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 30, 2015. Diakses tanggal July 27, 2021. 
  18. ^ Berkes, Howard (March 7, 2021). "Remembering Allan McDonald: He Refused To Approve Challenger Launch, Exposed Cover-Up". Obituaries. National Public Radio. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 2, 2021. Diakses tanggal August 27, 2021. 
  19. ^ Robison, Wade; Boisjoly, Roger; Hoeker, David; Young, Stefan (2002). "Representation and Misrepresentation: Tufte and the Morton Thiokol Engineers on the Challenger" (PDF). Science and Engineering Ethics. 8 (1): 59–81. doi:10.1007/s11948-002-0033-2. PMID 11840958. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal August 23, 2021. Diakses tanggal July 12, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]