Mushannaf Abdurrazzaq

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Mushannaf Abdurrazzaq (Arab: مصنف عبدالرزاق‎) adalah kitab koleksi hadits bagi Ahlusunnah Wal Jama'ah yang disusun oleh Imam Abdurrazzaq Ash-Shan'ani (nama lengkap: Abu Bakar Abdurrazzaq bin Hammam bin Nafi' al-Humairi al-Yamani Ash-Shan'ani)[1] yang wafat pada tahum 211 Hijriah. Kitab ini merupakan salah satu kitab periwayatan hadits yang pertama dalam sejarah islam. Kitab ini disusun sesuai dengan bab-bab fikih, dan kitab ini terbagi menjadi 31 bab fikih[2], yang terdapat di dalamnya 19.202 hadits. Dimulai dengan bab thaharah dan diakhiri dengan bab kitabain. Karena sangat penting, Imam adz-Dzahabi mendeskripsikan kitab ini sebagai khazanah keilmuan.

Di dalam mushannaf ini, tidak hanya diriwayatkan hadits-hadits marfu' saja, akan tetapi diriwayatkan hadits marfu' dan hadits maqthu', dan tidak ditetapkan hukum dari hadits-hadits tersebut. Sebagaimana banyak dari periwayatan gurunya Imam Mu'ammar dalam masalah-masalah yang berdampak kepadanya. Dan belum ditetapkan keshahihan periwayatan hadits dan penyampaiannya, dan diriwayatkan shahih, hasan dan dhaifnya. Adapun kelebihan kitab ini adalah tingginya derajat periwayat hadits.

Kitab ini diriwayatkan kepada Ishaq bin Ibrahim ad-Dabari, Ibrahim bin Manshur ar-Ramdadi, Muhammad bin Yusuf al-Judzaqi dan Muhammad bin 'Ali an-Najar. Sedangkan Ibnu Mufarraj al-Andalusi melakukan pembenaran huruf-huruf yang ia dapatkan dari Ishaq bin Ibrahim ad-Dabari. Dan pada masa sekarang ini, Habiburrahman al-A'zhami melakukan tahqiq atas kitab ini, dan Percetakan Al-Maktab al-Islami di Beirut, Lebanon memulai percetakan sesuai dengan tahqiq al-A'zhami. Dalam sebuah penilitian ilmiah dengan judul Zawaid Abdurrazzaq 'ala al-Kutub as-Sittah yang menyatakan bahwa lembar pertama dari kitab ini telah hilang, yang terdapat di dalamnya sejumlah 5 hadits.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://shamela.ws/index.php/book/13174 مصنف عبد الرزاق الصنعاني ترجمة المؤلف: عبد الرزاق الصنعاني
  2. ^ ملخص عن كتاب: مصنف عبد الرزاق

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Unduhan[sunting | sunting sumber]