Muqaddimah Ibnu Ash-Shalah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Introduksi Ibnu ash-Shalah dalam Ilmu Hadis atau Muqadimmah Ibnu Ash-Shalah adalah sebuah kitab yang ditulis oleh Ibnu ash-Shalah mengenai pengenalan ilmu hadis, istilah-istilahnya dan dasar-dasar pengevaluasian perawi hadis (Ilmu ar-Rijal/Al-Jarh wa Ta'dil).

Kitab Al-Muqadimmah terdiri atas 65 bab yang membahas hal-hal berkenaan dengan hadis. 33 bab yang pertama menjelaskan berbagai istilah teknis dalam terminologi hadis yang memaparkan keadaan atau keontetikan hadis. Bab-bab berikutnya membahas tentang isnad/sanad (rantai periwayatan hadis). Juga dibahas mengenai etika seorang ahli hadis dan adab dalam mentranskripsi hadis. Bab terakhir membahas berbagai hal lain berkenaan dengan perawi hadis dan kaidah penamaan.

Ibnu Shalah memulai kitab Muqadimmah-nya ini sebagai bagian dari kuliahnya terhadap murid-muridnya di Damaskus hingga tahun 1233 M. Modul ini kemudian menerima banyak perhatian dari para penulis berikutnya yang menjelaskan, meringkas atau menjadikannya syair. Kitab ini menjadi panutan bagi buku-buku yang terbit setelahnya dalam pembahasan ilmu hadis.