Museum Sadurengas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Sadurengas

Museum Sadurengas adalah museum yang terletak di jalan Keraton Paser Belengkong, Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Museum ini menempati bangunan bekas rumah salah satu Sultan Paser, yaitu Aji Tenggara pada tahun 1844-1873 dengan lahan sekitar 1 ha. Pada awal abad 19, bangunan ini juga menjadi Istana Kesultanan oleh Sultan Ibrahim Khaliludin. Bangunannya membentuk rumah panggung yang dalam bahasa Paser disebut "Kuta Imam Duyu Kina Lenja" yang berarti rumah kediaman pemimpin yang bertingkat.

Dalam kompleks ini dapat ditemukan makam para raja dari Kerajaan Sadurengas dan di sekitar pemakaman terdapat sebuah batu yang disebut "Batu Kilan" yang dipercaya masyarakat sekitar untuk mengetahui nasibnya.

Museum ini mempunyai koleksi berbagai benda kuno bukti peninggalan sejarah Kesultanan Paser, seperti tempayan/guci kuno peninggalan Dinasti Yuan abad ke 12-13 M, alat rumah tangga, alat-alat kesenian, dan pakaian Kesultanan Paser.

Kunjungan[sunting | sunting sumber]

Waktu untuk berkunjung ke Museum ini pada hari Senin sampai Jumat, pada pukul 07.00 sampai 15.00. Harga tiket masuk di museum ini adalah sukarela. Sarana yang ada pada museum ini adalah ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, dan toilet. Untuk bisa mencapai museum ini dari dari Bandara Sepinggan ke museum menempuh jarak 200 km, dari Pelabuhan Semayang ke museum menempuh jarak 80 km, dan dari Terminal Kota Tanah Grogot ke museum menempuh jarak 5 km.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Direktori Museum Indonesia. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. hlm. 553–555.