Museum Makam Kuno Luoyang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Revisi per 25 September 2012 12.35 oleh Bennylin (bicara | kontrib) (menambahkan Kategori:Makam menggunakan HotCat)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Makam Han Timur di dalam museum
Lukisan dinding Dinasti Han Timur di dalam museum

Museum Makam Kuno Luoyang (洛阳古墓博物馆, pinyin: Luoyang gumu bowuguan) adalah sebuah museum yang mempersembahkan makam kuno di Luoyang, di propinsi Henan, Cina.

Museum itu dibangun pada tahun 1984 dan dibuka untuk umum pada tahun 1987.[1] Berlokasi di Bukit Mang (邙山; pinyin: Mangshan), di sisi timur Desa Zhongtou, sekitar 10 km (6 mil) utara[2] kota Luoyang. Luas lokasi tersebut sebesar 3 hektar.[3] Mangshan, dimana museum tersebut berlokasi, adalah sebuah bukit sekitar 300 meter di atas laut yang historisnya adalah sebuah tempat pemakaman.[1]

Pameran-pameran

Museum itu terdiri dari dua bagian: sebuah ruangan bawah tanah dan sebuah ruangan atas. Bagian atas terdiri dari gerbang gaya Dinasti Han dan beberapa ruangan. Model-model makam yang berasal dari Zaman Batu sampai dengan Dinasti Han, benda-benda upacara pemakaman yang telah diperbaiki dan dipajang di ruangan timur.

Bagian bawah tanah terdiri dari sekelompok makam yang berada sekitar 7 meter dari bawah tanah dan mengandung 22 makam dari propinsi Henan. Tempat tersebut dibagi kedalam tiga ruangan: ruangan dinasti-dinasti Wei dan Jin, ruangan dinasti-dinasti Han Barat dan Han Timur, dan ruangan dinasti-dinasti Tang dan Song.[3]

Makam Kaisar Xuanwu dari Wei Utara (483-515) adalah bagian dari Museum tersebut. Luoyang adalah ibukota dari Dinasti Wei Utara dari tahun 493 sampai 534.

Lihat pula

Referensi

Pranala luar