Museum Makam Kuno Luoyang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Makam Han Timur di dalam museum
Lukisan dinding Dinasti Han Timur di dalam museum

Museum Makam Kuno Luoyang (洛阳古墓博物馆, pinyin: Luoyang gumu bowuguan) adalah sebuah museum yang mempersembahkan makam kuno di Luoyang, di provinsi Henan, Cina.

Museum itu dibangun pada tahun 1984 dan dibuka untuk umum pada tahun 1987.[1] Berlokasi di Bukit Mang (邙山; pinyin: Mangshan), di sisi timur Desa Zhongtou, sekitar 10 km (6 mil) utara[2] kota Luoyang. Luas lokasi tersebut sebesar 3 hektare.[3] Mangshan, dimana museum tersebut berlokasi, adalah sebuah bukit sekitar 300 meter di atas laut yang historisnya adalah sebuah tempat pemakaman.[1]

Pameran-pameran[sunting | sunting sumber]

Museum itu terdiri dari dua bagian: sebuah ruangan bawah tanah dan sebuah ruangan atas. Bagian atas terdiri dari gerbang gaya Dinasti Han dan beberapa ruangan. Model-model makam yang berasal dari Zaman Batu sampai dengan Dinasti Han, benda-benda upacara pemakaman yang telah diperbaiki dan dipajang di ruangan timur.

Bagian bawah tanah terdiri dari sekelompok makam yang berada sekitar 7 meter dari bawah tanah dan mengandung 22 makam dari provinsi Henan. Tempat tersebut dibagi kedalam tiga ruangan: ruangan dinasti-dinasti Wei dan Jin, ruangan dinasti-dinasti Han Barat dan Han Timur, dan ruangan dinasti-dinasti Tang dan Song.[3]

Makam Kaisar Xuanwu dari Wei Utara (483-515) adalah bagian dari Museum tersebut. Luoyang adalah ibu kota dari Dinasti Wei Utara dari tahun 493 sampai 534.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]