Museum Keris Nusantara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Museum Keris)

Museum Keris Nusantara merupakan sebuah museum yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman sejak 2013 lalu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada tanggal 9 Agustus 2017. Museum Keris berada di lokasi eks gedung Rumah Sakit Jiwa Mangunjayan, dan direncanakan akan menyatu dengan ruang terbuka hijau (RTH) di kawasan Stadion R Maladi Sriwedari. Museum Keris dibangun dengan program Tugas Pembantuan, yang pelaksanaannya dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta (sekarang Dinas Kebudayaan)[1]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Museum Keris Nusantara menyimpan sekitar 409 koleksi keris berbagai jenis dan ukuran. Museum ini juga mengkoleksi 38 tombak dan benda-benda pusaka bersejarah lainnya, dilengkapi dengan video visual mengenai perjalanan keris di indonesia dan juga ruangan sebagai pusat pembelajaran keris bagi pengunjung. Keris sudah di tetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya non bendawi.[2] Terdapat juga beberapa senjata tradisional dari luar Jawa [3] Dari keseluruhan koleksi keris, terdapat 233 keris dan tombak yang dipajang. Sisanya disimpan dan akan dipajang secara bergiliran setiap tiga bulan.[4]

Ruang[sunting | sunting sumber]

Ruang Museum Keris Nusantara terdiri dari 4 lantai, lantai 1 atau Wedharing Wacana mulai dari Pintu Utama, Loket, Informasi, Kantor dan Ruang Audio. Lantai 2 Purwaning Wacana memiliki Ruang Pamer, Ruang Bermain Anak, Ruang Restorasi Keris, dan Perpustakaan. Lantai 3 Cipta Adiluhung terdapat Ruang Diorama, dan Rest Area, serta Lantai 4 yaitu Ruang Kreativitas dan Storage.[5]

Beranjak memasuki ruangan di lantai pertama museum, pengunjung bisa mengisi daftar tamu sebagai administrasi. Selain itu, ada pula papan informasi penyebaran senjata di dunia.

Naik ke lantai II yang diberinama purwaning wacana, tempat ini adalah sumber literasi bab perkerisan. Sejumlah keris hibah dipajang berdampingan dengan informasi tentang eksistensi keris di masyarakat dan pengertian anatomi keris. Di setiap keris yang terpajang, pengelola juga memasang keterangan berupa jenis, dhapur, pamor, tangguh, warangka, pendhok, mendak, ukiran, serta asal koleksi.

Jika dijabarkan, dhapur adalah ragam bentuk atau tipe keris. Pamor artinya pengertian gambaran tertentu berupa garis, lengkung, lingkaran, noda, titik, atau motif pada permukaan bilah keris.Tangguh berarti taksiran atau perkiraan zaman dan tempa pembuatan bilah keris serta gaya pembuatannya. Untuk jenis keris, sebutannya adalah luk alias memiliki lekuk dan bener yang bentuknya lurus. Selain itu ada kadga dan bethok yang berbentuk mirip pisau.

Beranjak ke lantai III, pengunjung bisa melihat diorama proses pembuatan keris dimasa Candi Borobudur dan Candi Sukuh. Ada pula gambaran rangkaian sesaji pembuatan keris yang dahulu dilakukan oleh para empu. Diorama yang sangat nyata itu seakan membuat pengunjung menyaksikan pembuatan keris sebenarnya.

Tengok pula patung pria berpakaian adat Jawa yang menampilkan tata krama dan tata busana saat membawa keris. Di setiap aktivitas, keris diletakkan di titik berbeda. Terakhir di lantai IV menjadi tempat penyimpanan artefak keris. Di lantai ini pula terpajang keris hibah Masyarakat Perkerisan Indonesia untuk Presiden Joko Widodo. Keris tersebut ber-luk lima sebagai simbol pancasila. Warangka-nya berwarna merah sebagai penanda kebangsawanan.[6]

Anggota tim kurator Museum Keris Nusantara, Agus Triatmodjo, mengungkapkan beberapa koleksi keris di museum tersebut merupakan karya masterpiece yang diperkirakan berusia ratusan tahun. "Di sini ada yang dibuat sejak abad 8-9. Ada tangguh Budha, Singosari, Majapahit. Mataram juga banyak di sini," ungkap Agus. Keris-keris tersebut secara keseluruhan merupakan hibah dan pinjaman dari masyarakat. Nama pemberi hibah dicantumkan dalam keterangan keris.[4]

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

  • Arah bangunan : Museum Keris Nusantara terdiri dari empat lantai ditambahkan basement untuk menampung kendaraan pengunjung. Arah bangunannya unik, tidak seperti bangunan lain di sekitar museum yang rata-rata mengarah ke barat, timur atau selatan, Museum Keris malah mengarahkan ke barat laut.
  • Bernuansa Asli Jawa : Selain bangunan yang arahnya nyeleneh, museum ini juga kental dengan nuansa Jawanya. Mulai dari patung buto yang menjadi penjaga pintu masuk, ornamen ruangan, bahkan ucapan selamat datang saja menggunakan Bahasa Jawa.
  • Backsound Gending Jawa : tidak seperti tempat wisata lain yang sering memperdengarkan musik-musik populer, misalkan dangdut atau lagu kekinian. Museum Keris Nusantara ini memperdengarkan irama gending Jawa yang terdengar magis. Mengingatkan kalian tentang tarian Jawa yang lemah gemulai namun memiliki nilai seni yang tinggi.
  • Menyimpan Koleksi Keris Joko Widodo : Dari sekian ratus koleksi pusaka yang dimiliki oleh Museum baik keris maupun tombak. yang paling menarik perhatian adalah keris yang dimiliki oleh Joko Widodo. Keris ini memang khusus dihibahkan kepada Museum. Kalian dapat menemukannya di lantai paling atas Museum. Di letakkan di tempat terpisah dengan yang lain menggunakan pembatas berwarna merah. Konon, keris ini berharga miliaran rupiah.
  • Mendapatkan Penghargaan dari UNESCO : UNESCO merupakan badan internasional yang mengurusi masalah budaya. Dengan bangga Museum Keris Nusantara ini mendapatkan sertifikat dari UNESCO karena memiliki sudah menghargai dan menjaga kekayaan budaya lokal. Itulah Museum Keris Nusantara yang menjadi destinasi wisata baru kota Solo yang sangat layak untuk dikunjungi untuk menambah pengetahuan kalian tentang warisan budaya bangsa Indonesia yang hebat.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Museum Keris Nusantara Diresmikan oleh Jokowi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-06. 
  2. ^ "Museum Keris Nusantara". Dinas Pariwisata Solo. Diakses tanggal 2020-06-17. 
  3. ^ Isnanto, Bayu Ardi. "Koleksi Museum Keris Nusantara di Solo Mayoritas dari Jawa". detikcom.  Tidak memiliki parameter |last1= di Authors list (bantuan)
  4. ^ a b Isnanto, Bayu Ardi (2017-08-10). "Koleksi Museum Keris Nusantara di Solo Mayoritas dari Jawa". detikcom. Diakses tanggal 2020-06-17. 
  5. ^ "Wisata di Solo: Museum Keris Nusantara". 
  6. ^ "Belajar Tentang Keris Di Museum Keris". Dinas Pariwisata Solo. Diakses tanggal 2020-06-17. 
  7. ^ Times, I. D. N.; Seta, Layang (2019-05-19). "5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara". IDN Times. Diakses tanggal 2020-06-17.