Museum Fansuri Situs Bongal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Museum Fansuri Situs Bongal merupakan museum swasta yang dikelola oleh Sultanate Institute, sebuah lembaga penelitian yang berada dibawah naungan PT Media Literasi Nesia. Museum yang berlokasi di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah ini diresmikan pada tanggal 23 Syawal 1444 H atau 13 Mei 2023 M.

Museum Fansuri Situs Bongal[sunting | sunting sumber]

Sebagai wujud kepedulian atas kontribusi hasil penelitian arkeologi Situs Bongal di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Tapanuli Tengah, PT Media Literasi Nesia berkomitmen melakukan upaya konservasi dengan menghadirkan berdirinya Museum Fanshuri Situs Bongal.

Upaya ini ditempuh dengan tujuan, data-data arkeologis Situs Bongal dapat di katalogisasi dan dirawat dengan baik. Sehingga dari data arekologis yang ada dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat.

Di masa mendatang, Museum Fanshuri Situs Bongal di harapkan dapat memenuhi perannya sebagai pusat edukasi bagi masyarakat lokal maupun bagi para peneliti lanjutan yang berminat melakukan kerja-kerja riset, baik dari kalangan Akademisi, Mahasiswa, Pelajar dan khalayak umum.

Upaya PT Media Literasi Nesia ini hanyalah upaya kecil dalam merajut kebesaran data historis Negeri ini. Semoga upaya kecil ini dapat bermanfaat bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan di Indonesia dan berdampak positif bagi Peradaban Bangsa.