Murad Bey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Murad Bey (1853-1914) ialah wartawan dan sejarawan yang dikenal dengan julukan Mizanji sesuai nama surat kabarnya al-Mizan.

Dilahirkan di Taflis dan menempuh studi di Kekaisaran Rusia lalu diutus ke negara Usmaniyah, bekerja sebagai pengajar sejarah di Sekolah Kesultanan pada masa Sultan Abd-ul-Hamid II dan mulai terkenal. Ia mahir berbahasa Rusia dan Prancis di samping bahasa ibunya Turki.

Ia bekerja sebagai tenaga administratif pada Dewan Umum untuk waktu yang lama. Ia melarikan diri ke Mesir di samping Eropa karena menentang Sultan Abd-ul-Hamid II, namun kembali ke Istambul dan menjadi anggota Syura Negara. Saat di Eropa, ia menerbitkan surat kabarnya al-Mizan.

Saat kembali ke negerinya ia menerbitkan surat kabar itu dengan ‘baju’ yang lain. Ia menentang gerakan Persatuan dan Kemajuan dan karena itu para anggotanya mencibirnya sebagai penyebab Peristiwa 31 Maret, dan bekerja buat kepentingan Sultan Abd-ul-Hamid II. Maka sempurnalah pengasingan Murad Bek, namun setelah itu ia kembali ke Istambul sampai saat kematiannya dan dimakamkan di sana. Ia telah menulis buku Sejarah Umum yang terbagi menjadi 6 jilid, di samping buku lainnya Sejarah Utsmani. Sebelum Revolusi 1908 telah menulis 2 buku di samping buku lain, yakni Tarikh Abul Faruq, yakni buku sejarah yang terpisah tentang Kesultanan Utsmaniyah yang hanya diterbitkan sebanyak 6 jilid.