Munguk erasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Munguk erasia
Suara nyanyian burung munguk eurasia yang direkam di Surrey, Inggris
Suara panggilan burung munguk eurasia yang direkam di Surrey, Inggris
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Sitta europaea

Peta persebaran     Wilayah asli
Telur

Sitta europaea atau munguk Erasia adalah burung pengicau kecil yang ditemukan di seluruh Palearktik dan di Eropa. Seperti burung munguk lainnya, ia adalah burung berekor pendek dengan paruh panjang, paruh biru keabu-abuan, dan garis mata hitam. Ini adalah burung vokal dengan panggilan dwip keras berulang. Ada lebih dari 20 subspesies dalam tiga kelompok utama; burung di bagian barat kisaran memiliki bagian bawah oranye-kuning dan tenggorokan putih, yang di Rusia memiliki bagian bawah keputihan, dan yang di bagian timur memiliki penampilan yang mirip dengan burung Eropa, tetapi tidak memiliki tenggorokan putih.

Habitatnya yang disukai adalah hutan gugur tua atau hutan campuran dengan pohon-pohon besar dan tua, lebih disukai pohon ek. Pasangan memegang wilayah permanen, dan bersarang di lubang pohon, biasanya sarang burung pelatuk, tetapi kadang-kadang rongga alami. Jika pintu masuk ke lubang terlalu besar, betina diplester dengan lumpur untuk mengurangi ukurannya, dan sering melapisi bagian dalam rongga juga. Telur putih berbintik 6-9 diletakkan di dasar pinus atau serpihan kayu lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Sitta europaea". 2018: e.T103879804A132199203. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T103879804A132199203.en. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]