Mulgrew Miller

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mulgrew Miller
Miller, 2004
Miller, 2004
Informasi latar belakang
Lahir13 Agustus, 1955
Greenwood, Mississippi, A.S.
Meninggal29 Mei 2013(2013-05-29) (umur 57)[1]
Allentown, Pennsylvania, A.S.
GenreJazz
PekerjaanMusisi, komposer, pengajar
InstrumenPiano
Tahun aktif1970s–2013
LabelLandmark, Novus, Maxjazz
Artis terkaitArt Blakey, Woody Shaw, Tony Williams

Mulgrew Miller (13 Agustus 1955 – 29 Mei 2013) adalah seorang pianis, komposer, dan pendidik jazz Amerika. Sebagai seorang anak dia bermain di gereja dan dipengaruhi oleh piano oleh Ramsey Lewis dan kemudian Oscar Peterson. Aspek gaya mereka tetap ada dalam permainannya, tetapi dia menambahkan kebebasan harmonis yang lebih besar dari McCoy Tyner dan lainnya dalam mengembangkan sebagai pemain hard bop dan kemudian dalam menciptakan gayanya sendiri, yang mempengaruhi orang lain dari tahun 1980-an di.

Gaya Miller berkembang melalui permainan dengan serangkaian tokoh jazz ternama. Setelah meninggalkan universitas dia menjadi pianis dengan Duke Ellington Orchestra selama tiga tahun, kemudian mengiringi vokalis Betty Carter. Tiga tahun menjalankan tugas dengan pemain terompet Woody Shaw dan diikuti oleh Jazz Messenger dari drummer Art Blakey, pada akhirnya Miller membentuk bandnya sendiri dan mulai merekam dengan namanya sendiri. Dia kemudian menjadi bagian dari kuintet drummer Tony Williams dari yayasannya, sambil terus bermain dan merekam dengan banyak pemimpin lain, kebanyakan dalam kelompok kecil. Miller adalah Direktur Studi Jazz di Universitas William Paterson dari tahun 2005, dan terus bermain dan tur internasional dengan tokoh-tokoh terkenal lainnya dalam musik sampai kematiannya akibat stroke pada usia 57 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dockery, Ben (September 9, 2008) "Mulgrew Miller – Stressing Conceptual Clarity" Diarsipkan 2013-11-04 di Wayback Machine.. Chicago Jazz Magazine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]