Mukachevo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mukachevo
Мукачево
Kota
Balai kota Mukachevo
Balai kota Mukachevo
Bendera Mukachevo
Bendera
Lambang Mukachevo
Lambang
Negara
Oblast
Dewan
 Ukraina
Oblast Zakarpattia
Dewan kota Mukacheve
Pendirian 896
Pemerintahan
 • Wali kota Andriy Baloha[1]
Luas
 • Darat 27,9 km2 (108 sq mi)
Ketinggian 125 m (410 ft)
Penduduk (2016)
 • Total 86.339
 • Kepadatan 3.187/km2 (8,250/sq mi)
Zona waktu CET (UTC+1)
 • Musim panas (DST) CEST (UTC+2)
Kode pos 89600
Kode wilayah +380 3131
Iklim Cfb
Situs web Dewan Kota Mukachevo

Mukachevo (bahasa Ukraina: Мукачево, Rusyn: Мукачево, bahasa Hongaria: Munkács, bahasa Slowakia: Mukačevo, bahasa Ceko: Mukačevo) adalah sebuah kota yang terletak di lembah Sungai Latorica di Oblast Zakarpattia, Ukraina barat. Kota ini merupakan pusat pemerintahan Distrik Mukacheve, tetapi kota ini tidak termasuk ke dalam raion tersebut dan memiliki status tersendiri yang setara dengan raion yang terpisah. Pada tahun 2016, diperkirakan jumlah penduduknya mencapai 86.339 jiwa.

Kota ini merupakan tempat pemberhentian akhir jalur kereta api dan memiliki industri bir, wine, tembakau, makanan, tekstil, kayu, dan furnitur. Pada masa Perang Dingin, kota ini menjadi tempat berdirinya Lapangan Udara Mukachevo dan Stasiun Radar Mukachevo.

Mukachevo merupakan "benteng" bahasa Rusyn, dan 77,1% warga di Mukachevo menyatakan diri sebagai bagian dari etnis Ukraina.[2] Terdapat pula beberapa kelompok minoritas di kota ini, yaitu orang Rusia (9,0%), Hongaria (8,5%), Jerman (1,9%), dan Rumania (1.4%).[2]

Sebelum meletusnya Perang Dunia II, kota ini merupakan kota Yahudi karena setengah penduduknya adalah orang Yahudi, sementara sisanya adalah orang Hongaria, Slowakia, dan minoritas-minoritas lainnya. Namun, selama peristiwa Holocaust, orang-orang Yahudi di Mukachevo dideportasi ke Auschwitz. Seusai perang, kota ini menjadi wilayah Uni Soviet.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]