Muhammad Sadiq al-Sadr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muhammad al-Sadr
سید مُحمّد صادق الصدر
Informasi pribadi
Lahir(1943-03-23)23 Maret 1943
Meninggal19 Februari 1999(1999-02-19) (umur 55)
AgamaIslam
DenominasiSyiah Dua Belas Imam
MazhabUsuli
Pemimpin Muslim
LokasiNajaf, Iraq
PendahuluMohammad Baqir al-Sadr
PenerusMohammad Yaqoobi
KedudukanGrand Ayatollah

Ayatollah Agung Sayyid Muhammad-Sadiq al-Sadr (Arab: محمد محمّد صادق الصدر; lahir 23 Maret 1943 – 19 Februari 1999) adalah seorang Syiah Irak terkemuka marja'. Ia menyerukan reformasi pemerintahan dan pembebasan para pemimpin Syiah yang ditahan. Pertumbuhan popularitasnya, yang sering disebut sebagai pengikut Hawza yang vokal, juga membuatnya bersaing dengan para pemimpin Syiah lainnya, termasuk Ayatollah Mohammed Baqir al-Hakim yang diasingkan di Iran.

Biografi[sunting | sunting sumber]

al-Sadr lahir dari pasangan Muhammad Sadiq al-Sadr (1906-1986), cucu dari Ismail al-Sadr, bapak leluhur dari keluarga [[Sadr (nama)] al-Sadr di Lebanon, dan sepupu pertama dari Muhammad Baqir al-Sadr dan Amina al-Sadr.

Setelah Perang Teluk, kaum Syi'ah di Irak Selatan melakukan pemberontakan terbuka. Sejumlah provinsi menggulingkan entitas Baath dan memberontak terhadap Saddam Hussein dan Partai Baath. Kepemimpinan pemberontakan Syiah serta doktrin Syiah di Irak terpecah antara Ayatollah Ali al-Sistani dan Ayatollah Muhammad Sadiq Al-Sadr. Al-Sadr, yang berbasis di Baghdad, menarik kaum Syi'ah yang lebih muda dan lebih radikal dari daerah-daerah yang lebih miskin di Irak Selatan. Kaum Syi'ah melakukan perjalanan ke Baghdad dari daerah-daerah miskin untuk bergabung dengan Al-Sadr dan kepemimpinan Syi'ahnya. Daerah tempat Al-Sadr berkhotbah dan diduduki oleh kaum Syi'ah yang miskin ini kemudian dikenal sebagai "Perkampungan Revolusi". Di perkampungan ini, Sadr membentuk jaringan rahasia pengikut setia dan ia menjadi tokoh yang semakin menonjol dalam kancah politik Irak.

Sebagai hasil dari pencabutan hak dan penindasan terhadap kaum Syi'ah di Irak dan kesetiaan penduduk setempat, Saddam Hussein dan pemerintahan Partai Ba'ath tidak dapat mengendalikan Kota Revolusi pada tingkat lingkungan. Kurangnya kontrol mereka membatasi kemampuan mereka untuk mempengaruhi basis kekuatan al-Sadr dan kesetiaan para pengikutnya. Kota Revolusi berganti nama menjadi Kota Sadr.

Seiring dengan bertambahnya kekuasaannya, al-Sadr semakin terlibat dalam politik setelah Perang Teluk, dan sepanjang tahun 1990-an, ia secara terbuka menentang Saddam. Dia mengorganisir kaum Syi'ah yang miskin di Kota Sadr, julukan lain untuk ghetto Syi'ah yang miskin di Baghdad, untuk melawan Saddam dan Partai Baath. Sadr mendapatkan dukungan dari kaum Syi'ah dengan menjangkau desa-desa kesukuan dan menawarkan layanan kepada mereka yang tidak akan diberikan oleh rezim Hussein. Saddam mulai menindak tegas para pemimpin Syi'ah pada akhir tahun 1990-an dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas Irak.

Beberapa saat sebelum kematiannya, al-Sadr diberitahu tentang kesabaran Saddam yang terbatas terhadapnya. Sebagai pembangkangan, al-Sadr mengenakan kain kafan kematiannya pada khotbah Jumat terakhirnya untuk menunjukkan bahwa kaum Syi'ah tidak akan terintimidasi oleh penindasan Saddam dan bahwa Sadr akan mengkhotbahkan kebenaran meskipun itu berarti kematiannya sendiri. Dia kemudian terbunuh saat meninggalkan masjid di kota Najaf, Irak, bersama dengan dua putranya saat mereka berkendara melalui kota tersebut.[1][2] Mobil mereka disergap oleh beberapa orang, dan kedua putranya terbunuh oleh tembakan, sementara dia terluka parah. Dia meninggal satu jam kemudian di rumah sakit. Kaum Syi'ah di Irak, dan juga sebagian besar pengamat internasional, mencurigai pemerintah Baath Irak terlibat dalam, jika tidak secara langsung bertanggung jawab atas pembunuhan mereka. Kemarahan terhadap, antara lain, keterlibatan pemerintah dalam kematian Sadr membantu memicu Pemberontakan Syiah di Irak 1999.

Setelah invasi Baghdad tahun 2003, daerah pinggiran Kota Revolusi (Kota Saddam) yang mayoritas penduduknya Syiah, secara tidak resmi namun populer berganti nama menjadi Kota Sadr untuk menghormatinya. Kota Sadr adalah bagian pertama dari Baghdad yang menggulingkan Partai Baath pada tahun 2003.

Putra Mohammad al-Sadr, Muqtada al-Sadr, saat ini menjadi pemimpin gerakan Sadrist dan mendasarkan legitimasinya pada hubungannya dengan ayahnya. Ia memimpin pemberontakan gerilya melawan pasukan Koalisi dan pemerintah Irak yang baru sebagai bagian dari Pemberontakan Irak (2003-11) antara tahun 2004 dan 2008.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Al-Islam wal-Mithaq al-Alimiyah lil-Huquq al-Insan (Islam dan Kovenan Internasional tentang Hak Asasi Manusia)
  • Ma Wara al-Fiqh (Ada apa di balik Yurisprudensi)
  • Fiqh al-Asha'ir (Yurisprudensi Suku)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berman, Eli (2011). Radical, Religious and Violent. MIT Press. hlm. 56. ISBN 9780262258005. 
  2. ^ Jehl, Douglas (22 February 1999). "Assassination of Shiite Cleric Threatens Further Iraqi Unrest". The New York Times. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]