Motor Scout

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Motor Scout buatan Simms, pada bulan Juni tahun 1899.

Motor Scout merupakan kendaraan mesin bertenaga bensin dengan senjata pertama yang pernah dibangun. Kendaraan ini merupakan cikal bakal tank yang kita kenal saat ini.

Kendaraan ini tidak pernah dimaksudkan untuk beroperasi diatas jalan off-road ataupun untuk penyerbuan, tetapi kendaraan ini dirancang untuk memberikan tembakan dukungan kepada infanteri dan kavaleri di jalanan mulus ataupun beraspal.[1]

Kendaraan ini dirancang dan dibangun oleh penemu Inggris F. R. Simms pada tahun 1898. Dia memasang senapan mesin Maxim standar mark IV di atas roda depan quadricycle. Maxim memiliki kapasitas 1000 butir amunisi, dan amunisi tersebut ditempatkan di tempat kedua pada belakang pengendara. Pengemudi akan mengoperasikan senapan mesin. Kendaraan ini dipasangi perisai besi di depan untuk melindungi pengemudi.

Kendaraan ini bermesin Patent Automatic Petrol Motor buatan Simms yang bertenaga 1,5 tenaga kuda dengan sistem pengapian magnet-listrik buatan Simms. Tangki standar berisi bahan bakar yang cukup untuk 120 mil. Motor Scout bisa diubah ke quadricycle berkursi dua. Quadricycle juga dapat dibeli tersedia tanpa tambahan senjata untuk keperluan non-militer laiknya kendaraan berkursi dua biasa dengan harga £120.[2]

Namun, kendaraan berikutnya yang dirancang oleh Simms, Motor War Car-lah yang baru dianggap sebagai mobil lapis baja benar-benar pertama di dunia .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ page 761, The Autocar, 26 August 1899
  2. ^ page 113, Catalogue, Automobile Club Show, Richmond, June 1899

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Macksey, Kenneth (1980). Guinness Book of Tank Fakta dan Prestasi. Guinness Superlatif Terbatas, ISBN 0-85112-204-3.