Monumen Padang Area

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Monumen Padang Area

Monumen Padang Area adalah monumen peringatan yang terletak di Simpang Haru, Kota Padang. Monumen ini mulai dibangun pada tahun 1991 dan selesai pada tahun 1992. Bentuknya berupa lidah api yang menyala, dihiasi relief yang menceritakan perjuangan rakyat Kota Padang pada masa penjajahan Belanda.

Pada Mei 2016, Pemerintah Kota Padang telah melakukan pembenahan dan renovasi di area monumen, di antaranya menambah tulisan “Tugu Padang Area” dan menambah taman hias di sekelilingnya.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa revolusi kemerdekaan, lokasi tempat monumen ini berdiri merupakan tempat pecahnya perang melawan sekutu Belanda oleh para pelajar dan masyarakat di sekitar Simpang Haru. Penyerangan pertama memicu penyerangan-penyerangan lainnya dan gejolak perjuangan di Kota Padang melawan sekutu Belanda yang masuk ke Kota Padang.

Nama lainnya[sunting | sunting sumber]

Monumen Padang Area ini memiliki banyak nama yang berbeda-beda di masyarakat Kota Padang di antaranya: Tugu Simpang Haru, Tugu Padang Area, Tugu Api, dan Tugu Tigo Tungku Sajarangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Tugu Tali Nan Tigo Sapilin; Monumen Perjuangan Kota Padang di Tengah Hiruk Pikuk Jalanan - infoSumbar". www.infosumbar.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-12.