Kamardy Arief

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kamardy Arief
Lahir14 Agustus 1932 (umur 87)
Bendera Belanda Muaralabuh, Solok Selatan, Hindia Belanda
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
PekerjaanEkonom, bankir
Dikenal atasDirektur Utama BRI
Suami/istriAns Warnida

Kamardy Arief (lahir di Muaralabuh, Solok Selatan, Sumatra Barat, 14 Agustus 1932; umur 87 tahun) adalah seorang ekonom dan bankir Indonesia. Ia dikenal sebagai Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang visioner dan juga dianggap sebagai "founding father" bisnis mikro BRI. Sepanjang masa kepemimpinannya di BRI, selama periode 1983-1992 ia telah mengubah kebiasaan lama dengan membawa paradigma baru yang mengedepankan sistem kerja yang berbasis enterpreneur dan meninggalkan sistem lama yang birokratis.[1]

Dalam masa kepemimpinannya pula BRI berhasil mengembangkan produk perbankan Simpedes dan Kupedes. Disamping itu dia juga sukses membangun citra baru BRI dari citra bank pedesaan menjadi bank yang bercitra modern dengan cara membangun kantor yang sesuai perkembangan zaman, logo baru dan membangun museum BRI.[2]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kamardy Arief yang lahir di Muaralabuh, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, pada 14 Agustus 1932 ini adalah putra dari seorang pedagang kayu. Ia merupakan bungsu dari tiga bersaudara. Ia dikaruniai tiga orang anak, hasil pernikahannya pada tahun 1966 dengan seorang wanita asal Gorontalo, Ans Warnida.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia menamatkan pendidikan sekolah dasar pada tahun 1946 di kampung halamannya, Muaralabuh, sebelum pindah ke Bukittinggi untuk bersekolah di salah satu SMP di kota itu. Selanjutnya, seperti kebanyakan pemuda Minangkabau, dia pun merantau mencari ilmu. Sampailah dia di Yogyakarta, dan melanjutkan sekolahnya di SMA setelah lulus SMP pada tahun 1950. Setamatnya dari SMA pada tahun 1953, dia meneruskan pendidikannya ke Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan mengambil jurusan Ekonomi Perusahaan. Ia berhasil mendapatkan gelar S1 pada tahun 1960.

  • Financial & Banking Course di Praha (1960)
  • General Development Course di Washington (1969)
  • Advanced Management Course di India (1972)

Karier[sunting | sunting sumber]

Kamardy Arief pernah jadi Asisten Dosen di Fakultas Ekonomi UGM pada tahun 1958-1960. Setelah menyandang gelar sarjana (S1) pada tahun 1960, dia bekerja sebagai seorang profesional di Bank Indonesia (BI), dan ditempatkan di bagian riset & statistik. Setelah mengalami beberapa kali perpindahan posisi jabatan di BI akhirnya dia mendapat kesempatan belajar ke Washington, Amerika Serikat, pada tahun 1969. Sepulangnya dari Amerika Serikat ia pun mendapat promosi untuk menjadi Wakil Direktur Muda BI Pusat. Selanjutnya, pada tahun 1976 dia menjabat sebagai salah satu direktur di bank sentral negara itu yang disandangnya selama 7 tahun, sampai tahun 1983. Kariernya pun semakin menanjak dengan diangkatnya ia sebagai Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada tahun 1983, yang diembannya selama sembilan tahun, sampai tahun 1992.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fadilla (6 Agustus 2012). "Pengalaman BRI: Kepemimpinan Bank yang Efektif". Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia. Diakses tanggal 10 Januari 2014. 
  2. ^ Djokosantoso Moeljono. "Budaya korporat dan keunggulan korporasi". Elex Media Komputindo. Diakses tanggal 10 Januari 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]