Monster House

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Monster House
Monster house poster.jpg
SutradaraGil Kenan
ProduserRobert Zemeckis (eksekutif)
Steven Spielberg (eksekutif)
Jack Rapke
PenulisDan Harmon
Rob Schrab
Pamela Pettler
PemeranMitchel Musso
Sam Lerner
Spencer Locke
Steve Buscemi
Maggie Gyllenhaal
Jason Lee
MusikDouglas Pipes
SinematografiPaul C. Babin
PenyuntingFabienne Rawley
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
21 Juli 2006
Durasi
91 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$75 juta[1]
Pendapatan kotor$140.175.006

Monster House adalah film animasi Amerika Serikat yang dirilis pada 21 Juli 2006, dan dinominasikan dalam piala Oscar. Robert Zemeckis dan Steven Spielberg sebagai eksekutif produser, film ini merupakan film perdana kerjasama mereka setelah Back to the Future Part III. Ini juga untuk pertama kalinya Robert Zemeckis dan Steven Spielberg selaku eksekutif produser dalam satu proyek pembuatan film. Film animasi ini disutradarai oleh Gil Kenan.

Alur[sunting | sunting sumber]

DJ Walters (Mitchel Musso), anak berusia 12 tahun, memata-matai tetangganya yang sudah tua, Nebbercracker (Steve Buscemi), yang melarang siapapun masuk ke halamannya. Orang tua DJ bepergian saat liburan, meninggalkannya bersama pengasuhnya, Elizabeth "Zee" (Maggie Gyllenhaal). Teman baik DJ, Charles "Chowder" (Sam Lerner), menghilangkan bola basketnya di halaman rumah Nebbercracker. DJ tertangkap Nebbercracker ketika sedang mancarinya, ia memarahinya sampai tiba-tiba terkena serangan jantung dan dibawa ke rumah sakit. Malamnya, DJ menerima telepon dari rumah Nebbercracker tanpa seorang pun di dalam rumah. DJ mengetahui rahasia Zee, bahwa ia mempunyai pacar bernama Bones (Jason Lee), yang memberitahunya bahwa ia menghilangkan layangannya di rumah Nebbercracker saat masih muda. Bones menemukan layangannya di pintu rumah Nebbercracker, tetapi ia ditelan bersama layangannya oleh rumah tersebut.

Esok paginya, Jenny Bennet (Spencer Locke) menjual cokelat halloween. DJ dan Chowder melihatnya menuju rumah Nebbercracker, lalu mereka mencegatnya sebelum termakan rumah itu. Jenny memanggil polisi, tetapi para polisi bernama Landers (Kevin James) dan Lester (Nick Cannon) tidak mempercayai mereka.

Ketiganya pun meminta pendapat dari Reginald "Skull" Skulinski (Jon Heder), yang merupakan ahli supranatural. Mereka mempelajari bahwa rumah itu adalah "Domus Mactabilis" (bahasa latin dari rumah kematian); monster langka yang terbentuk ketika jiwa manusia bersatu dengan struktur buatan manusia. Satu-satunya cara untuk membunuhnya adalah dengan menghancurkan jantungnya. Mereka menyimpulkan bahwa jantungnya adalah perapian, ketika DJ sadar bahwa perapiannya terus berasap sejak Nebbercracker meninggal. Chowder menyediakan obat tidur yang menyebabkan rumah itu tidur cukup lama untuk mereka memadamkan tungku. Landers dan Lester membongkar rencana lalu menangkap mereka ketika Landers menemukan obat tidur yang dicuri dari apotik ayah Chowder. Para polisi mengurung mereka dalam mobil ketika mereka memeriksa rumah itu. Rumah itu menelan Landers, Lester, dan mobil. DJ, Chowder, dan Jenny berhasil kabur namun mereka terperangkap dalam rumah.

Rumah itu tertidur dan mereka mulai menjelajah. Mereka jatuh ke ruang bawah tanah, menemukan mainan-mainan yang hilang di halaman Nebbercracker, juga pintu sangkar yang terbuka, membawa mereka menuju tempat jenazah istri Nebbercracker, Constance the giantess (Kathleen Turner), terkubur dalam semen. Rumah itu menyadari mereka di dalam dan menyerang mereka. DJ, Chowder, dan Jenny memaksa rumah itu mengeluarkan mereka dengan menarik anak lidahnya. Nebbercracker sampai di rumah, ia masih hidup, menyadari arwah Constance merasuki rumah itu. Sebagai pria muda, Nebbercracker bertemu Constance, yang merupakan anggota sirkus dan membenci anak-anak, ia jatuh cinta padanya. Setelah menolongnya kabur, mereka mulai membangun rumah. Ketika halloween, anak-anak mengejeknya karena ukurannya. Constance mengejar mereka dengan kapak, tetapi ia kehilangan keseimbangannya lalu jatuh ke ruang bawah tanah dan meninggal. Tubuhnya terkubur oleh semen. Nebbercracker menyelesaikan rumah itu setelah Constance mati, mengetahui itu pasti adalah yang ia inginkan. Sadar bahwa arwah Constance membuat rumah menjadi hidup, Nebbercracker mencoba menjauhkan orang dengan berpura-pura membenci anak-anak.

DJ memberitahu Nebbercracker ini saatnya untuk membiarkan Constance pergi, tetapi rumah itu mendengarkan hal ini. Saking marahnya, ia menghancurkan fondasinya dan mengejar mereka hingga ke situs konstruksi. Nebbercracker mengalihkan perhatian rumah itu sehingga ia dapat melempar dinamitnya, tetapi rumah itu menyadari dan mencoba memakannya. Chowder menyerang rumah itu dengan excavator, menyebabkan ia jatuh ke sebuah lubang. DJ diberikan dinamit, ia dan Jenny naik ke sebuah alat derek ketika Chowder mengalihkan perhatian rumah itu. DJ melempar dinamit ke cerobong asap, yang menyebabkan rumah itu hancur. Mereka melihat Nebbercracker dengan hantu istrinya sebelum ia pergi. DJ meminta maaf kepada Nebbercracker karena telah menghilangkan rumah dan istrinya, tetapi Nebbercracker berterimakasih kepada mereka karena telah membebaskan mereka sejak terperangkap selama 45 tahun. Malam itu, anak-anak berbaris di halaman rumah Nebbercracker, dimana DJ, Chowder, dan Jenny membantu mengembalikan mainan mereka yang hilang. Orang tua Jenny menjemputnya, sedangkan DJ dan Chowder pergi ber"Trick Or Treat", yang sebelumnya terpikir bahwa mereka sudah terlalu tua untuk itu.

Orang yang telah dimakan rumah itu pun keluar dari ruang bawah tanah. Bones menemukan Zee sudah berkencan dengan Skull. Landers dan Lester pergi untuk "memeriksa" beberapa permen.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  1. Dustin J. "DJ" Walters diperankan oleh Mitchel Musso
  2. Charles "Chowder" diperankan oleh Sam Lerner
  3. Jenny Bennet diperankan oleh Spencer Locke
  4. Mr. Horace Nebbercracker diperankan oleh Steve Buscemi
  5. Elizabeth "Zee" diperankan oleh Maggie Gyllenhaal
  6. Orang tua DJ's diperankan oleh Catherine O'Hara dan Fred Willard
  7. Bones diperankan oleh Jason Lee
  8. Reginald "Skull" Skulinski diperankan oleh Jon Heder
  9. Officers Landers dan Lester diperankan oleh Kevin James dan Nick Cannon
  10. Constance the Giantess diperankan oleh Kathleen Turner
  11. Eliza diperankan oleh Ryan Newman

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan video yang juga berjudul Monster House telah dikembangkan oleh A2M dan diterbitkan oleh THQ.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Box Office Mojo: Monster House (Retrieved on December 14, 2007)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]