Monique Wittig

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Monique Wittig
Wittig pada tahun 1985
Wittig pada tahun 1985
Lahir(1935-07-13)13 Juli 1935
Dannemarie, Haut-Rhin, Prancis
Meninggal3 Januari 2003(2003-01-03) (umur 67)
Tucson, Arizona, AS
PekerjaanPengarang, ahli teori feminis, aktivis
PendidikanEHESS
TemaLesbianisme, feminisme
Aliran sastraFeminisme Prancis, Feminisme radikal, Feminisme materialis, Feminisme lesbian
Website
www.moniquewittig.com/index.html

Monique Wittig (bahasa Prancis: [vitig]; 13 Juli 1935 – 3 Januari 2003) adalah seorang pengarang, filsuf, dan ahli teori feminis asal Prancis[1] yang menulis tentang penghapusan sistem kelas jenis kelamin dan menciptakan frasa "kontrak heteroseksual". Karya seminalnya berjudul The Straight Mind and Other Essays. Ia menerbitkan novel pertamanya. L'Opoponax, pada tahun 1964. Novel keduanya, Les Guérillères (1969), adalah sebuah tengara dalam feminisme lesbian.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Monique Wittig lahir pada tahun 1935 di Dannemarie, Haut-Rhin, Prancis. Pada tahun 1950 ia pindah ke Paris untuk belajar di Sorbonne. Pada tahun 1964, ia menerbitkan novel pertamanya, L'Opoponax yang langsung mendapat perhatian di Prancis. Setelah novel ini diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Wittig meraih pengakuan internasional. Dia adalah salah satu pendiri Mouvement de libération des femmes (MLF) (Gerakan Pembebasan Perempuan). Pada tahun 1969, ia menerbitkan apa yang bisa dibilang sebagai karyanya yang paling berpengaruh, Les Guérillères, yang saat ini dianggap sebagai sumber yang revolusioner dan kontroversial bagi para pemikir feminis dan lesbian di seluruh dunia. Penerbitannya juga dianggap sebagai peristiwa berdirinya feminisme Prancis.[3][4]

Wittig meraih gelar PhD dari School for Advanced Studies in the Social Sciences,[1] setelah menyelesaikan tesis berjudul "Le Chantier littéraire."[5] Wittig merupakan tokoh sentral dalam gerakan lesbian dan feminis di Prancis. Pada tahun 1971, ia adalah anggota pendiri Gouines rouges ("Dyke Merah"), kelompok lesbian pertama di Paris.[3] Ia juga terlibat dalam Féministes Révolutionnaires ("Feminis Revolusioner"), sebuah kelompok feminis radikal.[3] Dia menerbitkan berbagai karya lainnya, beberapa di antaranya adalah Le Corps lesbien (atau Tubuh Lesbian) pada tahun 1973 dan Brouillon pour un dictionnaire des amantes (atau Masyarakat Lesbian: Bahan untuk Kamus) pada tahun 1976, yang ditulis bersama pasangannya, Sande Zeig.

Pada tahun 1976, Wittig dan Zeig meninggalkan Prancis karena anggota MLF tertentu yang berusaha "melumpuhkan dan menghancurkan kelompok-kelompok lesbian."[6] Upaya Wittig untuk membuat kelompok khusus lesbian di dalam cabang radikal MLF mendapat perlawanan; "mereka hampir berhasil menghancurkan saya sepenuhnya, dan mereka, ya, mengusir saya dari Paris."[6] Wittig dan Zeig pindah ke Amerika Serikat di mana Wittig berfokus untuk menghasilkan karya teori gender. Karya-karyanya, mulai dari esai filosofis The Straight Mind hingga parable seperti Les Tchiches et les Tchouches, mengeksplorasi keterkaitan dan persinggungan antara lesbianisme, feminisme, dan bentuk sastra. Dengan berbagai posisi editorial baik di Prancis maupun di Amerika Serikat, karya-karya Wittig diakui secara internasional dan umumnya diterbitkan dalam bahasa Prancis dan Inggris. Dia terus bekerja sebagai profesor tamu di berbagai universitas di seluruh negeri, termasuk University of California, Berkeley, Vassar College, dan University of Arizona di Tucson. Dia mengajar mata kuliah pemikiran materialis melalui program Studi Wanita, di mana para mahasiswanya terlibat dalam proses mengoreksi terjemahan The Lesbian Body ke dalam bahasa Amerika. Ia meninggal karena serangan jantung pada tanggal 3 Januari 2003.[1]

Gaya penulisan[sunting | sunting sumber]

Wittig memiliki pendekatan materialis dalam karya-karyanya (terlihat jelas dalam Les Guérillères). Dia juga menunjukkan pendekatan teoritis yang sangat kritis (terlihat jelas dalam esainya, "One Is Not Born a Woman" ["Seseorang Tidak Terlahir Sebagai Wanita"]).

Sebagai seorang penulis lesbian yang dengan tegas menentang gagasan tentang tulisan yang secara inheren feminin, Wittig paling sering ditempatkan dalam posisi yang berlawanan dengan Hélène Cixous, atau dalam tradisi penulis lesbian. Namun, hubungannya dengan de Beauvoir dan Sarraute juga sama pentingnya, dan menempatkan karyanya dalam sejarah ganda feminisme dan sastra avant-garde pada paruh terakhir abad ke-20. Seperti Duras dan Cixous, ia mengembangkan karyanya untuk memikirkan kembali pengalaman perempuan dalam menulis, sementara penentangannya yang gigih terhadap gagasan "perbedaan" yang didasarkan pada seksualitas atau biologi membuatnya lebih dekat dengan de Beauvoir dan Sarraute.[7]

The Straight Mind[sunting | sunting sumber]

Dalam esai pertama dari koleksi ini, berjudul The Category of Sex, Wittig berteori tentang sifat kelas dari penindasan seks, lebih memilih pandangan konstruksionis sosial daripada pandangan esensialis biologis tentang dialek antar jenis kelamin.

Karena tidak ada jenis kelamin. Yang ada hanyalah seks yang tertindas dan seks yang menindas. Penindasanlah yang menciptakan seks dan bukan sebaliknya. Yang sebaliknya adalah mengatakan bahwa seks menciptakan penindasan, atau mengatakan bahwa penyebab (asal mula) penindasan dapat ditemukan dalam seks itu sendiri, dalam pembagian alamiah jenis kelamin yang sudah ada sebelum (atau di luar) masyarakat.

Meskipun Wittig hanya menggambarkan perempuan dalam karya sastranya, ia tidak menyukai gagasan bahwa ia adalah "penulis perempuan". Monique Wittig menyebut dirinya sebagai "lesbian radikal".

Bagi saya, tidak ada yang namanya sastra perempuan, tidak ada. Dalam sastra, saya tidak memisahkan perempuan dan laki-laki. Yang satu adalah seorang penulis, yang lain bukan. Ini adalah sebuah ruang mental di mana jenis kelamin tidak menentukan. Seseorang harus memiliki ruang untuk kebebasan. Bahasa memungkinkan hal ini. Ini adalah tentang membangun sebuah gagasan tentang yang netral yang bisa lepas dari seksualitas."[8]

Selain itu, bagi Wittig, kategori sosial atau gender "perempuan" hanya ada melalui hubungannya dengan kategori sosial "laki-laki", dan "perempuan" tanpa hubungan dengan "laki-laki" tidak akan ada lagi, sehingga individu terbebas dari konstruksi sosial dan kategori yang mendikte perilaku atau norma-norma. Dia menganjurkan posisi universalis yang kuat, dengan mengatakan bahwa ekspresi identitas seseorang dan pembebasan hasrat membutuhkan penghapusan kategori gender.

Wittig mengidentifikasi dirinya sebagai seorang lesbian radikal. Dalam karyanya The Straight Mind, ia berpendapat bahwa lesbian bukanlah perempuan karena menjadi lesbian berarti melangkah keluar dari norma heteroseksual perempuan, seperti yang didefinisikan oleh laki-laki untuk tujuan laki-laki.

...dan tidak benar jika dikatakan bahwa lesbian bergaul, bercinta, hidup dengan perempuan, karena 'perempuan' hanya memiliki makna dalam sistem pemikiran heteroseksual dan sistem ekonomi heteroseksual. Lesbian bukanlah perempuan (1978).

Wittig juga mengembangkan pandangan kritis terhadap Marxisme yang menghalangi perjuangan feminis, tetapi juga terhadap feminisme itu sendiri yang tidak mempertanyakan dogma heteroseksual.

Sebagai seorang ahli teori feminisme materialis, ia menstigmatisasi mitos "perempuan", menyebut heteroseksualitas sebagai rezim politik, dan menguraikan dasar kontrak sosial yang ditolak oleh kaum lesbian.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Drama[sunting | sunting sumber]

  • Wittig, Monique (1967). L'amant vert.  (Unpublished.)
  • Wittig, Monique (1972). Le grand-cric-jules.  (Radio Stuttgart.)
  • Wittig, Monique (1972). Récréation.  (Radio Stuttgart.)
  • Wittig, Monique (1972). Dialogue pour les deux frères et la soeur.  (Radio Stuttgart.)
  • Wittig, Monique (1985). Le Voyage sans fin. Paris.  (Vlasta 4 supplement.)

Fiksi pendek[sunting | sunting sumber]

Most collected in Paris-la-Politique. Paris: P.O.L., 1999

  • Wittig, Monique (1965). "Banlieues". Nouveau Commerce. 5: 113–117. 
  • Wittig, Monique (1967). "Voyage: Yallankoro". Nouveau Commerce. 177: 558–563. 
  • Wittig, Monique (1973). "Une partie de campagne". Nouveau Commerce. 26: 13–31. 
  • Wittig, Monique (1978). "Un jour mon prince viendra". Questions Féministes. 2: 31–39. 
  • Wittig, Monique (1983). "Les Tchiches et les Tchouches". Le Genre Humaine. 6: 136–147. 
  • Wittig, Monique (1985). "Paris-la-Politique". Vlasta. 4: 8–35. 

Terjemahan[sunting | sunting sumber]

Esai dan kritik[sunting | sunting sumber]

Most collected in La Pensée straight, Paris: Balland, 2001 (trans. by the author and Sam Bourcier) and in The Straight Mind and Other Essays, Boston: Beacon Press, 1992

  • Wittig, Monique (1967). "A propos de "Bouvard et Pécuchet"". Cahiers de la Compagnie Madeleine Renaud-Barrault Jean Louis Barrault. 59: 113–122. 
  • Wittig, Monique (1979), "Paradigm", dalam Stambolian, George; Marks, Elaine, Homosexualities and French literature: cultural contexts, critical texts, Ithaca, New York: Cornell University Press, hlm. 114–121, ISBN 9780801497667. 
  • Wittig, Monique (February 1980). "La pensée straight" [The straight mind]. Questions Féministes. Nouvelles Questions Féministes & Questions Feministes via JSTOR. 7 (7): 45–53. JSTOR 40619186. 
Reprinted as: Wittig, Monique (1985). "La pensée straight" [The straight mind]. Amazones d'Hier, Lesbiennes d'Aujourd'hui (AHLA) (Amazons of Yesterday, Lesbians of Today). 3 (4): 5–18. 
  • Wittig, Monique (March 1980). "The straight mind". Feminist Issues. 1 (1): 103–111. doi:10.1007/BF02685561. 
  • Wittig, Monique (May 1980). "On ne naît pas femme" [One is not born a woman]. Questions Féministes. Nouvelles Questions Féministes & Questions Feministes. 8 (8): 75–84. JSTOR 40619199. 
Reprinted as: Wittig, Monique (1985). "On ne naît pas femme" [One is not born a woman]. Amazones d'Hier, Lesbiennes d'Aujourd'hui (AHLA) (Amazons of Yesterday, Lesbians of Today). 4 (1): 103–118. 
Translation of: Wittig, Monique (1982), ""Avant-note" for La Passion", dalam Barnes, Djuna, La passion [Spillway and other stories], Monica Wittig (translator), Paris: Flammarion, ISBN 9782080644602. 
  • Wittig, Monique (1984). "Le lieu de l'action" [The place of action]. Digraphe. Galilee. 32: 69–75. 
  • Wittig, Monique (June 1984). "The Trojan horse". Feminist Issues. 4 (2): 45–49. doi:10.1007/BF02685548. 
Reprinted as: Wittig, Monique (1985). "Le cheval de troie". Vlasta. 4: 36–41. 
  • Wittig, Monique (June 1985). "The mark of gender". Feminist Issues. 5 (2): 3–12. doi:10.1007/BF02685575. 
Reprinted as: Wittig, Monique (1986), "The mark of gender", dalam Miller, Nancy K., The poetics of gender, New York: Columbia University Press, hlm. 63–73, ISBN 9780231063111. 
  • Wittig, Monique (1986), "The place of action", dalam Oppenheim, Lois, Three decades of the French new novelPerlu mendaftar (gratis), Lois Oppenheim (translator) and Evelyne Costa de Beauregard (translator), Urbana: University of Illinois Press, hlm. 132–140, ISBN 9780252011580. 
  • Wittig, Monique (March 1989). "On the social contract". Feminist Issues. 9 (1): 3–12. doi:10.1007/BF02685600. 
  • Wiitig, Monique (March 1990). "Homo Sum". Feminist Issues 10, 3–11. doi.org/10.1007/BF02686514
  • Wittig, Monique (Winter 1994). "Quelques remarques sur Les Guérillères". L'Esprit Créateur. Johns Hopkins University Press. 34 (4): 116–122. doi:10.1353/esp.1994.0008. 
  • Wittig, Monique (1996), "The straight mind", dalam Jackson, Stevi; Scott, Sue, Feminism and sexuality: a reader, New York: Columbia University Press, hlm. 144–149, ISBN 9780231107082. 
  • Wittig, Monique (March 1996). ""The Constant Journey": an introduction and a prefatory note". Modern Drama. 39 (1): 156–159. doi:10.3138/md.39.1.156. 
  • Wittig, Monique (July 15, 1996). "Lacunary films". New Statesman. Progressive Media International. 102. 
  • Wittig, Monique (Summer 1996). "Le déambulatoire. entretien avec Nathalie Sarraute" [The ambulatory: interview with Nathalie Sarraute]. L'Esprit Créateur. 36 (2): 3–8. doi:10.1353/esp.0.0053.  Alternative version.
  • Wittig, Monique (Summer 1996). "Avatar". L'Esprit Créateur. 36 (2): 109–116. doi:10.1353/esp.0.0097.  Alternative version.
  • Wittig, Monique (1997), "L'ordre du poème", dalam Cardy, Michael; Evans, George; Jacobs, Gabriel, Narrative voices in modern French fiction: studies in honour of Valerie Minogue on the occasion of her retirement, Cardiff: University of Wales Press, hlm. 7–12, ISBN 9780708313947. 
  • Wittig, Monique (1997), "One is not born a woman", dalam Nicholson, Linda, The second wave: a reader in feminist theory, New York: Routledge, hlm. 265–271, ISBN 9780415917612. 
  • Wittig, Monique (2005), "Some Remarks on "Les Guérillères"", dalam Shaktini, Namascar, On Monique Wittig: theoretical, political, and literary essays, Urbana: University of Illinois Press, hlm. 37–43, ISBN 9780252072314. 
  • Wittig, Monique (2005), "Some Remarks on "The Lesbian Body"", dalam Shaktini, Namascar, On Monique Wittig: theoretical, political, and literary essays, Urbana: University of Illinois Press, hlm. 44–48, ISBN 9780252072314. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Monique Wittig, 67, Feminist Writer, Dies, by Douglas Martin, January 12, 2003, New York Times
  2. ^ Benewick, Robert (1998). The Routledge Dictionary of Twentieth-Century Political Thinkers. London: Routledge. hlm. 332–333. ISBN 978-0-203-20946-2. Diakses tanggal May 25, 2012. 
  3. ^ a b c Balén, Julia. In Memoriam: Monique Wittig, The Women's Review of Books, January 2004, Vol. XXI, No. 4., quoted in Trivia Magazine, Wittig Obituary. Diarsipkan June 19, 2008, di Wayback Machine.
  4. ^ L'Homond, Bridgitte. France.—Feminism And The Women's Liberation Movement, Women's Studies Encyclopedia, ed: Helen Tierney, quoted in Gem Women's Studies Encyclopedia. Diarsipkan July 11, 2011, di Wayback Machine.
  5. ^ "Word by Word Monique Wittig completed The Literary Workshop (Le chantier littéraire) in Gualala, California, in 1986, as her dissertation for the Diplome de l'Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales in Paris. Gérard Genette was the director, and Louis Marin and Christian Metz were readers. Wittig wrote The Literary Workshop at a time of immense productivity..." Diarsipkan March 4, 2016, di Wayback Machine.; Monique Wittig, Catherine Temerson, Sande Zeig. "The Literary Workshop: An Excerpt", in "GLQ: A Journal of Lesbian and Gay Studies – Volume 13, Number 4, 2007, pp. 543–551
  6. ^ a b Eloit, Ilana (December 2019). "American lesbians are not French women: heterosexual French feminism and the Americanisation of lesbianism in the 1970s". Feminist Theory (dalam bahasa Inggris). 20 (4): 381–404. doi:10.1177/1464700119871852. ISSN 1464-7001. 
  7. ^ Hewitt, Leah D. Autobiographical Tightropes (1990) University of Nebraska Press. ISBN 9780803272583
  8. ^ Kirkup, James (2003-01-09). "Monique Wittig". The Independent. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-01. Diakses tanggal 2007-06-08. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Provitola, Blase A. (2022). "TERF or Transfeminist Avant la Lettre?". TSQ: Transgender Studies Quarterly. 9 (3): 387–406. doi:10.1215/23289252-9836050. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Cc

Templat:Prix Médicis