Momoko Tsugunaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Momoko Tsugunaga
嗣永 桃子
Tsugunaga Momoko.jpg
Latar belakang
Nama lain Momo, Momo-chan, Momochi, Pi-chicchi, Momo-san
Asal Chiba, Jepang
Genre Pop Jepang
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2002–sekarang
Label Piccolo Town
Artis terkait Berryz Kobo, Hello! Project Kids, ZYX, H.P. All Stars, Buono!
Situs web Hello! Project.com

Momoko Tsugunaga (嗣永 桃子 Tsugunaga Momoko?, lahir di Chiba, Jepang, 6 Maret 1992; umur 22 tahun) adalah penyanyi J-pop. Kariernya dimulai pada tahun 2002 ketika ia berhasil lolos audisi Hello! Project Kids, grup pop perempuan remaja dibawah Hello! Project. Sejak saat itu, ia terus menyanyi di grup itu dan menjadi bagian dari tiga grup yang lebih kecil, ZYX, Berryz Kobo dan Buono!.

Hello! Project Groups[sunting | sunting sumber]

  • Hello! Project Kids
  • Berryz Koubou (2004-sekarang)
  • Buono! (2007-sekarang)
  • ZYX-α (2009-sekarang)

Profil[sunting | sunting sumber]

Momoko Tsugunaga bergabung dengan Hello! Project sebagai salah satu dari lima belas anak yang berhasil lolos audisi Hello! Project Kids. Tahun 2002 dia terpilih menjadi protagonis utama dalam film Hello! Project Koinu Dan No Monogatari. Pada tahun 2003, dia menjadi anggota dari unit ZYX dan merilis dua single bersama kelompok itu.

Pada tahun 2004, Tsugunaga merupakan salah satu dari delapan anggota terpilih untuk membentuk Berryz Koubou, di mana dia menjadi salah satu vokalis utama dalam kelompok tersebut. Pada tahun 2007 dia dipilih untuk bergabung dengan sub-group Buono, yang merilis lagu untuk anime Shugo Chara!, bersama sesama anggota Berryz Koubou Miyabi Natsuyaki dan anggota °C-ute Airi Suzuki, dan menjadi leader dari kelompok ini.

Pada April, 2009, ia mempunyai acara radio sendiri yang bernama Momoko no Puripuri Princess, yang mengudara di JOQR setiap Selasa (23:35-23:50), menggantikan acara Berryz Koubou Kiritsu! Rei! Chakuseki! yang disiarkan pada slot yang sama , Sebagai Aktris Super Sentai Engine Sentai Go-onger Sebagai: Orihime Mika / Go-on Orange.

Pada tanggal 31 Agustus 2009, Momoko merilis solo photobook ke empat-nya, momochiiii, yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh seorang anggota Berryz Koubou (meskipun ia ketiga di antara Hello! Project Kids!).

Mulai Februari, 2010, majalah Up To Boy (UTB dan WaniBooks Mobile bekerja sama dengan Momo untuk menciptakan "Momo Pro" (もも ♥ プロ), kolom majalah di mana Momo mengajar orang bagaimana untuk menjadi seorang profesional. Dalam rangka merayakan terbitan ke 200 majalah Up to Boy Momo merancang sebuah bagpack (untuk September, 2010)

Filmografi[sunting | sunting sumber]

  • Koinu Dan no Monogatari (2002) ( 仔犬ダンの物語; Puppy DAN's story)
  • Promise Land ~Clovers no Daibouken~ (2004) ( Promise Land ~クローバーズの大冒険~; Promise Land ,Clovers Adventure )

Pranala luar[sunting | sunting sumber]