Hello! Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hello! Project Logo

Hello! Project (ハロー!プロジェクト), yang sering disingkat H!P, HelloPro atau haropuro, adalah nama payung dari berbagai grup dan artis wanita, berkategori idol dan J-pop dari Jepang yang diproduseri oleh Tsunku (つんく), seorang mantan penyanyi grup Sharan Q. Hello! Project di manajemen oleh agensi Up-Front Agency.

Artis aktif tahun 2016[sunting | sunting sumber]

Grup[sunting | sunting sumber]

Artis solo[sunting | sunting sumber]

Proyek olahraga[sunting | sunting sumber]

Anggota ditransfer ke M-Line Club[sunting | sunting sumber]

M-Line Club adalah klub penggemar untuk artis-artis mantan Hello! Project termasuk mantan anggota Morning Musume yang bergabung bersama agensi artis Up-Front Group.[2] Sebelumnya dikenal dengan nama tidak resmi Morning Musume OG.

Mantan artis dan grup[sunting | sunting sumber]

Mantan artis dan grup dari Hello! Project adalah:

Unit shuffle[sunting | sunting sumber]

Grup sekali jalan[sunting | sunting sumber]

Belum ada kepastian[sunting | sunting sumber]

Istilah[sunting | sunting sumber]

Unit shuffle grup sementara yang biasanya dibentuk pada waktu musim panas. Konsep sebenarnya adalah untuk mengocok semua anggota dari Hello! Project dan membetuk tiga grup baru yang mana kemudian akan mengeluarkan 3 single baru dalam waktu yang bersamaan untuk melihat siapa yang menempati urutan pertama dalam penjualan. Ide ini kemungkinan menurun oleh sebab penjualan yang minim pada tahun 2003 ketika semua lagu dirilis dalam satu singel. Kemudian grup shuffle ini menjadi kebiasan tahunan dan bukan lagi kontes sebagaimana grup shuffle ini pertama kali diluncurkan.

Grup sekali jalan hanya menrilis satu atau dua single dan mereka tidak pernah mengeluarkan lagi, jadi mereka bisa dianggap selesai.

Untuk kategori belum ada kepastian, tergantung kepada grupnya. Coconuts Musume hanya terdiri dari Ayaka dan membutuhkan member tambahan untuk terus lanjut. Minimoni dan Pucchimoni sedang dalam "penangguhan" yang berarti mereka sedang berhenti permanen sampai Tsunku memilih untuk melanjutkan kembali. EcoMoni dibentuk khusus untuk festival lingukngan "Acchi Chikyuu o Samasu n da!" (Dinginkan Bumi yang Panas!), sebuah event yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 19-20th Juni 2004, dan grup ini seharusnya akan selesai setelah festival berakhir. Dengan merekam dua lagu, mereka sekarang kembali dari waktu ke waktu untuk mempromosikan bermacam-macam event dan festival lingkungan. W adalah duo beranggotakan mantan anggota Morning Musume, Nozomi Tsuji and Ai Kago. Duo ini menghentikan kegiatan sejak Februari 2006 karena Ai Kago yang waktu itu berusia 18 tahun melanggar larangan merokok bagi anak di bawah umur.[3] Duo ini baru benar-benar dibubarkan pada Maret 2007.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "S/mileage   ユニット名 由来・意味について" (dalam bahasa Jepang). Tsunku Official Blog. 2009-05-08. Diakses tanggal 2009-05-15. 
  2. ^ "M-line club". Nico Nico Pedia. Diakses tanggal 2013-06-07. 
  3. ^ "Mainichi Daily News". mdn.mainichi-msn.co.jp. Diakses tanggal 2006-02-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]