Mojorejo, Taman, Madiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mojorejo
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kota Madiun
Kecamatan Taman
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Mojorejo adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Taman, Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur. kelurahan Mojorejo juga disebut daerah potensi kota madiun dalam bidang perdagangan, industri rumah tangga dan pendidikan. Kelurahan Mojorejo dipimpin oleh seorang Lurah yang berkantor di jalan Setya Budi 42, telpon 0351-494188, dengan kodepos 63139. Ada satu bukti sejarah kuno yaitu sebuah Masjid kuno Ngrowo, Madiun yang berada di lingkungan Ngrowo yang bernama Masjid Al - Arrowiyah.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Secara geografis wilayah kelurahan Mojorejo berada di titik koordinat 7°43'53"S 111°27'54"E [1], berbatasan langsung dengan kelurahan Taman sebelah barat, kelurahan Pandean sebelah selatan, kelurahan manisrejo sebelah timur. Daerah tersebut juga dilintasi jalur darat Surabaya - Ponorogo.

Pusat Perbelanjaan dan Industri[sunting | sunting sumber]

Ada banyak Pusat Perbelanjaan dan Industri dari masyarakat Mojorejo :

  1. Pasar rakyat (Pasar Mojorejo).
  2. Pusat sepatu dan sandal (jalan margobawero).
  3. Home Industri kecil RT kerupuk (jalan Salak).
  4. Home Industri kecil pembuatan Kasur (jalan salak).
  5. Home Industri kecil pembuatan Tempe (jalan Kawung).
  6. Pabrik Terigu (Ngrowo, Madiun).
  7. Ayam Panggang Mojorejo (jalan margobawero)

Olah Raga[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Mojorejo mempunyai Lapangan sepak bola sederhana yang berada di jalan margobawero. lapangan tersebut adalah satu satunya sarana olahraga masyarakat Mojorejo, dan sering menjadi tempat acara tahunan untuk kesehatan di hari kemerdekaan Indonesia.

Lapangan Mojorejo menjadi saksi bisu kejayaan sebuah klub Sepak bola yaitu PS. PUTRA. Sempat pada masa orde lama klub tersebut sering menjuarai kejuaraan di tingkat Madiun. pada masa kejayaan klub tersebut sempat pernah mendatangkan pemain ternama seperti Uston Nawawi dalam laga Final kejuaraan piala bergilir Madiun pada masa itu. klub tersebut pernah menjadi kebanggaan masyarakat Mojorejo lewat ciri khas Suporternya yang selalu memakai atribut bergambar ayam jago yang sedang bertarung.

  1. ^ http://wikimapia.org/24076206/id/desa-Mojorejo-kecamatan-Kebonsari-kabupaten-Madiun-Jawa-Timur