Mojacko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mojacko
モジャ公
(Moja-kō)
GenreKomedi, Fantasi, Fiksi ilmiah
Manga
PengarangFujiko Fujio
PenerbitKodansha
MajalahWeekly Bokura Magazine
DemografiShōnen
Terbit19691970
Volume2
Manga
Uchū Friend: Mojacko
PengarangMasahito
PenerbitShogakukan
MajalahCoroCoro Comic
DemografiKodomo
TerbitSeptember 1995April 1996
Volume1
Anime
SutradaraTetsuya Endo
ProduserKeisuke Iwata
Yumiko Yazaki
SkenarioTatsuya Fuji
Kenji Terada
MusikKei Wakakusa
StudioOLM, Inc.
PelisensiEnoki Films
Tayang 3 Oktober 1995 31 Maret 1997
 Portal anime dan manga

Mojacko (モジャ公, Moja-kō, "Pangeran Moja") adalah sebuah komik (manga) shōnen karya komikus Fujiko F. Fujio (Hiroshi Fujimoto). Komik setripnya pertama kali muncul di majalah mingguan Bokura pada 1969-1970 sebanyak 35 judul, yang kemudian dilanjutkan oleh Mashasito dalam CoroCoro Comic terbitan Shogakukan pada September 1995-April 1996. Karya-karya tersebut kemudian dibukukan dalam 3 buku tankōbon, dan diadopsi menjadi sebuah serial animasi (anime) yang diproduksi oleh OLM, Inc. sebanyak 74 episode mulai dari Oktober 1995 hingga Maret 1997.

Cerita Mojacko secara umum berkisah tentang siswa sekolah dasar bernama Sorao yang berteman dengan alien bernama Mojacko (atau Mojara) dan robotnya bernama Donmo. Namun alurnya berbeda di manga dan anime. Adapun di manga bermula ketika Sorao bertemu Mojacko dan Donmo yang mengajaknya pergi ke luar angkasa saat mereka berada di Bumi. Sorao yang bosan akan kehidupannya, mengikuti keduanya dan mereka berpetualang bersama di luar angkasa dan planet-planet. Sedangkan di anime, Mojacko dan Donmo dikisahkan terdampar di Bumi ketika piring terbang mereka jatuh, yang kemudian ditemui Sorao dan Miki temannya. Keempatnya lalu berteman dan saling membantu agar Mojacko bisa pulang ke planetnya bernama Planet Moja. Karena itulah kisah Mojacko di anime umumnya berlatar belakang di Bumi. Sebagai antagonis, ada Momoja dan Piketan (atau Wutan).

Beberapa aspek cerita Mojacko diambil dari komik karangan Fujimoto lainnya, 21 Emon. Menurut Fujimoto, komik ini awalnya dibuat sebagai kelanjutan dari 21 Emon yang sudah distop penerbitannya. Beberapa aspek yang memiliki kesamaan antara keduanya, seperti adanya trio manusia-alien-robot dan adanya karakter Gonsuke, robot ubi.

Di Indonesia, serial animasinya pernah ditayangkan stasiun televisi TPI (kini MNCTV) pada 1990-an, sedangkan manganya belum pernah diterbitkan.