Mohamed M. Atalla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mohamed Atalla)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mohamed M. Atalla
Berkas:Atalla1963.png
Mohamed Atalla sebagai Direktur Semiconductor Research di HP Associates pada tahun 1963
Nama asalمحمد محمد عطاالله
Mohamed Mohamed Atalla
Lahir4 Agustus 1924
Bursaid, Mesir
Meninggal30 Desember 2009(2009-12-30) (umur 85)
Atherton, California, Amerika Serikat
KebangsaanMesir
Amerika Serikat
Nama lainM. M. Atalla
"Martin" M. Atalla
"John" M. Atalla
PendidikanUniversitas Kairo (BSc)
Universitas Purdue (MSc, PhD)
Dikenal atasMOSFET (transistor MOS)
Pasivasi permukaan
Oksidasi termal
PMOS dan NMOS
Sirkuit terpadu MOS
Modul keamanan perangkat keras
AnakBill Atalla[1]
Karier teknik
Disiplin teknikTeknik elektronika
Teknik keamanan
Teknik listrik
Teknik mesin
Keanggotaan institusiBell Labs
Hewlett-Packard
Fairchild Semiconductor
Atalla Corporation
Penghargaan utamaNational Inventors Hall of Fame
Stuart Ballantine Medal
Distinguished Alumnus
IT Honor Roll

Mohamed Mohamed Atalla (bahasa Arab: محمد محمد عطاالله‎; 4 Agustus 1924 – 30 Desember 2009) adalah seorang insinyur, kimiawan fisik, kripotgrafer, penemu dan pengusaha Mesir. Dia adalah seorang pelopor semikonduktor yang telah memberikan kontribusi-kontribusi penting kepada elektronika modern. Penemuannya MOSFET (metal–oxide–semiconductor field-effect transistor, atau transistor MOS) pada tahun 1959, serta proses pasivasi permukaan dan oksidasi termal, merevolusi industri elektronika. Dia juga dikenal sebagai pendiri perusahaan keamanan data Atalla Corporation (sekarang Utimaco Atalla), yang didirikan pada tahun 1972. Dia menerima Stuart Ballantine Medal (sekarang Benjamin Franklin Medal dalam fisika) dan dimasukkan ke dalam National Inventors Hall of Fame untuk kontribusi pentingnya bagi teknologi semikonduktor serta keamanan data.

Lahir di Bursaid, Mesir, Atalla belajar di Universitas Kairo di Mesir dan kemudian di Universitas Purdue di Amerika Serikat, sebelum bergabung ke Bell Labs pada tahun 1949 dan kemudian menggunakan nama yang lebih Inggris "John" atau "Martin" M. Atalla sebagai nama profesional. Dia membuat beberapa kontribusi penting kepada teknologi semikonduktor di Bell, di antaranya pengembangan proses pasivasi permukaan dan oksidasi termal (dasar teknologi semikonduktor silikon seperti proses planar dan cip sirkuit terpadu monolitik), penemuan MOSFET-nya (ditemukan bersama Dawon Kahng) pada tahun 1959, dan proses fabrikasi PMOS dan NMOS. Penemuan Atalla di Bell berkontibusi kepada elektronika modern, revolusi silikon, dan Revolusi Digital. MOSFET pada khususnya merupakan bagian pembangun paling dasar dari elektornika modern, dan dianggap sebagai salah satu penemuan paling penting dalam elektronika. MOSFET juga merupakan perangkat yang paling banyak dibuat dalam sejarah, dan Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat menyebutnya sebuah "penemuan terobosan yang mengubah kehidupan dan budaya di seluruh dunia".

Penemuan MOSFET-nya awalnya kurang diperhatikan di Bell, dan akhirnya dia mengundurkan diri dari Bell dan bergabung ke Hewlett-Packard (HP), mendirikan Semiconductor Lab pada 1962 dan kemudian HP Labs pada 1966, sebelum pergi untuk bergabung ke Fairchild Semiconductor, mendirikan divisi Microwave & Optoelectronics pada tahun 1969. Pekerjaannya di HP dan Fairchild di antaranya adalah penelitian teknologi diode Schottky, galium arsenida (GaAs), galium arsenida fosfida (GaAsP), indium arsenida (InAs) dan diode pancaran cahaya (LED). Dia kemudian meninggalkan industri semikonduktor, dan menjadi pengusaha dalam bidang kriptografi dan keamanan data. Pada tahun 1972, dia mendirikan Atalla Corporation, dan mengajukan paten untuk sistem keamanan Nomor Identifikasi Pribadi (PIN)-nya. Pada tahun 1973, dia merilis modul keamanan perangkat keras yang pertama, "Kotak Atalla" yang mengenkripsi PIN dan pesan ATM, dan mengamankan mayoritas transaksi ATM di dunia. Dia kemudian mendirikan perusahaan keamanan Internet TriStrata Security pada 1990-an. Sebagai penghargaan atas usahanya bagi sistem PIN dalam manajemen keamanan informasi serta keamanan siber, Atalla telah disebut "Bapak PIN" dan seorang pelopor keamanan informasi. Dia meninggal di Atherton, California, pada 30 Desember 2009.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bassett, Jackie (2006). So You Built It And They Didn't Come. Now What? (dalam bahasa Inggris). Sales of Innovative Products. hlm. 109. ISBN 9781425915469. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]