Mobily

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mobily
موبايلي
IndustriTelekomunikasi
Didirikan2005
Kantor
pusat
Saudi Arabia
Tokoh
kunci
Khaled AlkafCEO
ProdukTelepon, Data, Fixed, and Telepon Genggam, Layanan Telekomunikasi
Pendapatan $5.35 miliar (2011)[1]
$1.41 miliar (2011)[1]
$1.36 miliar (2011)[1]
Situs webhttp://www.mobily.com.sa/

Mobily (Arab: موبايلي‎) adalah nama merek dagang operator penyedia layanan seluler yang ada di Saudi Arabia dari Etihad Etilsat(Arab: اتحاد اتصالات‎)[2]. Mobily merupakan penyedia jasa layanan komunikasi mobile terbesar kedua di Kerajaan Saudi Arabia[2].


Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Mobily didirikan pada tahun 2004 oleh sebuah konsorsium telekomunikasi terkemuka di Saudi Arabia (UAE), Etilhad Etilsat[2]. MObily merupakan perusahaan komunikasi di Saudi Arabia pertama yang mendapatkan lisensi layanan komunikasi generasi ketiga atau 3G dan lisensi telekomunikasi selama 25 tahun untuk layanan ini[2]. Pada bulan Maret 2008, Mobily diberikan persetujuan oleh CITC (Communication and Information Technology Comission) untuk mengakuisisi Bayanat al-Oula yang telah memiliki lisensi layanan provider seharga 1,5 miliar riyal[2]. Pada November 2008, Mobily mengakuisisi saham di Zaijil, penyedia jasa layanan internet terkemuka di Saudi Arabia[2]. Mobily menguasai sebagian besar saham di Saudi National Fiber Network (SNFN) yang teridiri dari 12,800 KM kabel serat terstruktur yang mencakup 35 kota di Saudi Arabia[2]. Selain itu, Mobily juga menjadi investor utama untuk proyek sambungan komunikasi kabel laut global yang diperkirakan akan beroperasi dalam waktu dekat[2].

Kerjasama dengan Indonesia[sunting | sunting sumber]

Mobily menjadi salah satu operator telekomunikasi di Arab Saudi yang bekerjasama dengan operator komunikasi di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan Axis[3]. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mempermudah komunikasi jamaah haji Indonesia selama menjalankan ibadah haji di Mekah dan Madinah[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Mobily Q4 profit rises 16% to SR1.7bn Arab News, Jan 19, 2012
  2. ^ a b c d e f g h (Inggris) Mobily. "Mobily at Glance!". Diakses tanggal 22-Februari-2015. 
  3. ^ a b (Indonesia) Kabar Mekah. "Operator Telekomunikasi Selama di Tanah Suci". Diakses tanggal 22-Februari-2015.