Misteri Gunung Merapi (seri televisi 1998)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Misteri Gunung Merapi
Genre
PembuatGenta Buana Pitaloka
Ditulis oleh
  • M. Abnar Romli
  • Niki Kosasih
SkenarioM. Abnar Romli
CeritaAsmadi Sjafar
Sutradara
Pemeran
Negara asalIndonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. musim4
Jmlh. episode437 (daftar episode)
Produksi
ProduserBudhi Sutrisno
Lokasi produksi
Pengaturan kameraMulti-kamera
Durasi60 menit
Rumah produksiGenta Buana Pitaloka
DistributorIndosiar Visual Mandiri
Rilis asli
JaringanIndosiar
Rilis1 November 1998 (1998-11-01) –
27 November 2005 (2005-11-27)

Misteri Gunung Merapi adalah serial televisi kolosal Indonesia produksi Genta Buana Pitaloka yang tayang perdana 1 November 1998 pukul 20.30 WIB di Indosiar. Serial ini disutradarai oleh Ucik Supra dan dibintangi oleh Farida Pasha, Herby Latul, Marcelino, Devi Zuliaty, Yuni Sulistyawati .[1]

Musim

Musim Awal tayang Akhir tayang Jumlah episode Jaringan televisi
Musim 1 Minggu, 1 November 1998 Minggu, 26 September 1999 48 Indosiar
Musim 2 Minggu, 3 Oktober 1999 Minggu, 5 Nopember 2000 58
Musim 3 Minggu, 12 Nopember 2000 Minggu, 27 Nopember 2005 261
Musim 4 Senin, 19 Nopember 2018 Minggu, 20 Januari 2019 70 MNCTV
4 musim Minggu, 1 November 1998 Minggu, 27 November 2005 437 2

Sinopsis

Secara historis, Mak Lampir dikunci di dalam sebuah peti mati bertuliskan ayat Alquran oleh Kyai Ageng Prayogo, murid Sunan Kudus yang diperintahkan oleh Sultan, Raden Patah untuk membasmi bid'ah dan menghancurkan Mak Lampir yang jahat.

Cerita kemudian mundur kembali ke peristiwa menjelang pertarungan. Mak Lampir, setelah mengorbankan seorang bayi, berbicara kepada para pengikut Tawny Orchid Sekte tentang kekuatan yang dia terima dari dewa Batara Kala di sarang sekte tersebut, Gua Setan.

Sementara itu, Raden Patah mengadakan pertemuan dengan dewannya mengenai Lampir, yang meneror kerajaan. Dia bertanya kepada Syekh Sunan Kudus tentang calon potensial yang paling memenuhi syarat untuk memimpin misi penindasan terhadap sekte jahat di lereng Gunung Lawu. Sunan kemudian mengamati orang-orang yang hadir dalam pertemuan tersebut dan mengusulkan agar Kyai Ageng Prayogo memimpin penggerebekan tersebut, karena ia melihat cahaya kebaikan di dahi yang terakhir.

Kemarahannya akan merencanakan kerajaan Demak, dan menyantet Kyai Ageng Prayogo. Prayogo menemukan barang tersebut dan dia diserang oleh seekor kucing hitam yang berubah menjadi ular kobra. Dengan kekuatan yang dimilikinya, ia mampu mempertahankan diri dan menghancurkan ular sihir hitam tersebut. Pada saat itu Sunan Suci menyapanya dari pintu dan melihat Prayogo sambil berkata bahwa Prayogo dicobai oleh musuh. Ia mengingatkan Prayogo bahwa musuhnya tidak sembarangan, dan memberikan tongkatnya. Dia berkata bahwa Lampir tidak bisa mati, karena dia adalah ahli ilmu hitam. Satu-satunya cara untuk menghancurkannya adalah dengan mengunci peti dari pantek besi hitam yang dipantek dengan emas di setiap sudutnya.

Lampir yang mengintai dari mangkuk sarang merasa tertantang oleh Sunan Kudus, yang menurutnya tidak bisa dia tiru. Ia meminta bantuan Ratu ke Pantai Selatan, Gusti Roro Kidul. Keesokan harinya, ia dan murid-muridnya berangkat ke Pantai Selatan dan menyiapkan sesajen (kepala kerbau, gagak, makanan dan dupa) biasa memanggil Gusti Roro Kidul yang kemudian di hanyutkan dalam gelombang. Gusti Roro Kidul terlihat dari air bersama dayangnya dan bertanya tentang Mak Lampir. Lampir meminta bantuannya untuk melawan Sunan Kudus. Ratu berkata bahwa ia harus meminta pengampunan, karena Sunan Kudus memiliki bala tentara surga yang tidak dapat ia lihat. Lampir memaksa Ratu untuk membantunya. Ia memberikan cambuk ajaib yang harus dibasahi darah, ditambah dengan pengorbanan suci tujuh bayi. Kyai Ageng Prayogo dan pasukannya sudah dalam perjalanan menuju lereng Gunung Lawu.

Pasukan tiba di lereng Gunung Lawu, Lampir dan siswa mulai bertarung. Pukulan Lampir ditangkis oleh Kyai Ageng Prayogo. Lampir pun memperagakan cambuk saktinya yang mampu mengeluarkan gelombang ledakan saat di pecutkan. Mereka bertarung di atas air. Isi perut Lampir diekstraksi oleh Kyai Ageng Prayogo, dan tenggelam ke dasar. Bagian-bagian tubuh kembali menyatu dan menghidupkan kembali Lampir. Namun Prayogo mengurung Lampir di dalam peti dan menyimpan peti di sarang Lampir. Sebelum Prayogo pergi, Lampir bersumpah akan membalas dendam pada Prayogo. Prayogo menggerogoti sarang Lampir dan pasukan Demak kabur.

130 tahun kemudian, ketika sekelompok pria saat berburu babi hutan, satu per satu, Sarmah, ambruk ke dalam lubang. Temannya, Sersan, memperbesar untuk membantu. Keduanya menjelajahi gua yang penuh tengkorak itu untuk mencari jalan keluar, dan menemukan peti Mak Lampirkan yang ditiban oleh berhala Batara Kala (dan dijaga oleh roh yang mengelilingi peti itu, yang tidak bisa dilihat oleh Sarmah dan Tahir). Mereka berdua mengira itu berisi peti harta karun, dan mencoba membukanya. Mereka berhasil, dan Sarmah menemukan tubuh Mak Lampir tergeletak di dalamnya. Tahir, di sisi lain, melihat harta karun di dalam peti mati. Sarmah mencoba melarikan diri sementara Tahir dengan gila - gilaan dalam ilusi harta karun yang dilihatnya, dan menuduh Sarman sebagai orang yang rakus yang ingin mengambil semua harta itu. Mereka melawan seni bela diri, sedangkan roh Mak Lampir kembali ke tubuhnya. Sarmah dikalahkan dan jatuh di peti mati Mak Lampir, darah menetes ke bibir Mak Lampir. Attach Mak terbangun dan membunuh Sersan, lalu membalik keluar gua. Ia menyatakan balas dendam kepada keturunan Prayogo yang sudah lama meninggal.

Suatu malam, di sebuah desa, beberapa warga ditemukan tewas dengan luka cakar di wajahnya, yang ternyata satu keluarga. Kerajaan Demak yang telah menjadi kerajaan Mataram mengadakan rapat pengurus di istana Sultan. Kaisar ingin turun tangan sendiri untuk mencari pembunuh warga - warga tersebut, namun senopatinya berkata mereka akan mengurusnya.

Adegan kemudian beralih ke pertarungan pencak silat antara beberapa pria dan seorang wanita lansia yang pandai silat di malam hari. Wanita itu mampu diikat oleh Kyai Kanjeng istana, Syekh Ali Akbar, dan ia berbakti pada salah seorang senopati Mataram. Senopati itu pun memerintahkan penjaga untuk menguncinya di dalam sangkar. Ternyata, Mak Lampir telah menjelma menjadi Syekh Ali Akbar tanpa sepengetahuan siapapun.

Keesokan paginya, salah satu senopati wanita sakti membicarakan hal itu dengan bawahannya yang akrab dipanggil Nini Thowok. Senopati itu diperintahkan untuk dibawa kepadanya. Tetapi seorang penjaga melaporkan bahwa wanita itu telah melarikan diri. Kaisar kemudian memerintahkan untuk menangkapnya, hidup atau mati.

Sedangkan sekelompok anak - anak bermain gatrik di pinggiran kampung. Tiba - tiba Mak Lampir muncul dan menangkap gatriknya di udara dan menghancurkannya. Kemudian dia bertanya apakah salah satunya adalah putra Harun Hambali (salah satu keturunan Prayogo). Anak-anak - dan bahkan kemudian melarikan diri dari anak-anak.

Malam harinya, setelah belajar, Sembara, Bashir dan Aji sedang dalam perjalanan pulang ketika salah satu dari mereka, Bashir, mencium bau dupa. Seekor kelelawar besar beterbangan di atas kepala mereka, sedangkan Nyi Bidara mengawasi dari balik semak - semak. Bashir mengompol karena ketakutan, dan mereka bertiga bergegas pulang. Mak tertawa terbahak-bahak Lampir terdengar diatas pepohonan, ikuti anak - anak tersebut. Mereka lari ke rumah Aji untuk bersembunyi, tapi kemudian bahan tertawaan Mak Lampir berhenti, dan Bashir dan blabla pulang. Kemudian pada tengah malam, Mak Lampir menemukan Aji dan ingin menyerang hingga kemudian dihentikan oleh Nyi Bidara. Pertarungan bela diri Nyi Bidara dan Mak Lampir, dan terlihat jelas bahwa keduanya adalah lawan yang setara. Mereka menghilang sebentar, dan ibunya Aji, terbangun, menanyakan kejadian apa yang terjadi di luar. Aji bilang ada orang yang bertengkar, tapi kata ibunya dia ngawur saja.

Keesokan paginya, penduduk desa membicarakan kejadian tadi malam. Mereka mendengar berbagai macam suara dan mencurigai apa - apa yang terjadi. Ternyata seorang wanita telah meninggal karena dicekik nenek. Suaminya, Tuan Raisman datang ke tempat dia dirawat oleh seorang Raden di rumahnya dan mengatakan kepadanya bahwa dia menemukan seorang nenek mencekik istrinya sampai mati sementara putrinya Farida takut, tetapi anehnya, aman dari Mak Lampir. Kanjeng dan Raden pun diminta menemui Farida dan memeriksanya, karena Mak Lampir tidak bisa menyentuhnya.

Sedangkan Nyi Bidara yang dalam keadaan luka - luka di rumahnya dan meminta bantuan suaminya, Kyai Jabad. Nyi Bidara menceritakan bahwa dia pernah bertengkar dengan Mak Lampir, dan suaminya mengetahui cerita Mak Lampir - cerita guru pertama mereka, Ki Banaspati. Nyi Bidara Lampir Mak mengakui bahwa kekuatannya jauh lebih kuat darinya, dan mengatakan kepadanya bagaimana dia bisa dihajar begitu. Sehari sebelumnya, ia berniat menjaga keluarga Pak Raisman dari Mak Lampir (mBok Gino adalah keturunan Prayogo) dan memberikan bala penangkal wahyu kepada Farida, namun mBok Gino menolak dan mengusir Nyi Bidara pergi. Pada malam itu, Mak Lampir datang untuk membunuh keluarga Pak Raisman, dan dia melawannya. Mak Lampir kali ini bersetting melawan Nyi Bidara, berubah menjadi tumbuhan menjalar raksasa yang melilit - lilitan Nyi Bidara, membuatnya babak belur.

Pemeran

Season 1 (1998—1999)

Misteri Gunung Merapi Season 1
Jmlh. episode48
Produksi
Durasi90 menit (20:30 - 22:00 WIB)
Rilis asli
JaringanIndosiar
RilisMinggu, 1 November 1998 –
Minggu, 26 September 1999
Pemeran Peran
Farida Pasha Mak Lampir
Herby Latul Kyai Ageng Prayogo
Badirul
Marcelino Sembara
Devi Zuliaty Farida
Yuni Sulistyawati Farida [a]
Syamsul Gondo Basir
Reyvaldo Luntungan Mardian
George Taka Lindu Aji
Rizal Djibran Lindu Aji [b]
Wulan Guritno Pitaloka/Prihatini
Monica Oemardi Mayangsari/Pendekar Perak
Candy Satrio Jatmiko
Teddy Uncle Panglima Kumbang
Jaka Wardhana
Hadi Leo Sultan Demak
Demang Wirantanu
Ki Sentanu
Ki Bintara
Fendy Pradana Sultan Agung
Hendra Cipta Ki Mandaraka
Chairil JM Tumenggung Surotani
Datuk Ranggasana
Wisnuwardhana Sunan Kudus
Samsuri Kaempuan Kyai Jabat
Nungki Kusumastuti Maryamah
Baron Hermanto Raisman
Anneke Putri Rosminah
Yoga Pratama Sembara kecil
Niken Ayu Farida kecil
Anika Hakim Nyi Bidara
Edi Tambudo Kyai Jabat
Aldona Toncic Nyi Roro Kidul
Nyi Blorong
Karen
Manan Dipa Kyai Ageng Jembar Jumantoro
Fitria Anwar Darasuta/Nyai Kembang
Simon Cader Adolf Pieter
Rizal Muhaimin Alang Kibar
Irman Heryana Suminta
Bagus Sajiwo
Anne J. Cotto Ibunda Bagus Sujiwo
Chaerul JM Ayahnya Bagus Sajiwo
Liza Chaniago Putri Wandan Sari
Katipari
Lannd S. Piana Sentanu
Wingky Harun Kalagondang
Lilis Suganda Wak Bayau
Rindi Antika
Budi Swazkrone Kapten De Voss
Randy Bramasta Kalawika
Hendri Hendarto Banuseta
Rochim Latul Bakawulung
Lella Anggraini Nyi Warik
Benny Burnama Sarkali
Bongkok
Prie Panggih Kyai Karang Senaya
Kyai Gozali
Kyai Jamas
Hans Gunawan Kuwu Darta
Suzanna Meilia Minten
Rinata
Ratu Siluman Srigala
Diana Yusuf Ibu Minten
Piet Pagau Juragan Katma
Ki Bongkok
Yurike Prastika Nyai Sunti
Dhini Aminarti Mandakini
Deo Omen
Titin Asmara Mpok Kutut
Blirik Ki Sangguling
Agus Kuncoro Sultan Agung [c]
Ananda George Kuda Sungsang

Season 2 (1999—2000)

Misteri Gunung Merapi Season 2
Jmlh. episode58
Produksi
Durasi90 menit (20:30 - 22:00 WIB)
Rilis asli
JaringanIndosiar
RilisMinggu, 3 Oktober 1999 –
Minggu, 5 November 2000
Pemeran Peran
Farida Pasha Mak Lampir
Marcelino Sembara
Yuni Sulistyawati Farida
Syamsul Gondo Basir
Rizal Djibran Lindu Aji
Monica Oemardi Mayangsari/Pendekar Perak
Irman Heryana Bagus Sajiwo
Candy Satrio Jatmiko
Rizal Muhaimin Santa Lima/Mata Malaikat
Wingky Harun Kalagondang
Lilis Suganda Rindi Antika
Teddy Uncle Panglima Kumbang
Samsuri Kaempuan Kyai Jabat
Anika Hakim Nyi Bidara
Nungki Kusumastuti Maryamah
Baron Hermanto Raisman
Aldona Toncic Nyi Blorong
Manan Dipa Kyai Ageng Jembar Jumantoro
Agus Kuncoro Sultan Agung
Anto Wijaya Kamasutra
Lyra Virna Nona Corry
Gandasuli
Deo Young Grandong
Suzanna Meilia Kenting Jamas
Dewi Rara
Minten
Dian Kenting Sari
Ulia Sari Kenting Wulan
Febriyanti Kenting Kuning
Christine Dewayanti Winarti
Errina GD Endang Sunarsih
Arif Iskandar Gundala Seta
Chaerul JM Datuk Larang Tapa

Season 3 (2000—2005)

Misteri Gunung Merapi Season 3
Jmlh. episode261
Produksi
Durasi90 menit (20:30 - 22:00 WIB)
Rilis asli
JaringanIndosiar
RilisMinggu, 12 November 2000 –
Minggu, 27 November 2005
Pemeran Peran
Farida Pasha Mak Lampir
Marcelino Sembara
Yuni Sulistyawati Farida
Syamsul Gondo Basir
Rizal Djibran Lindu Aji
Monica Oemardi Mayangsari
Roro Inten
Setelah Anne J. Cotto}}
Irman Heryana Bagus Sajiwo
Candy Satrio Jatmiko
Lyra Virna Gandasuli
Rizal Muhaimin Santa Lima/Mata Malaikat
Wingky Harun Kalagondang
Lilis Suganda Rindi Antika
Nyi Roro Kidul
Chaerul JM Datuk Larang Tapa
Dam Saputra Datuk Larang Tapa (Setelah Chaerul JM)
Anto Wijaya Kamasutra
Fitria Anwar Dewi Ambalika
Teddy Uncle Panglima Kumbang
Samsuri Kaempuan Kyai Jabat
Anika Hakim Nyi Bidara
Manan Dipa Kyai Ageng Jembar Jumantoro
Agus Kuncoro Sultan Agung
Roy Jordy Sultan Agung [d]
Anne J. Cotto Sarkati
Dewi Racun
Dian Kenting Sari
Tukinah
Roro Gandari
Uliasari Kenting Wulan
Endang Cuwiri
Febriyanti Kenting Kuning
Inong
Christine Dewayanti Kumbalini
Reynaldi Rangga Setan
Sawung Dahana
Welu
Jhon Thasrif Sawung Dahana dewasa
Kiki Grandong [e]
Deo Mahesa Jenar kecil
Choky Andriano Mahesa Jenar
Ahmad Affandy Mahesa Jenar [f]
Errina GD Dewi Sendok
Mawar Putih
Dewi Iprih
Hellya Septiana Dewi Bajul
Arif Iskandar Gundala Seta
Setan Utara 1
Dwi Andhika Bondan
Angel Karamoy Puspita
Lucky Hakim Raden Samba
Sofie Amalia Sukmawati
Roro Setyawati
Budi Chaerul Ki Dunia Banda
Gundala Seta
Penty Nur Afiani Ayu Wulandari
Rah Syahputra Blotong
Chris Chandra
Imel Putri Cahyati Citrasena
Mahisa Aulia Dinsi Tirta/Jaka Lelana
Suzanna Meilia Minten
Wulandari
Rindi Antika [g]
Revi Mariska Winarih (Putri Dewi Ambalika & Kamasutra)
Dewi Kala
Dian Selasih
Ananda George Ismoyo
Sandy Permana Rangga Setan
Aryasoma
Nurman Arief Grandong/Indrajit
Ki Wangs
Prabu Naga Pratala
Ki Bagaspati
Denaya Bintang Azmi Nyi Tuwi
Puspa
Amprah Erlangga Ki Lupit
Murti Sari Dewi Nyai Parwati
Ratu Annisa Putri Rembulan
Diaz Erlangga Gendowor/Topeng Hitam
Dani Permana Tumenggung Martoloyo
Afdhal Yusman Puspo Negoro
Ricky Rifky
Hans Gunawan Kyai Jumantoro
Aris Kurniawan Aji Basa Pamungkas/Bayu Seta
Reyvaldo Kapten Marcus
Tumenggung Wiralaga
Sang Hyang Naga Percona
Dewa Petir
Sigit Antonio Raden Sutejo
Amangkurat I
Temmy Rahadi Murid Datuk Larang Tapa
Bima Sena Pangeran Purbaya
Rendy Bramasta Tumenggung Alap Alap
Ruslan Basri Kyai Jabat
R. Novel Kyai Basari
Fairus Salam Dewi Sekar Arum
Alex Bernard Kyai Ageng Sebayu
Ratu Anya Sang Hyang Kili
Imelda Soraya Nyi Blorong
M. Arif Setan Utara 3
Nurcholis Raden Permadi/Wiratsangka
Andez Raditya Raden Permadi/Wiratsangka [h]
N/A Banowati
N/A Nagasariti
Alan Ki Welang
Puput Nyi Weling
Lisda Oktaviani Nandini (siluman ular)
Roro Grinsing
Nyi Blorong [i]
Faisal Bugis Pangeran Trunojoyo
Arifin Gunawan Jaka
Kuma Somala
Husein Khalia Hiralal Shangker
Tumenggung Martopuro
Setan Bongkok
Alfiano Kala Roma Abang
Zaenal Patikawa Ki Pangalanan
Wawan Ki Mertani
Wawan Bima Ki Sumangkar
Mack Reynaldo Pangemis Tangan Seribu
Yoseph Holne Ki Panut
Rossi Ayu Nyi Panut
Ambarwati
Yuri Zhang Mawar Putih [j]
Keterangan
  • N/A: Not Available

Catatan

  1. ^ Setelah Devi Zuliaty
  2. ^ Setelah George Taka
  3. ^ Setelah Fendy Pradana
  4. ^ Setelah Agus Kuncoro
  5. ^ Setelah Arief Nurman
  6. ^ Setelah Choky Andriano
  7. ^ Setelah Lilis Suganda
  8. ^ Setelah Nurcholis
  9. ^ Setelah Imelda Soraya
  10. ^ Setelah Errina GD

Referensi

  1. ^ "Kabar Para Pemain Misteri Gunung Merapi". Idntimes.com. Diakses tanggal 12 September 2019. 

Pranala luar