Miri, Sragen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Miri
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenSragen
Pemerintahan
 • CamatAgus Winarno, S.Sos
Luas5.380,99 Ha/53,81 Km2
Kepadatan-598,978 jiwa/km&sup2/5,9898 jiwa/Hektar
Desa/kelurahan10 Desa

Miri (Hanacaraka: ꦩꦶꦫꦶ, bahasa Jawa: Miri) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Miri terletak di sebelah barat Ibu Kota Kabupaten Sragen berjarak 35 Km (25 Km dari Kota Surakarta).

Desa[sunting | sunting sumber]

  1. Bagor
  2. Brojol
  3. Doyong
  4. Geneng
  5. Gilirejo
  6. Gilirejo Baru
  7. Girimargo
  8. Jeruk
  9. Soko
  10. Sunggingan

Batas wilyah[sunting | sunting sumber]

Potensi wisata[sunting | sunting sumber]

Tempat wisata Gunung Kemukus berlokasi di kecamatan ini. Tekstur wilayahnya yang berbukit dan lebatnya pohon di wilayah pedalaman kecamatan Miri menjadi daya tarik tersendiri, hal ini bisa menjadi pertimbangan bahwa kecamatan Miri menjadi daerah desa wisata. Di daerah Brojol terdapat sebuah bendungan bernama 'Waduk Kedung Kancil', tetapi disekitarnya masih terlihat gersang dan belum memiliki daya tarik. Di daerah Gunung Sono tempat yang cukup menarik untuk dijadikan daerah pemancingan dari aliran waduk Kedung Ombo. Di daerah Girimargo, terdapat penangkaran benih ikan gurame, karper, dan nila.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Miri, merupakan pendidikan unggulan di wilayah Kecamatan Miri. SMK ini membuka 4 program keahlian yaitu Teknik Mekanik Otomotif, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Listrik Pemakaian, dan Multimedia.