Mikrohijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Teknisi memanen berbagai jenis sayuran mikro untuk studi umur simpan dan analisis nutrisi

Mikrohijau atau sayuran mikro adalah sayuran hijau (jangan bingung dengan kecambah atau tunas ) yang dipanen tepat setelah daun kotiledon berkembang dengan satu set daun sejati . Mereka digunakan sebagai peningkatan visual, rasa dan tekstur. Mickrohijau digunakan untuk menambah rasa manis dan pedas pada makanan. Mikrohijau lebih kecil dari “baby green karena dipanen segera setelah bertunas, bukan setelah tanaman matang untuk menghasilkan banyak daun.

Mikrohijau dapat menjadi hiasan untuk salad, sup, sandwich, dan sajian. [1] [2] Beberapa resep menggunakannya sebagai hiasan sementara yang lain menggunakannya sebagai bahan utama.

Sayuran muda yang dapat dimakan dihasilkan dari berbagai jenis sayuran, herba, atau tanaman lain. Ukurannya berkisar dari 1 hingga 3 inci (2,5 hingga 7,6 cm), termasuk batang dan daun . Batang dipotong tepat di atas garis tanah saat panen . Mikrohijau telah mengembangkan daun kotiledon sepenuhnya dan biasanya, sepasang daun sejati kecil yang berkembang sebagian .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mikrohijau mulai muncul di menu koki sejak tahun 1980-an di San Francisco. [1] Di California Selatan, mikrohijau telah ditanam sejak pertengahan tahun 90 ‑ an. Awalnya, beberapa varietas ditawarkan; yang tersedia adalah: arugula, basil, bit, kubis keriting, ketumbar, dan campuran warna-warni yang disebut "Rainbow Mix". Setelah menyebar ke arah timur dari California, mereka sekarang ditanam di sebagian besar wilayah Amerika Serikat, dengan varietas yang semakin banyak. Saat ini, industri microgreens di AS terdiri dari berbagai perusahaan benih dan penanam . [1]

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Mikrohijau memiliki tiga bagian dasar: batang tengah, daun atau daun kotiledon, dan biasanya, pasangan pertama daun sejati yang sangat muda. Ukurannya bervariasi tergantung pada varietas spesifik yang ditanam, dengan ukuran tipikal 1 hingga 15 in (25 hingga 381 mm) dengan panjang total. Ketika tanaman tumbuh melebihi ukuran ini, umumnya tidak lagi dianggap sebagai mikrohijau, melainkan disebut mungil hijau. Waktu tanam rata-rata untuk mikrohijau yang tumbuh cepat, seperti banyak brassica, adalah 10–14 hari dari penyemaian hingga panen. [1] [3] [4] Mikrohijau yang tumbuh lebih lambat, seperti bit, chard, dan banyak herba, mungkin memerlukan waktu 16–25 hari untuk mencapai ukuran yang dapat dipanen. Baby greens dan mikrohijau tidak memiliki definisi hukum. Istilah "baby greens" dan "mikrohijau" adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk menjelaskan kategorinya masing-masing. Kecambah adalah biji berkecambah dan biasanya dikonsumsi sebagai tanaman utuh (akar, biji, dan pucuk), tergantung pada spesiesnya. Kecambah dari badam, labu, dan kacang dilaporkan memiliki rasa yang lebih enak saat dipanen sebelum perkembangan akar. Kecambah didefinisikan secara hukum dan memiliki peraturan tambahan mengenai produksi dan pemasarannya karena risiko kontaminasi mikroba yang relatif tinggi dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya. Penanam yang tertarik memproduksi kecambah untuk dijual harus menyadari risiko dan tindakan pencegahan yang dirangkum dalam publikasi FDA Guidance for Industry: Reducing Microbial Food Safety Hazards for Sprouted Seeds (FDA 1999). [5]

Pertumbuhan[sunting | sunting sumber]

Mikrohijau umumnya digambarkan sebagai tanaman yang lebih mudah tumbuh tetapi mungkin memiliki komplikasi mulai dari mencegah dan mengelola pertumbuhan jamur atau jamur hingga menyediakan nutrisi dan media tanam yang tepat untuk tanaman untuk memastikan hasil yang berkualitas. Banyak petani "halaman belakang" kecil bermunculan menjual sayuran mereka di pasar petani atau ke restoran.[6] Wadah plastik dangkal dengan lubang drainase, seperti flat pembibitan atau kotak salad kemasan, akan memudahkan perkecambahan dan pertumbuhan dalam skala kecil.[7] Namun, untuk penanaman skala komersial, baki khusus yang lebih cocok untuk menumbuhkan dan mendukung mikrohijau digunakan.

Menumbuhkan dan memasarkan mikrohijau berkualitas tinggi secara komersial lebih intensif, tetapi juga menunjukkan potensi untuk menyediakan produk berkualitas lebih baik di bawah lingkungan yang terkendali dan steril dan dapat memberi komunitas lokal keragaman nutrisi yang lebih baik dalam skala besar. [5] Pencahayaan buatan tidak selalu diperlukan untuk menumbuhkan mikrohijau tetapi diperlukan untuk pengaturan komersial dalam ruangan. Mikrohijau dapat tumbuh di bawah berbagai kondisi pencahayaan, termasuk cahaya alami tidak langsung dan lampu tumbuh, tetapi beberapa sumber cahaya diperlukan agar mereka tumbuh cukup untuk panen. [8] Kondisi pencahayaan yang berbeda dapat mengubah cita rasa mikrohijau yang ditanam. Misalnya, sayuran mikro jagung manis saat ditanam dalam gelap, tetapi menjadi pahit saat terkena cahaya karena proses fotosintesis yang terjadi pada tanaman yang bertunas. [8]

Dioda pemancar cahaya, atau dikenal sebagai LED, sekarang memberikan kemampuan untuk mengukur dampak panjang gelombang cahaya pita sempit pada fisiologi pembibitan. Karotenoid zeaxanthin telah dihipotesiskan menjadi reseptor cahaya biru dalam fisiologi tanaman. Sebuah penelitian dilakukan untuk mengukur dampak cahaya biru berdurasi pendek pada senyawa fitokimia, yang memberikan kualitas nutrisi dari kecambah brokoli. Microgreens brokoli ditanam di lingkungan yang terkendali di bawah LED menggunakan bantalan tumbuh. Cahaya biru durasi pendek bertindak untuk meningkatkan senyawa fitokimia penting yang mempengaruhi nilai gizi sayuran mikro brokoli.[9]

Tanaman keluarga solanaceae seperti kentang, tomat, terong, dan paprika tidak boleh ditanam dan dikonsumsi sebagai mikrohijau, karena kecambah tanaman keluarga solanaceae beracun. [8] Kecambah ini mengandung alkaloid beracun seperti solanin dan tropan, yang dapat menyebabkan gejala buruk pada sistem pencernaan dan saraf. [10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Specialty Greens Pack a Nutritional Punch". USDA. Diakses tanggal 23 January 2014. 
  2. ^ Millard, E. (2014). Indoor Kitchen Gardening: Turn Your Home Into a Year-round Vegetable Garden. Cool Springs Press. hlm. 63. ISBN 978-1-61058-981-9. Diakses tanggal May 28, 2017. 
  3. ^ Vanderlinden, Colleen. "Grow Your Own Microgreens". About.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-03. Diakses tanggal 30 January 2014. 
  4. ^ "What are Microgreens?". Waterfields. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-02. Diakses tanggal 2015-03-04. 
  5. ^ a b Treadwell, Danielle D. "Microgreens: A New Specialty Crop". Univ. of Florida IFAS Extension. Diakses tanggal 31 January 2014. 
  6. ^ "Selling Microgreens". Instageeked. Diakses tanggal December 8, 2020. 
  7. ^ Galloway, Will. "Growing Microgreens Indoors". Organic Gardening. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2015. Diakses tanggal 21 October 2015. 
  8. ^ a b c "Growing Microgreens and Sprouts Part 3: Growing and Eating". KUED (Utah State University). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-06. Diakses tanggal 2023-06-09. 
  9. ^ Kopsell, Dean A. "Increases in Shoot Tissue Pigments, Glucosinolates, and Mineral Elements in Sprouting Broccoli after Exposure to Short-duration Blue Light from Light Emitting Diodes". Journal of the American Society for Horticultural Science. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2013. Diakses tanggal 31 January 2014. 
  10. ^ "Solanine poisoning – how does it happen?". 7 February 2014. Diakses tanggal 24 September 2018.