Mikrograf

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mikrograf atau Sebuah photomicrograph atau Micrograph adalah foto atau gambar digital yang diambil melalui mikroskop atau perangkat serupa untuk menunjukkan gambar yang diperbesar dari suatu objek. Ini bertentangan dengan macrograph atau photomacrograph, gambar yang juga diambil pada mikroskop tetapi hanya sedikit diperbesar, biasanya kurang dari 10 kali. Mikrografi adalah praktik atau seni menggunakan mikroskop untuk membuat foto.

Sebuah mikrograf berisi perincian luas mikro. Banyak informasi dapat diperoleh dari mikrograf sederhana seperti perilaku material dalam kondisi yang berbeda, fase yang ditemukan dalam sistem, analisis kegagalan, estimasi ukuran butir, analisis unsur dan sebagainya. Mikrograf banyak digunakan di semua bidang mikroskop.[1]

Jenis-Jenis Mikrograf[sunting | sunting sumber]

Photomicrograph Mikrograf atau fotomikrograf cahaya adalah mikrograf yang dibuat menggunakan mikroskop optik, suatu proses yang disebut sebagai fotomikroskopi . Pada tingkat dasar, fotomikroskopi dapat dilakukan hanya dengan menghubungkan kamera ke mikroskop, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan pembesaran yang cukup tinggi.

Penggunaan ilmiahnya dimulai di Inggris pada tahun 1850 oleh Prof Richard Hill Norris .FRSE untuk studi sel darahnya.

Roman Vishniac adalah pelopor di bidang fotomikroskopi, yang mengkhususkan diri dalam fotografi makhluk hidup dalam gerakan penuh. Dia juga membuat perkembangan besar dalam fotografi gangguan cahaya dan fotomikroskopi warna.

Photomicrographs juga dapat diperoleh dengan menggunakan mikroskop USB yang terpasang langsung ke komputer atau laptop.

Mikrograf elektron Mikrograf elektron adalah mikrograf yang dibuat menggunakan mikroskop elektron.[2]

Pembesaran (Teknik)[sunting | sunting sumber]

Pembesaran adalah perbandingan antara ukuran suatu objek pada gambar dan ukuran sebenarnya. Sayangnya, pembesaran bisa menjadi parameter yang menyesatkan karena tergantung pada ukuran akhir dari gambar yang dicetak dan karenanya bervariasi dengan ukuran gambar. Bilah skala, atau bilah mikron, adalah garis yang diketahui panjangnya ditampilkan pada gambar. Bilah dapat digunakan untuk pengukuran pada gambar. Ketika gambar diubah ukurannya, bar juga diubah ukurannya sehingga memungkinkan untuk menghitung ulang pembesaran. Idealnya, semua gambar yang ditujukan untuk publikasi / presentasi harus dilengkapi dengan bar skala; rasio perbesaran adalah opsional. Semua kecuali satu (batu kapur) dari mikrograf yang disajikan pada halaman ini tidak memiliki batang mikron; rasio perbesaran yang disediakan kemungkinan salah, karena tidak dihitung untuk gambar pada ukuran saat ini.[3]

  1. ^ https://www.wired.com/2014/06/take-a-trip-through-the-strange-worlds-within-gemstones/
  2. ^ http://calmview.bham.ac.uk/GetDocument.ashx?db=Catalog&fname=US41.pdf
  3. ^ https://www.vice.com/en_us/article/paynng/roll-your-blunts-and-peer-inside-these-gemstones