Roman Vishniac

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Roman Vishniac (Bahasa Rusia : Рома́н Соломо́нович Вишня́к) (lahir 19 Agustus 1897 - 22 Januari 1990) adalah seorang fotografer Rusia-Amerika, yang terkenal karena mengabadikan pada film budaya orang - orang Yahudi di Tengah dan Rusia. Eropa Timur sebelum Holocaust. Arsip utama karyanya disimpan di International Center of Photography hingga 2018, ketika putri Vishniac, Mara Vishniac Kohn, menyumbangkannya ke Koleksi Seni dan Kehidupan Yahudi Magnes di University of California, Berkele.[1]

Riwayat pencapaian[sunting | sunting sumber]

Vishniac adalah seorang fotografer yang serbabisa, seorang ahli biologi ulung, seorang kolektor seni dan guru sejarah seni. Dia juga membuat kontribusi ilmiah yang signifikan untuk fotomikroskopi dan fotografi selang waktu. Wisnu sangat tertarik pada sejarah, terutama leluhurnya, dan sangat melekat pada akar Yahudi-nya; dia adalah seorang Zionis di kemudian hari.

Roman Vishniac memenangkan pengakuan internasional atas foto-fotonya tentang shtetlach dan ghetto-ghetto Yahudi, potret selebriti, dan biologi mikroskopis. Bukunya A Vanished World , diterbitkan pada tahun 1983, membuatnya terkenal dan merupakan salah satu dokumentasi bergambar budaya Yahudi yang paling terperinci di Eropa Timur pada 1930-an. Wisnu juga dikenang karena humanisme dan rasa hormatnya terhadap kehidupan, sentimen yang dapat dilihat dalam semua aspek karyanya.

Pada 2013, putri Vishniac, Mara (Vishniac) Kohn menyumbangkan ke Pusat Fotografi Internasional gambar dan dokumen yang menyertainya terdiri dari pameran keliling ICP "Roman Vishniac Rediscovered" traveling.

Pada bulan Oktober tahun 2018, Kohn menyumbangkan arsip Vishniac dari sekitar 30.000 item, termasuk foto negatif, cetakan, dokumen dan memorabilia lainnya yang telah disimpan di ICP untuk Koleksi Magnes Seni dan Kehidupan Yahudi, sebuah unit Universitas California di Sistem perpustakaan Berkeley.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://web.archive.org/web/20120327101018/http://museum.icp.org/vishniac/
  2. ^ https://www.worldcat.org/title/day-of-pleasure-stories-of-a-boy-growing-up-in-warsaw/oclc/59403?tab=holdings