Michael van Langren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Michael van Langren  (April 1598  – Mei 1675) adalah seorang astronom dan kartografer dari Low Countries . Katolik, dia terutama mendapatkan pekerjaan dalam pelayanan Monarki Spanyol .

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Michael van Langren adalah anggota termuda dari keluarga kartografer Belanda. Ia dibaptis pada tanggal 27 April 1598 di Amsterdam .

Kakeknya, Jacob van Langren , lahir di Gelderland tetapi pindah ke Belanda Selatan dan kemudian ke Amsterdam , tempat kelahiran putra-putranya Arnold dan Hendrik . Tidak seperti biasanya, setiap anggota keluarga tetap mempertahankan variasi patronim Yakub, Floresz, dan bukan patronim mereka sendiri-sendiri. Jacob dan putra-putranya memproduksi bola dunia dari tahun 1580, baik yang terestrial maupun surgawi. Sepasang bola langit tahun 1586 yang masih ada berdasarkan data astronomi yang diberikan oleh Rudolf Snellius, ayah Willebrord Snellius , sementara Petrus Plancius berkolaborasi pada edisi tahun 1589. Pada tahun 1592, Jenderal Negara memberikan keluarga Van Langren monopoli dalam produksi bola dunia, yang menyebabkan pertengkaran dengan Jodocus Hondius .

Arnold dan Hendrik juga membuat peta. Peta dunia mereka pada pertengahan tahun 1590-an biasanya diambil setelah peta Plancius atau Ortelius , namun terkadang berisi hal-hal baru berdasarkan penemuan terkini seperti menggambarkan Nova Zembla sebagai sebuah pulau atau Korea sebagai semenanjung.

Arnold pindah bersama keluarganya, termasuk putranya Jacob dan Michael, dari Amsterdam ke Antwerpen sekitar tahun 1609, selama gencatan senjata antara kerajaan Spanyol dan Jenderal Negara . Dari pemerintahan Spanyol ia mendapat gelar Sphérographe de leurs Altesses dan dianugerahi hibah sebesar 300 livre untuk biaya kepindahannya.

Michael van Langren tidak menerima pendidikan universitas. Ia menjadi kartografer dan insinyur . Dia akan menjabat sebagai Royal Cosmographer dan Matematika untuk Raja Philip IV dari Spanyol , dan dibantu dalam karyanya oleh perlindungan Isabella Clara Eugenia . Dia meninggal pada Mei 1675 di Brussel .

Kontribusi[sunting | sunting sumber]

Langren's map (1645)

Di antara kontribusinya adalah upaya menentukan garis bujur[1] .  Untuk menunjukkan besarnya masalah, ia membuat grafik data statistik pertama (yang diketahui), yang menunjukkan rentang perkiraan jarak bujur antara Toledo dan Roma . Dia percaya bahwa dia dapat meningkatkan keakuratan penentuan garis bujur, khususnya di laut, dengan mengamati puncak dan kawah Bulan saat muncul dan menghilang, tidak hanya selama gerhana Bulan tetapi juga selama seluruh bulan. Hal ini mendorongnya untuk membuat peta Bulan (diterbitkan pada tahun 1645), dan ia berencana membuat peta Bulan dalam tiga puluh fase berbeda , namun tidak pernah merealisasikan rencana tersebut. Ia adalah orang pertama yang memberi nama pada berbagai ciri bulan, namun hanya sedikit dari nama-nama tersebut yang diterima secara luas karena sebagian besar berhubungan dengan raja, ilmuwan, dan seniman Katolik[2].

Graph of statistical data, showing the wide range of estimates of the distance in longitude between Toledo and Rome.

Ia juga mempublikasikan pengamatannya terhadap komet tahun 1652, C/1652 Y1 . Ia membuat berbagai peta Spanyol Belanda , dan menghasilkan rencana pembangunan pelabuhan dekat Dunkirk , perbaikan pelabuhan Ostende , upaya pembersihan kanal Antwerp , konsep pengendalian banjir, dan benteng pertahanan.

Dia menamai kawah Langrenus di Bulan dengan namanya sendiri, dan nama tersebut bertahan hingga saat ini..

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PI GUY: On Michael Van Landgren, The Moon and The Longitude Problem – aNewDomain". anewdomain.net. Diakses tanggal 2024-03-17. 
  2. ^ Vanpaemel, Geert (2008-03-01). "Dubbelportret: Michiel-Florent Van Langren (ca. 1600-1675) als ingenieur en astronoom". Studium. 1 (1): 13. doi:10.18352/studium.1452. ISSN 2212-7283.