Michael Lerner (rabi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Michael Lerner adalah seorang aktivis politik, dan editor Tikkun, sebuah majalah dwi-bulanan progresif Yahudi dan antar-iman yang terkemuka yang berbasis di Berkeley, California. Lerner memperoleh gelar B.A. dari Universitas Columbia dan belajar di Seminari Teologi Yahudi. Ia menjadi mahasiswa kesayangan Abraham Joshua Heschel. Sementara di Seminari, Lerner terpilih sebagai presiden Atid di tingkat nasional, yaitu organisasi perguruan tinggi dari Persatuan Singagoga Amerika.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kecil dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lerner menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Columbia pada 1964. Pada tahun yang sama ia memulai program pasca-sarjananya dalam bidang filsafat di Universitas California, Berkeley dan akhirnya memperoleh gelar Ph.D. pada 1972 dalam bidang filsafat. Ia pernah menjadi pembantu dosen untuk Profesor Richard Lightman, Thomas Nagel, Hubert Dreyfus, dan Herbert Marcuse (yang saat itu sedang berkunjung dari Universitas California, San Diego). Ia pernah belajar di bawah bimbingan Michael Scriven, Sheldon Wolin, Philip Selznick, Benson Mates, John Searle, dan lain-lainya. Disertasinya mengemukakan pemikirannya tentang dasar etika yang obyektif dan menentang berbagai bentuk relativisme etika.

Ketika di Berkeley, Lerner menjadi pemimpin dari gerakan mahasiswa Berkeley, anggota dari komite eksekutif Gerakan Kebebasan Berbicara, dan ketua dari organisasi Mahasiswa untuk Masyarakat Demokratis, cabang Berkeley, pada 1966-1968. Setelah mengajar filsafat hukum di Universitas Negara San Francisco, ia menerima pekerjaan sebagai profesor madya dalam ilmu filsafat di Universitas Washington serta mengajar etika, filsafat sosial dan politik, filsafat sastra dan kebudayaan, dan pengantar ke dalam filsafat.

Sebuah kelompok dari Mahasiswa untuk Masayrakat Demokratis yang disebut The Weathermen memperkenalkan kekerasan ke dalam gerakan anti perang sebagai tanggapan terhadap kekerasan polisi. Lerner marah terhadap kelompok ini dan karenanya ia membentuk sebuah organisasi baru sebagai alternatifnya, yang dinamai Front Pembebasan Seattle.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]