Mesh-ki-ang-gasher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mesh-ki-ang-gasher (Mèš-ki-áĝ-ga-še-er, Meš-ki-aĝ-gašer; juga ditransliterasikan Mes-Kiag-Gasher, Mesh-Ki-Ang-Gasher, Meskiagkasher, Meckiagkacer dan variannya) merupakan seorang penguasa Sumeria dan pendiri Dinasti Pertama Uruk.

Catatan sejarah[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan ayahanda Enmerkar menurut Daftar Raja Sumeria. Jika ia adalah seorang penguasa sejarah, maka ia akan berkembang pada sekitar abad ke-28 SM (Zaman Perunggu).

"Di E-ana, Meš-ki-aĝ-gašer, putra Utu, menjadi en dan Lugal; ia bertakhta selama 324 [varian: 325] tahun. Meš-ki-aĝ-gašer memasuki laut dan menghilang. Enmerkar, putra Meš-ki-aĝ-gašer, raja Uruk, yang membangun Unug [varian: dibangun di bawah Unug], menjadi raja; ia bertakhta selama 420 tahun. "[1]

E-ana ("rumah surga") adalah nama kuil untuk Inanna di Uruk. Entri tersebut membuat Mesh-ki-ang-gasher memerintah benteng atau kastil di kota Uruk yang akan dibangun putranya, dan menjadi kuil utama bagi dewi pelindungnya.

Tidak seperti penerusnya Enmerkar, Lugalbanda, Dumuzid šukud dan Gilgames, Mesh-ki-ang-gasher tidak diketahui dari epos Sumeria atau legenda selain Daftar Raja. Sifatnya sebagai putra dewa matahari, pendiri dinasti besar dan misterius "lenyapnya" di laut memberinya cita rasa sebagian besar mitologis. Putranya Enmerkar juga disebut "putra Utu" di dalam legenda Sumeria Enmerkar dan Penguasa Aratta — di mana selain dari pendiri Uruk, Enmerkar juga berjasa membangun sebuah kuil di Eridu dan dengan penemuan tulisan.

Di dalam sistem David Rohl tentang pengenalan individu zaman perunggu dengan karakter-karakter di dalam Alkitab Ibrani, Mesh-ki-ang-gasher sesuai dengan Kush (Kûš).[2]

Didahului oleh:
Dinasti pertama Kiš
Raja Sumeria
skt. abad ke-28 SM, atau legendaris
Diteruskan oleh:
Enmerkar
Lowong Ensi dari Uruk
skt. abad ke-28 SM, atau legendaris

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Electronic Text Corpus of Sumerian Literature
  2. ^ Legend: Genesis of Civilisation Arrow Books Ltd, London, 1999, pp. 451-452. See also Mizraim.