Mersin İdman Yurdu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mersin İdmanyurdu S.K.
Mersin idman yurdu.png
Nama lengkap Mersin İdmanyurdu Spor Kulübü
Julukan Kırmızı Şeytanlar
(The Red Devils)
Didirikan 16 Agustus 1925 (1925-08-16) (92 tahun lalu)
Stadion Mersin Arena, Mersin, Turkey
(Kapasitas: 25,534)
President Ali Kahramanlı
Manajer Bülent Korkmaz
Liga Super Lig
2014–15 Super Lig, 7th
Situs web Situs web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Soccerball current event.svg Musim ini

Mersin İdmanyurdu (juga Mersin İdman Yurdu, Mersin İY atau MİY) adalah sebuah klub olahraga Turki dari Mersin, di timur Region Mediterranean Turki. Lapangan tim sebelumnya adalah 10,125 capacity Stadion Tevfik Sırrı Gür yang berkapasitas 10.125.[1] Pada 2013, stadion baru mereka yang berkapasitas 25.534 orang, Stadion Mersin Baru, telah diresmikan pada tanggal 23 Maret 2013 dengan sebuah pertandingan Liga Pertama TFF melawan Gaziantep Büyükşehir Belediyespor. Para rival utama mereka adalah Adana Demirspor, Adanaspor dan Tarsus İdmanyurdu, dan berteman dengan Bucaspor.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama "Mersin İdman Yurdu" berasal dari bahasa Turki yang setara dengan "Mersin Sports Club" (Klub Olahraga Mersin). Pada masa awal pembentukan Republik Turki, banyak klub olahraga membawa nama-nama seperti itu. Kemudian, sebagian besar dari mereka klub-klub itu, baik itu oleh penggabungan ataupun penggantian nama, mengubah nama mereka. Nama "Idman Yurdu" tetap bertahan pada beberapa klub di seluruh negeri. Kemudian ia telah kehilangan maknanya. Oleh karena itu "İdmanyurdu" telah menjadi nama khusus untuk klub. Kemudian, klub mengadopsi nama "Mersin İdmanyurdu Spor Kulubu". Dalam bentuk aslinya, nama Idman yurdu ditulis secara terpisah. Namun, karena norma pada nomina frase yang telah kehilangan maknanya ditulis secara menyatu, maka nama tim telah menjadi "Mersin İdmanyurdu". (Genclerbirligi adalah contoh lain yang merupakan gabungan dari "Gencler" dan "Birliği", yang berarti Persatuan Pemuda, dan juga: Galatasaray, Fenerbahce dan Besiktas yang namanya disambung/dirangkai sedemikian rupa.). Saat ini, penggambarannya yang umum di Turki adalah MIY: Beberapa menuliskannya secara terpisah (Singkatan yang mungkin, Dalam bahasa Turki, bahkan jika kata-kata telah diperbantukan (disambung menjadi satu kata)).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mersin İdmanyurdu adalah salah satu klub tertua di region Mediterrenean. Klub ini didirikan pada tanggal 16 Agustus tahun 1925 sebagai Mersin Genclerbirligi (bahasa Inggris: Persatuan Pemuda Mersin) selama pertemuan antara Edip Buran dan teman-temannya İbrahim Yekta, Fevzi Serdengeçti, Asım Güler, Muhip Batıbeki, Necati Salim, Lütfi Resimci, Sami İstanbullu, Hayri Güntekin, Hakkı Cemal Üçer, Hasan Tahsin, Mustafa Lütfi. Tujuan mereka adalah untuk menyediakan bagi pemuda Mersin kegiatan untuk mengisi waktu luang mereka yang panjang dengan olahraga pada hari-hari musim panas di Mersin. Kemudian, klub memperoleh izin dengan partisipasi pendiri lainnya, yaitu İbrahim Bigam, İhsan Dağıstan, Hamit Abey, Rauf Süleymaniyeli, Semih Can, Ömer, Cevdet Türkmenli, Kazım Kırzade and Muharrem Yeğin.[2][3]

Warna pertama tim adalah merah dan putih. Klub berubah nama menjadi Mersin Idman Yurdu pada tahun 1926, dan warna mereka berubah menjadi biru merah dan gelap.[4]

Mersin İdmanyurdu telah memenangi gelar regional setiap tahun sejak berdirinya sampai 1964, kecuali selama musim 1949-50 ketika Mersin Demirspor merebutnya. Pada tahun 1944, tim meraih tempat ketiga di Kejuaraan Nasional Turki. Pada tahun 1952, klub meresmikan stadion baru mereka, Tevfik Sırrı Gür Stadyumu,[5] dengan memainkan sebuah pertandingan pembukaan menghadapi Galatasaray yang berakhir dengan 3-3.[6]

Pada tahun 1957, klub disponsori oleh Çukurova Group dan mengadopsi nama Çukurova İdmanyurdu. Tim kembali finish ketiga di Kejuaraan Amatir Turki.[6] Çukurova İdmanyurdu, sebagai "klub amatir yang cukup terkenal dari kota Mersin",[7] berubah menjadi profesional dan dipromosikan ke liga tingkat kedua Turki yang didirikan pada musim 1963-64. Çukurova İdmanyurdu kembali menjadi juara amatir Turki pada musim 1962-63. Ketika mereka menjadi bagian dari divisi dua Turki, mereka merupakan salah satu dari hanya tiga klub yang berasal dari luar kota-kota besar İstanbul, Ankara dan İzmir, klub lainnya adalah Adana Demirspor dan Bursaspor.

Klub pada bulan Juni 1966 berubah nama menjadi Mersin İdmanyurdu dan menjadi juara divisi dua Turki pada musim 1966-67. Pada akhir musim mereka memenangkan Piala Kanselir (atau Perdana Menteri Cup) dengan mengalahkan pemenang Kejuaraan Amatir. Dimulai pada musim 1967-1968 mereka bermain di divisi tingkat atas Turki selama 7 tahun berturut-turut dan 11 tahun di total.

Setelah musim 1982-1983, MIY diturunkan dari 1.Lig. Mereka bermain di divisi dua hingga pembentukan divisi tingkat kedua kelompok-satu pada 2001-02. Dikarenakan posisi mereka di musim 2000-01 maka mereka secara otomatis diturunkan ke liga tingkat ketiga yang dibentuk dengan nama "Liga Kedua, Kategori B". Mereka menghabiskan satu musim di sana dan dipromosikan ke divisi dua (Liga Kedua, Kategori A). Setelah musim 2005-06, mereka terdegradasi lagi ke divisi ketiga.

Mereka menyelesaikan musim 2008-09 pada playoff TFF Liga Kedua (divisi tiga) di tempat kedua dan maju ke divisi dua, sekarang dengan nama TFF Liga Pertama, juga dikenal sebagai Bank Asya 1. Lig. Setelah menghabiskan dua musim di Liga TFF Pertama, MIY menjadi juara Bank Asya 1. Lig 2010-11 dan dipromosikan ke Süper Lig 2011-12 setelah absen dari liga tertinggi selama 28 tahun. Kejuaraan mereka secara luas dikaitkan dengan pelatih Nurullah Saglam, yang mengambil alih tim setelah minggu 9 selama musim itu. Mereka mengakhiri Liga Super sebagai yang ke-12 di musim 2011-12, namun terdegradasi lagi ke Liga Pertama setelah berakhir diposisi ke-18 atau yang terakhir di musim 2012-13. MIY menyelesaikan League Pertama sebagai yang ke-6 dan memenuhi syarat untuk play-off Promosi. Mereka mengalahkan Orduspor dengan agregat 3-0 dan Samsunspor 2-0 agregat dan kembali ke tingkat atas pada upaya pertama.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Turkish Football Federation (TFF) Team Page 22 August 2009
  2. ^ http://mersinidmanyurdu.org.tr/our-club/
  3. ^ "The history of Mersin İdmanyurdu Club". Mersin İdmanyurdu Kulübünün tarihçesi. Milliyet gazete arşivi, 15.06.1982. Retrieved on 23.08.2010. (Turki)
  4. ^ Mersin İdmanyurdu Fan Site
  5. ^ Tevfik Sırrı Gür was a well reputed governor of Mersin Province between 1931–1947. Mersin From Railway Station To The Lighthouse 22 August 2009.
  6. ^ a b Mersin İdmanyurdu Spor Kulübü Resmi Internet Sitesi. (Turki)
  7. ^ this quote was spelled in Cem Pekin Archives.

Tautan luar[sunting | sunting sumber]