Melbourne shuffle

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Melbourne shuffle
Jenis tarianRave
Tahun1980s–sekarang
NegaraAustralia
Topik terkait

Melbourne shuffle adalah tarian rave yang berkembang pada tahun 1980-an.[1] Biasanya ditampilkan dengan musik elektronik, tarian ini berasal dari Melbourne dan populer di akhir tahun 1980-an dan 1990-an.[2] Gerakan tarian ini melibatkan gerakan tumit dan jari kaki yang cepat atau T-step, dikombinasikan dengan variasi Running man (tarian) yang digabungkan dengan gerakan lengan yang serasi.[1] Tarian ini diimprovisasi dan melibatkan "mengayunkan kaki ke dalam, lalu ke luar secara berulang-ulang, sambil mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah, atau dari sisi ke sisi, sesuai dengan irama". Gerakan lain dapat digabungkan termasuk putaran 360 derajat dan lompatan serta luncuran.[2] Klub-klub populer di Melbourne selama masa kejayaan tarian ini termasuk Hard Kandy, Bubble, Xpress at Chasers, Heat, Mercury Lounge, Viper, Two Tribes at Chasers, dan PHD.[1] Pesta dansa techno pertama di Melbourne, Biology, Hardware, dan Every Picture Tells A Story, sangat populer di kalangan para inovator Melbourne Shuffle.[3]

Pada tahun 2009, grup dansa keras Jerman [[Scooter (band)] Scooter menampilkan penari Pae (Missaghi Peyman) dan Sarah Miatt yang melakukan Melbourne shuffle di jalanan Melbourne (Australia) dalam video musik single J'adore Hardcore.

Pada tahun 2014, para peneliti di Universitas Brown menamai sebuah algoritma keamanan komputer baru dengan nama Melbourne shuffle. Algoritme ini menghapus jejak akses pengguna di peladen pribadi virtual dengan mengacak lokasi data di server tersebut.[4]

UK dan Belanda

Sementara Melbourne shuffle menjadi populer di Australia, gaya pengocokan yang berbeda sedang berkembang di Inggris yang kemudian dikenal sebagai "cutting shapes" pada tahun 2012. Istilah slang yang diadopsi untuk gaya pengocokan Inggris "cutting shapes" telah dipopulerkan dan dikategorikan sebagai subgenre shuffle dance saat ini.[5] Meskipun cutting shapes dianggap sebagai tarian shuffle, gaya, teknik, dan sejarahnya jauh berbeda dari Melbourne shuffle.

Teknik

T-step
Running Man yang diperlambat

Gerakan dasar tarian melibatkan T-step, dikombinasikan dengan variasi running man.[1] Tarian ini improvisatif dan melibatkan "menggeser kaki ke dalam, kemudian ke luar, sambil mendorong lengan ke atas dan ke bawah, atau ke samping, selaras dengan irama". Putaran 360 derajat, loncatan, dan meluncur juga dimasukkan.[2] Tarian ini sering dikaitkan dengan gaya tarian lain, "cutting shapes."

Beberapa penari menyebarkan bedak talcum atau menggunakan cairan pada lantai di bawah kaki mereka untuk membantu mereka meluncur lebih mudah.[2]

Bacaan lebih lanjut

Referensi

  1. ^ a b c d Fazal, Mahmood. "Which Is Sicker: Melbourne Shuffle or Sydney Gabber?". Vice. Vice Media. Diakses tanggal 14 Maret 2019. 
  2. ^ a b c d Tomazin, Farrah; Donovan, Patrick; Mundell, Meg (7 Desember 2002). "Dance Trance". The Age. The Age Company Ltd. 
  3. ^ Stanmore, Carl. "Australia's Forgotten Rave Culture – Who Did It Better, Sydney or Melbourne?". The DJ Revolution. The DJ Revoltion. Diakses tanggal 22 Juni 2021. 
  4. ^ "'Melbourne Shuffle' secures data in the cloud". American Association for the Advancement of Science. 10 July 2014. 
  5. ^ "Shuffling: the War at the Heart of London's New Dance Scene". vice.com/en_uk. 18 Januari 2013. Diakses tanggal 20 Juli 2015.