Maylaffayza Wiguna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Maylaffayza Wiguna
Maylaffayza Wiguna
Latar belakang
Nama lahir Maylaffayza Permata Fitri Wiguna
Lahir 10 Juli 1976 (umur 42)
Bendera Indonesia Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Jenis musik pop, crossover, R&B
Pekerjaan musisi, penyanyi
Instrumen biola, vokal
Tahun aktif 2008 – sekarang
Perusahaan rekaman Maylaffayza Records
Pasangan Yasha Chatab
Orang tua Taufik Wiguna
Tuti Rochyati
Agama Islam

Maylaffayza Permata Fitri Wiguna (lahir di Jakarta, 10 Juli 1976; umur 42 tahun) atau biasanya dipanggil Maylaf atau Fayza atau cukup Fay saja, adalah salah satu musikus muda Indonesia yang terkenal akan kepiawaiannya dalam memainkan biola.

Nama[sunting | sunting sumber]

Seperti dijelaskan dalam blog pribadinya, nama Maylaffayza merupakan nama aslinya yang diambil orangtuanya dari bahasa Inggris, yaitu My Love untuk menyebut Maylaf dan disambung dengan nama Fayza.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Fayza adalah anak pasangan almarhum Taufik Wiguna dan Tuti Rochyati.


Pendidikan musik[sunting | sunting sumber]

Maylaffayza pertama kali belajar biola pada saat umur 9 tahun pada sekolah khusus alat musik gesek Bina Musika yang dibangun oleh Departement Pendidikan dan Kebudayaan pimpinan Bapak Ati Bagyo, Pada sekolah musik tersebut ia kursus biola pada Bapak Joko yang merupakan ayah dari pemain biola Indonesia bernama Didiet. Pada umur 10 tahun Maylaffayza diterima belajar private pada maestro biola Indonesia, Idris Sardi. Dengan Idris Sardi ia dibentuk untuk menjadi pemain biola profesional, dilatih untuk menjadi soloist dan juga melalui pelatihan dalam orkestra milik Idris Sardi. Selama belajar dengan maestro Indonesia tersebut, ia juga banyak mendapat pengaruh visi dan misi sang guru, serta bagaimana Idris Sardi menjalani management orkestra yang dibangunnya. Idris Sardi berkomitmen mengajarinya dalam waktu yang sangat lama, bahkan hingga Maylaffayza sudah berkarier sebagai musisi setelah ia selesai kuliah S1 pertamanya di bidang design produk industri di Universitas Trisakti. Seiring dengan pembelajarannya dengan alat musik biola ia juga belajar bernyanyi dengan guru-guru vocal Elfa Secioria, Bertha, Catharina Leimena. Selain dengan Idris Sardi, saat Maylaffayza telah berkarier sebagai musisi, ia belajar biola dengan Dr. Sharon Eng. Sejak bulan Agustus 2013, Maylaffayza mulai menyenyam pendidikan tingkat strata 1 di Universitas Pelita Harapan di Lippo Karawaci, Tangerang. Ia mengambil jurusan Classical Violin Performance di fakultas Musik di bawah Doktor bidang musik asal Macedonia, Tomislav Dimov. Pada 29 April 2018, sebagai bagian dari syarat akademis dalam jurusan classical music performance, Maylaffayza memproduksi dan tampil dalam senior resitalnya yang diselenggarakan di Goethe Haus, Jakarta. Resital tersebut merupakan sebuah inovasi baik dalam sisi akademis maupun sisi music performance untuk jurusan classical music performance maupun untuk resital atau konser klasik pada umumnya, karena Maylaffayza melakukan konser musik klasik tersebut dalam style crossover. Komposisi klasik yang dipelajarinya bertahun-tahun atas bimbingan Dr. Tomislav Dimov, di aransemen ulang dan dibawakan dengan pengaruh berbagai genre musik.

Album dan Single[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]