Mayat Misterius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mayat Misterius
The Clocks
Berkas:The Clocks First Edition Cover 1963.jpg
Ilustrasi edisi Inggris pertama
Pengarang Agatha Christie
Perancang sampul Michael Harvey
Negara Britania Raya
Bahasa Inggris
Genre Novel kejahatan, novel mata-mata
Penerbit Collins Crime Club
Tanggal rilis 7 November 1963
Jenis media Cetak (sampul keras & sampul kertas)
Halaman 256 edisi pertama, sampul keras
Didahului The Mirror Crack'd from Side to Side
Diikuti A Caribbean Mystery

Mayat Misterius atau The Clocks adalah sebuah karya fiksi detektif buatan Agatha Christie dan pertama kali diterbitkan di Inggris oleh Collins Crime Club pada 7 November 1963[1] dan di AS oleh Dodd, Mead and Company pada tahun berikutnya.[2][3] Karya tersebut menampilkan detektif Belgia Hercule Poirot. Edisi Inggrisnya seharga enam belas shilling (16/-)[1] dan edisi ASnya seharga $4.50.[3]

Novel tersebut dikenal karena pada kenyataannya Poirot tak pernah mengunjungi TKP atau berbicara dengan saksi mata atau pelaku manapun. Ia ditantang untuk meneguhkan klaimnya bahwa sebuah kejahatan dapat diselesaikan dengan kemampuan kecerdasan sendiri. Novel tersebut menandai kembalinya narantif orang pertama partial, sebuah teknik yang Christie telah sebagian besar tinggalkan pada masa sebelumnya dalam cuplikan Poirot namun ia sempat memakainya dalam novel Ariadne Oliver sebelumnya, The Pale Horse (1961). Terdapat dua alur yang bersinggungan: misteri yang Poirot kerjakan dari kursi berlengannya saat polisi bertugas di TKP, dan cerita mata-mata Perang Dingin yang diceritakan dalam naratif orang pertama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Peers, Chris; Spurrier, Ralph; Sturgeon, Jamie (March 1999). Collins Crime Club – A checklist of First Editions (edisi ke-Second). Dragonby Press. hlm. 15. 
  2. ^ Cooper, John; Pyke, B. A. (1994). Detective Fiction – the collector's guide (edisi ke-Second). Scholar Press. hlm. 82, 87. ISBN 0-85967-991-8. 
  3. ^ a b "American Tribute to Agatha: The Golden Years 1953 - 1967 Christie". JS Marcum. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]