Max Brod

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Max Brod pada tanggal 9 september 1965

Max Brod (bahasa Ibrani: מקס ברוד; 27 Mei 1884 – 20 desember 1968) adalah seorang penulis, komposer dan wartawan berkebangsaan Ceko-Yahudi. Meski ia dikenal sebagai salah seorang penulis yang produktif, ia lebih dikenal sebagai teman, editor dan penyusun biografi Franz Kafka.[1] Sebagai pewaris sah karya Kafka secara hukum, alih-alih mengikuti wasiat Kafka untuk membakar seluruh karyanya, ia malah menerbitkan sejumlah karya Kafka. Tanpa keterlibatan Max Brod, karya Kafka mungkin tidak akan dikenal secara luas dan mempengaruhi sastra dunia seperti sekarang ini.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Max Brod lahir di Praha, yang kemudian menjadi bagian dari provinsi Bohemia di Austria-Hungaria, yang sekarang menjadi ibukota Republik Ceko. Pada usia empat tahun, Brod didiagnosis dengan kelainan tulang belakang parah yang mengharuskannya menggunakan sabuk khusus selama satu tahun. Meski menjalani terapi tersebut, Brod tetap mengalami kondisi bungkuk seumur hidupnya. Ia mempelajari ilmu hukum di Universitas Charles-Ferdinand (yang pada waktu itu dibagi menjadi universitas berbahasa Jerman dan berbahasa ceko. Dia memilih universitas berbahasa Jerman) dan lulus pada tahun 1907. Ia kemudian bekerja sebagai Pegawai Negara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Max Brod | German-language novelist and essayist". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-10-26.