Matrona Nikonova

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Matrona Nikonova

Matrona Nikonova adalah seorang janasuci Gereja Ortodoks Rusia. Ketika ibunya memutuskan bahwa setelah melahirkan ia akan meninggalkannya di panti asuhan, seekor burung putih buta dengan wajah manusia menghampirinya di mimpi. Ibunya berpikir bahwa itu adalah pertanda dan memutuskan untuk tak menyerahkan anaknya ke panti.

Ia lahir tanpa mata dan terdapat tonjolan berbentuk salib di dadanya. Pada masa kecilnya, ia dikelilingi oleh para orang suci. Anak-anak seusianya tak bermain dengannya dan menertawakannya karena ia buta, sehingga ia bermain dengan ikon-ikon dan mengungkapkan pikirannya pada mereka.

Pada masa dewasa, ia berziarah ke berbagai kuil suci bersama teman-temannya. Contohnya, ia mengunjungi Katedral Andreya Pervozvannogo di Kronshtadt. Ia selalu menyambut orang-orang, mengobati mereka, dan memberi saran. Josef Stalin bahkan dikabarkan mendatanginya untuk minta saran. Ia wafat pada 1952. Pada 1999 ia dikanonisasi sebagai orang suci. Reliknya disimpan di Biara Kerudung Pelindung Bunda Kami di Moskwa. Setiap hari, orang-orang datang untuk minta pertolongan, perlindungan, dan kesembuhan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]