Matatias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Matatias pada Promptuarii Iconum Insigniorum karya Guillaume Rouillé

Matatias bin Yohanan (Ibrani: מַתִּתְיָהוּ הַכֹּהֵן בֶּן יוֹחָנָן, Matiṯyāhu haKohēn ben Yōḥānān; wafat tahun 165 SM)[1] adalah seorang Kohen (imam Yahudi) yang berperan dalam Pemberontakan Makabe yang berlandaskan agama melawan Kekaisaran Seleukia Yunani yang tercatat dalam Kitab Makabe. Matatias diberikan peran sentral dalam kisah Hanukkah dan, sebagai hasilnya, disebutkan dalam doa Al HaNissim orang-orang Yahudi yang ditambahkan pada Birkat Hamazon (doa berkat setelah makan) dan Amidah selama festival yang berlangsung delapan hari itu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Matatias meminta dukungan para pengungsi Yahudi (ilustrasi oleh Gustave Doré dari 1866 La Sainte Alkitab)

Matatias mempunyai 5 orang putra: Yohanan Gaddi, Simon Thassi, Yudas Makabe, Eleazar Avaran, dan Yonatan Apfus. Ia berasal dari keluarga imam pedesaan dari Modi'in. Sebagaimana para imam lainnya, ia bertugas pada Bait Suci di Yerusalem. Ia adalah anak Yohanan, cucu Simeon, seorang kaum Hashmonayim, dan cicit Asmon atau Hasmonaeus, seorang Lewi dari keturunan Yoarib, yaitu cucu kelima Idaiah bin Yoarib bin Yakhin, pada gilirannya keturunan Pinehas, Imam Besar Israel ketiga, menurut perkataan Matatias sendiri dalam Kitab 1 Makabe.[2][3]

Setelah penganiayaan Seleukia dimulai, Matatias pulang ke Modi'in. Pada tahun 167 SM, ketika diminta oleh wakil pemerintah Seleukia Yunani di bawah kaisar Antiokhos IV Epifanes untuk mempersembahkan kurban kepada dewa-dewa Yunani, dia tidak hanya menolak untuk melakukannya, tapi membunuh dengan tangannya sendiri orang Yahudi yang telah melangkah maju untuk melakukannya. Dia kemudian membunuh pejabat pemerintah yang mewajibkan perbuatan itu.[4]

Biarlah siapapun yang mempunyai semangat untuk Hukum dan yang memegang perjanjian mengikuti aku!

— Matatias, setelah membunuh pejabat pemerintah Yunani, yang memaksanya mempersembahkan kurban, Septuaginta, 1 Makabe 2:27.

Karena keluar perintah untuk penangkapannya, Matatias berlindung di padang gurun Yudea dengan lima putranya dan meminta kepada semua orang Yahudi untuk mengikuti dia. Banyak yang akhirnya menanggapi panggilannya.

Konteks[sunting | sunting sumber]

Makam Matatias bin Yohanan, di Israel

Ini adalah langkah pertama dalam Pemberontakan Makabe, yang hasilnya adalah kemerdekaan Yahudi yang belum pernah lagi dinikmati selama lebih dari 400 tahun. Peristiwa peperangan kaum Makabe membentuk dasar hari raya Hanukkah, yang dirayakan oleh orang Yahudi pada tanggal 25 Kislew (pada kalender Ibrani, bulan yang sesuai dengan pertengahan November hingga akhir Desember dalam kalender Gregorian).

Dalam sastra dan liturgi[sunting | sunting sumber]

Cerita Makabe dapat ditemukan dalam kitab-kitab Deuterokanonika: Kitab 1 Makabe dan 2 Makabe, dalam tulisan-tulisan Yosefus, dan dalam referensi Talmud (Shabbat 21b, Shabbat 23a - terkait dengan lilin).

Doa "Al HaNisim", ditambahkan pada Amidah dan Birkat Hamazon pada hari raya Hanukah, mengacu pada cerita Makabe dan menyebutkan nama Matatias.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Matatias
Yohanan GadiSimon TasiEleazar AvaranYudas MakabeYonatan Apfus
YudasMatatiasYohanes Hirkanus
Aristobulus IAntigonusAleksander YaneusSalome Aleksandra
Aristobulus IIHirkanus II
AntigonusAleksanderAleksandra
Aristobulus IIIHerodes IMariamne

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mahlon H. Smith". Virtualreligion.net. Diakses tanggal 2014-02-07. 
  2. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-24. Diakses tanggal 2008-11-12. 
  3. ^ T. Stanford Mommaerts (version of 4/11/2005). "Ancient Genealogy chart - Ansbertus". 
  4. ^ "2 Maccabees Ch. 2". Earlyjewishwritings.com. Diakses tanggal 2014-02-07. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Weir, William. 50 Battles That Changed the World: The Conflicts That Most Influenced the Course of History. Savage, Md: Barnes and Noble Books. ISBN 0-7607-6609-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Matatias
Jabatan Yahudi
Jabatan baru Pemimpin kaum Makabe
167 SM – 166 SM
Diteruskan oleh:
Yudas Makabe