Matangi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Matangi
sihir, seni, pengetahuan
Anggota Sepuluh Mahavidyas
Nama lainRaja Matangi, Mantrini Devi, Bhairava.
Dewanagariमातङ्गी
IASTMātaṅgī
AfiliasiMahavidya, Devi, Parvati, Saraswati.
KediamanMasyarakat Tradisional, Hindu
Shiva atau Matanga,

Matangi adalah bentuk ke-9 dari ke-10 Dasmahavidyas atau Mahavidya. Mahavidya adalah kelompok aspek sepuluh Adi Parashakti yang ada di Hindu.[1][2] Dewi Matangi dikenal juga sebagai the Prime Minister of Lalita (dalam sistem Srikula), kadang juga disebut sebagai Tantra Saraswati, dan Matanga untuk nama Bhairava. Dewi Kekuatan Sihir Matangi merupakan dewi yang berpengaruh terutama terhadap bidang musik, bahasa, pengetahuan dan seni.[3][4][5]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Sosok dewi Matangi sering dianggap sebagai gadis cantik dengan kulit gelap atau hitam, yang memiliki rambut panjang yang indah. Dia dianggap identik dengan wana biru-hijau, namun beberapa sumber sejarah menyatakan bahwa dia identik dengan warna hitam karena warna kulitnya yang gelap. Dalam Kubjika Upanisad, Matangi dikatakan identik dengan warna biru, karena memiliki pakaian biru, parfum biru, ornamen biru, dan burung beo biru. Selain itu terdapat unsur-unsur alam yang berada di sekitarnya. Dewi Matangi memiliki dua-empat lengan dan duduk di atas takhta permata atau kursi mayat, hal tersebut dinyatakan dalam teks Tantra, yang dikatakan sebagai representasi dari empat Veda. Selain itu, dia juga memegang berbagai kombinasi benda-benda yang berbeda-beda, seperti vina, kartska, kapala, pedang, jerat, perisai, pentungan, atau tongkat yang biasanya berada dalam pelukannya.[6][7][8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dasha Mahavidya - Matangi -" (dalam bahasa Inggris). 2015-04-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-21. Diakses tanggal 2020-03-21. 
  2. ^ "Story of the Origin of the Das Mahavidyas (Ten Forms of Divine Mother)" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-21. 
  3. ^ "Matangi–SivaSakti" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-21. 
  4. ^ LLP, Adarsh Mobile Applications. "Matangi | Goddess Matangi | Matangi Mahavidya". www.drikpanchang.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-21. 
  5. ^ "Matangi ,Goddess Matangi, Matangi Mahavidya,Matangi Devi". www.astroved.com. Diakses tanggal 2020-03-21. 
  6. ^ "Matangi–The Mistress of Magical Powers | Brave World" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-20. 
  7. ^ LLP, Adarsh Mobile Applications. "Matangi | Goddess Matangi | Matangi Mahavidya". www.drikpanchang.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-04. 
  8. ^ Kinsley, David R. (1988). Hindu goddesses : visions of the divine feminine in the Hindu religious tradition. Oliver Wendell Holmes Library Phillips Academy. Berkeley : University of California Press. 
  9. ^ "The Goddess Matangi | Mahavidya" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-21.